Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Menabung dengan Cepat dan Mudah, Harus Konsisten!

Ingat tujuanmu menabung

Nafi' Khoiriyah

Setelah memiliki penghasilan sendiri, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah manajemen keuangan. Sebab, tanpa manajemen keuangan yang baik, penghasilan pun hanya sekadar lewat sedangkan tabungan tidak juga bertambah. 

Padahal, kadang kala kita memerlukan cara menabung dengan cepat untuk tujuan tertentu. Misalnya saja, membeli barang elektronik atau menikah. Jika tidak menggunakan trik yang tepat, tabungan akan sulit terkumpul. 

Maka dari itu, Popbela.com akan memberikan sejumlah tips menabung dengan cepat supaya uang kamu segera terkumpul. Simak ulasannya ya, Bela!

1. Tetapkan tujuan menabung

Pexels.com/Karolina Grabowska

Kunci dari cara menabung dengan cepat yang pertama adalah dengan menetapkan tujuan dari menabung yang kamu lakukan. Menetapkan tujuan yang dimaksud adalah jumlah nominal yang dibutuhkan, tenggat waktu kapan tabungan harus terpenuhi, dan nominal yang harus ditabung setiap bulannya. 

Jadi, kamu bisa memperkirakan berapa uang yang harus disisihkan untuk keperluan ini. Jangan lupa buat tujuan tabungan yang serealistis mungkin supaya bukan hanya menjadi wacana saja. 

2. Buat anggaran keuangan

Pexels.com/Karolina Grabowska

Setelah menetapkan tujuan menabung, buatlah anggaran yang akan kamu pakai untuk mengontrol pengeluaran. Dengan mengetahui ke mana saja aliran dana akan digunakan, kamu bisa membelanjakan uang dengan lebih hemat. 

Saat berbelanja kebutuhan sehari-hari misalnya, kamu bisa membuat daftar belanja untuk menghindari dorongan membeli hal-hal yang tidak dibutuhkan. Kamu juga bisa mengetahui mana pengeluaran yang bisa dikurangi dan mana yang bisa membuatmu lebih cepat menabung. 

3. Pangkas pengeluaran

Pexels.com/Energepic.com

Jika tabungan lama terkumpul, maka cobalah potong pengeluaran yang lainnya. Sebelumnya, telusuri dulu kategori pengeluaranmu untuk menentukan di mana kamu bisa memotong anggaran paling banyak. 

Pilihlah kategori keuangan yang tidak begitu penting, seperti hiburan, langganan, belanja, atau hadiah. Anggaran-anggaran tersebut bisa kamu korbankan untuk memenuhi tabungan untuk tujuan pengeluaran lainnya yang lebih penting. 

4. Batalkan layanan berlangganan yang tidak perlu

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Berlangganan secara rutin pada aplikasi atau media hiburan tertentu tanpa sadar menghabiskan banyak uang. Maka dari itu, cobalah untuk mengecek langganan apa yang kamu gunakan secara rutin dan mana yang tidak.

Setelah itu, hentikan perpanjangan otomatis pada langganan yang tidak kamu gunakan secara rutin. Kalaupun tidak begitu, kamu bisa membuat pengingat untuk membatalkan langganan sebelum masa gratis berakhir. 

5. Batasi belanja online

Freepik.com/Diana Grytsku

Dengan kecanggihan teknologi, kini hampir semua transaksi bisa dilakukan secara online seperti berbelanja. Namun, belanja online yang terintegrasi dengan rekeningmu sering kali membuat pengeluaran menjadi membengkak.

Maka dari itu, membatasi belanja online menjadi cara menabung dengan cepat. Selain menghindari belanja yang impulsif, kamu juga bisa lebih mempertimbangkan antara belanja kebutuhan dan keinginan.

Untuk membatasinya, kamu bisa melakukan dengan berbagai cara seperti top-up nominal yang sudah kamu tetapkan untuk berbelanja di e-commerce. 

6. Transfer otomatis

pexels.com/Kindel Media

Trik selanjutnya supaya uang bulananmu tidak cepat habis adalah dengan transfer otomatis.

Transfer otomatis tersebut bisa kamu tetapkan dari rekening giro milikmu ke rekening tabungan setiap bulannya. Dengan begitu, uang yang sudah terkumpul di rekening tabungan akan diakumulasi tanpa harus kamu kirimkan secara manual.

Sekarang, sudah banyak layanan bank di Indonesia yang menerapkan sistem transfer otomatis ini. Kamu hanya perlu mendaftarkan diri dan tabungan pun akan cepat terkumpul. 

7. Kurangi makan di restoran

freepik.com/freepik

Salah satu cara yang bisa menghemat pengeluaran adalah dengan mengurangi makan di restoran. Sebab, makan makanan di restoran cenderung lebih mahal daripada memasak di rumah. Kalaupun ingin, kurangi frekuensinya dan pilihlah restoran yang tidak terlalu mahal. 

Alih-alih makan di restoran, anggaran yang kamu miliki bisa kamu alihkan untuk kebutuhan lainnya. Sementara untuk makanan, lebih baik masak makanan sendiri. Selain menghemat anggaran, memasak makanan sendiri juga bisa lebih terjaga kualitasnya. 

8. Pertimbangkan kerjaan sampingan

freepik.com/ freepik

Selain menerapkan berbagai tips menghemat, mempertimbangkan untuk mengambil pekerjaan sampingan menjadi salah satu kunci mengumpulkan tabungan dengan cepat.

Kini, ada berbagai pekerjaan sampingan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah sesuai dengan keahlianmu. Dengan begitu, kamu tidak hanya menggantungkan pada pendapatan yang tetap saja.

Cara ini juga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang merasa pendapatan tetap yang diterima tidak mencukupi untuk ditabung. 

9. Jual barang yang tidak diperlukan

pexels.com/cottonbro studio

Jika sudah tidak tahu lagi bagaimana cara untuk menambah tabungan, maka menjual barang yang tidak diinginkan menjadi opsi yang tepat. Kamu bisa mengumpulkan uang tunai dengan cepat dengan cara ini. 

Sekarang, cobalah untuk melihat lemari atau ruang penyimpananmu dan temukan barang-barang yang tidak terpakai. Lalu, jual barang tersebut secara online dengan harga yang bagus. 

10. Buat anggaram 50/30/20

freepik.com/pressfoto

Terakhir, cara menabung dengan cepat yang paling banyak direkomendasikan adalah dengan membuat anggaran 50/30/20. Anggaran ini akan mempermudahmu untuk mengelola uang lebih cerdas. 

Maksudnya, kamu harus mengalokasikan 50 persen pendapatan untuk kebutuhan, 30 persen untuk keinginan, dan 20 persen untuk tabungan. Namun, persentase ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu yang paling mendesak. 

Itulah 10 cara menabung dengan cepat yang bisa kamu ikuti. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, tabungan kamu pun pasti akan terkumpul dengan cepat. Semangat menabung, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration