Permasalahan dalam rumah tangga itu sangat kompleks dan banyak variabelnya. Salah satu pemicunya ialah perbedaan pendapat yang terjadi antar pasangan. Hal ini wajar karena memang pernikahan itu menyatukan dua kepala dengan pemikiran dan kebisaan yang berbeda, sehingga perlu penyesuaian dan adaptasi di sana.

Salah satu perbedaan yang umum dialami oleh pasangan suami istri adalah perihal keuangan. Baik itu dari sisi pengelolaannya maupun hal lain, perbedaan pendapat soal finansial bisa memicu adanya konflik, karena sifatnya yang sensitif. Namun, bukan berarti perbedaan itu tidak bisa diatasi, ya.

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi perbedaan pendapat keuangan dengan pasangan. Cara-cara ini bisa kamu coba ketika kamu dan pasangan tidak sepemikiran dan merasa sulit menemukan solusinya. 

1. Kenali dan hargai perbedaan di antara kalian

7 Cara untuk Mengatasi Perbedaan Pendapat Keuangan dengan Pasangan freepik.com/pressfoto

Jika membahas soal keuangan, setiap orang tentu memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengatur dan mengolahnya. Hal ini bisa didasarkan pada pola pikir dan kebiasaan yang sudah dijalani. Nah, ketika itu masuk dalam urusan rumah tangga, tidak jarang perbedaan tersebut menimbulkan permasalahan.

Maka dari itu, sebelum menikah sangat penting bagi setiap pasangan untuk saling mengenal bagaimana kebiasaan masing-masing. Apakah mungkin pasanganmu orang yang boros dan cuek terhadap uang, atau mungkin sebaliknya.

Dengan mengetahui hal ini di awal, kalian bisa sama-sama mencari solusi dan menghargai perbedaan yang terjadi. Gunakan perbedaan kepribadian yang ada untuk menjadikan kamu dan pasangan tim yang lebih kuat dan tangguh.

2. Mendengar masukan dan pendapat pasangan terkait keuangan

7 Cara untuk Mengatasi Perbedaan Pendapat Keuangan dengan Pasangan freepik.com/ user12593478

Salah satu fondasi kuat yang membangun kehidupan rumah tangga adalah komunikasi. Maka, ketika kamu dan pasangan mengalami perbedaan pendapat mengenai keuangan, cobalah untuk membahasnya secara dua arah. Jangan hanya memaksakan pendapatmu agar bisa diterima, tetapi coba juga untuk mendengarkan pendapat dari sisi pasangan.

Lagipula, belum tentu pendapatmu yang paling benar, karena kesalahan pasti terjadi bukan? Masalah dalam rumah tangga baiknya diselesaikan secara musyawarah dan bersama-sama. Bukan hanya satu pihak yang menentukan dan pihak lain harus mengikuti.

3. Jangan ragu untuk mengutarakan pendapat pribadi

7 Cara untuk Mengatasi Perbedaan Pendapat Keuangan dengan Pasangan Pexels.com/cottonbro

Setelah mendengar pendapat dari sisi pasangan, barulah kamu bisa menanggapinya dengan hasil pemikiranmu. Sampaikan apabila kamu memiliki pandangan berbeda darinya. Namun, sekali lagi, dengan cara yang tidak memaksa, ya.

Mintalah ia untuk mendengarkan pandanganmu seperti yang kamu lakukan padanya. Dengan bersikap saling terbuka seperti ini, nantinya kalian bisa saling menilai dan berdiskusi lebih lanjut soal bagaimana jalan tengahnya.

Selain itu, hasil apa pun yang diambil dari diskusi tersebut bisa meminimalisir rasa kecewa, karena kalian merasa saling dihargai dengan menyuarakan pendapat sebelumnya. 

4. Hindari membuat keputusan sendiri dan menghakimi pendapat pasangan

7 Cara untuk Mengatasi Perbedaan Pendapat Keuangan dengan Pasangan Pexels.com/Anthony Shkraba

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, permasalahan rumah tangga itu haruslah diselesaikan dengan musyawarah. Apalagi jika menyangkut masalah yang riskan seperti keuangan. Perbedaan pendapat harus diatasi dengan baik agar konfliknya tidak melebar dan berkepanjangan. 

Sebisa mungkin hindari untuk membuat keputusan sendiri tanpa berdiskusi dengan pasangan. Pasalnya, kalau terjadi masalah di depan, kamu lah yang berhak bertanggung jawab atas itu karena membuat keputusan dengan gegabah.

Selain itu, hindari juga untuk menghakimi pendapat pasangan. Memang, beberapa orang akan kesulitan untuk menghadapi perbedaan pendapat dengan orang lain, tetapi jangan sampai kesulitan itu membuatmu besar kepala dan merasa bahwa cara kamulah yang paling benar.

5. Bersama-sama mencari jalan tengah

7 Cara untuk Mengatasi Perbedaan Pendapat Keuangan dengan Pasangan freepik.com/pressfoto

Bela, keputusan yang dibuat berdasarkan emosi biasanya bukanlah keputusan yang terbaik. Untuk itu, saat kamu dan pasangan sedang dihadapi dengan perbedaan pendapat, jangan ambil keputusan saat kalian sama-sama berada dalam kondisi emosi yang tidak stabil.

Salah satu cara mengatasi perbedaan pendapat keuangan dengan pasangan adalah dengan bersikap bijak menunggu waktu yang tepat, yaitu ketika suasana sudah tenang. Setelah itu, barulah kalian bisa bertukar pikiran dan berdiskusi untuk menentukan jalan tengah terbaik dari perbedaan tersebut. 

Biasanya kalau sudah tenang, pikiran akan lebih jernih. Dengan begitu akan muncul ide-ide baru yang tidak terduga dan mungkin menjadi solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah.

6. Ambil keputusan terbaik yang memang disetujui kedua belah pihak

7 Cara untuk Mengatasi Perbedaan Pendapat Keuangan dengan Pasangan Pexels.com/Helena Lopes

Ketika sudah menemukan jalan tengahnya, pastikan kalau kalian berdua sama-sama menyetujuinya. Bukan karena “terpaksa” ingin masalah cepat selesai atau mungkin ada rasa tidak enakan.

Kalau sampai kalian setuju karena dua hal tersebut, bukan tidak mungkin kalau konflik yang lebih besar akan muncul di depan. Ingat, inilah pentingnya komunikasi, Bela. Dampaknya mungkin tidak akan langsung dirasakan, tetapi ke depannya bisa cukup berbahaya jika tidak diselesaikan langsung.

7. Tentukan gaya hidup yang kalian ambil bersama

7 Cara untuk Mengatasi Perbedaan Pendapat Keuangan dengan Pasangan Pexels.com/Leah Kelley

Setelah keputusan sudah diambil, maka mungkin perbedaan pendapat sudah bisa diatasi. Namun, masih ada satu langkah lagi yang perlu kamu dan pasangan lakukan, yaitu menentukan gaya hidup yang kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pasalnya, gaya hidup itu sangat berpengaruh terhadap kondisi keuangan seseorang. Gaya hidup yang dipilih haruslah sejalan dengan penghasilan yang kamu dan pasangan dapatkan. Jangan sampai lebih besar, karena akan menyulitkan dalam memenuhinya.

Misalnya, kamu atau pasangan terbiasa mengikuti gaya hidup selebgram yang memang terbiasa hidup fancy di social media. Padahal, nominal di rekening kalian tidak mendukung. Maka, buatlah keputusan bijak dengan menentukan gaya hidup yang sesuai dengan kalian. Dengan begitu, keuangan bisa berjalan lebih aman.

Bela, itu dia tadi sejumlah cara mengatasi perbedaan pendapat keuangan dengan pasangan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu, ya!

Baca Juga: 9 Cara Mudah Mengatur Keuangan bagi Pasangan Baru Menikah 

Baca Juga: Jarang Dicurigai, Kebanyakan Suami Ternyata 'Selingkuh Finansial' Lho!

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Stres Finansial dalam Hubungan