Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal 10 Karakter Perempuan Inspiratif Paling Ikonik di Drama Korea

Ragam pelajaran menarik dari para karakter perempuan

Mariana Politton

Dunia drama Korea Selatan telah melahirkan cukup banyak karakter perempuan yang menginspirasi dunia perempuan itu sendiri. Kebanyakan dari mereka menonjolkan karakter kuat dan gigih dalam menjalani kehidupan yang diwarnai ragam tantangan.

Dari situ, karakter perempuan tersebut pun menjadi tidak lepas dari citra aktris yang membintanginya. Tidak jarang, para penggemar menilai bahwa para aktris menunjukkan performa yang tepat sehingga nyaris membuat mereka seperti jadi diri sendiri.

Siapa sajakah karakter-karakter perempuan yang meraih popularitas di dunia Korea sekaligus dipandang memberi pelajaran positif bagi dunia perempuan? Mari kita langsung kenalan dengan 10 karakter perempuan paling ikonik di drama Korea menurut Popbela.

1. Jin Young Soon

dok. JTBC/The Good Bad Mother

Drama: The Good Bad Mother (2023) | Dimainkan oleh Ra Mi Ran

Dengan sentuhan realisme yang tajam, The Good Bad Mother (2023) menghadirkan gambaran penuh tentang Jin Young Soon, seorang ibu yang dengan gigih berusaha memberikan yang terbaik bagi anaknya. Namun, di balik niat baiknya, terbentang keputusan kontroversial yang berpotensi melukai hati sang anak. Dalam waktu bersamaan, Jin Young Soon harus menjalani perannya dengan sikap tegar di tengah kemelut kesulitan yang terus menerjang.

Pelajaran yang dapat diambil: Sungguh perjuangan yang tidak mudah untuk menjadi seorang ibu; tidak heran peran ini disebut pahlawan tanpa jasa.

2. Doctor Cha Jung Sook

dok. JTBC/Doctor Cha

Drama: Doctor Cha (2023) | Dimainkan oleh Uhm Jung Hwa

Dr. Cha Jung Sook dalam Doctor Cha (2023) adalah seorang dokter berbakat dengan kepribadian kuat dan berdedikasi tinggi terhadap profesinya. Dalam waktu bersamaan, Dr. Cha adalah seorang ibu dari dua anak dan istri dari seorang suami yang sama-sama bekerja sebagai seorang dokter. Sayangnya, Dr. Cha harus menegarkan dirinya setelah mengetahui insiden perselingkuhan suaminya. Menghadapi persoalan tersebut, Dr Cha tetap berusaha menjalani kedua perannya sebagai dokter dan ibu yang baik.

Pelajaran yang dapat diambil: Mewakili kekuatan seorang working mom, Dr. Cha mengajarkan keberanian dan keteguhan hati seorang perempuan yang dapat mencintai keluarga dan dirinya sendiri secara bersamaan.

3. Attorney Woo

dok.Netflix/Extraordinary Attorney Woo

Drama: Extraordinary Attorney Woo (2022) | Dimainkan oleh Park Eun Bin

Sesuai judul dramanya, Extraordinary Attorney Woo (2022), karakter Attorney Woo adalah seorang pengacara yang luar biasa dalam menjalani tugasnya. Bagaimana tidak, terlepas dari keterbatasannya secara fisik, Attorney Woo selalu siap sedia dalam membela suatu perkara. Ia pun pintar dalam menonjolkan keunggulan dalam pengadilan.

Pelajaran yang dapat diambil: Keterbatasan fisik tidak sepatutnya membatasimu dalam mengoptimalkan usaha.

4. Na Hee Do

dok.tvN/Twenty Five Twenty One

Drama: Twenty Five Twenty One (2022) | Dimainkan oleh Kim Tae Ri

Seorang atlet remaja yang penuh semangat bernama Na Hee Doo diperkenalkan dalam drama Korea Twenty Five Twenty One (2020). Di sana, Na Hee Doo diceritakan berjuang menghadapi tekanan keluarga dan ekspektasi sosial dengan senantiasa membangun perspektif yang positif kala meraih impian di bidang olahraga anggar.

Pelajaran yang dapat diambil: Dibutuhkan pikiran yang positif dalam mempertahankan diri untuk tetap berjuang menghadapi hidup yang penuh tantangan.

5. Shin Ha Ri

dok.SBS/Bussiness Proposal

Drama: Business Proposal (2022) | Dimainkan oleh Kim Se Jeong

Dalam nuansa komedi yang disajikan drama Business Proposal (2022), karakter Shin Ha Ri hadir sebagai seorang food product researcher yang cerdas, ambisius, dan memiliki semangat yang tinggi dalam menjalani kehidupan. Ia pun dikenal baik hati dan mudah bersabar dalam menjalani cobaan hidup. Mungkin itulah mengapa, takdir membawanya pada percintaan dengan seorang CEO. Chemistry-nya seru sekali, lho!

Pelajaran yang dapat diambil: Segala usaha keras yang disertai dengan kejujuran dan kebaikan pasti akan membawa kita pada keberuntungan.

6. Seo Dal Mi

Instagram.com/tvndrama.official

Drama: Start-Up (2020) | Dimainkan oleh Bae Suzy

Latar belakang keluarga yang sederhana beserta masalah keluarga yang retak tidak menjadi penghalang bagi seorang Seo Dal Mi untuk mencapai cita-cita. Sesuai judul dramanya, Start-Up (2020), cita-cita Seo Dal Mi adalah membangun perusahaan startup teknologi yang berdampak positif. Tentu, usahanya disertai dengan banyak masalah, tetapi ia tetap bersih keras untuk melangkah maju dan mengusahakan segalanya dengan jujur.

Pelajaran yang dapat diambil: Setiap pribadi manusia mendapat kesempatan yang setara untuk memajukan kehidupan dan mencapai cita-cita selama dilakukan dengan usaha keras dan kejujuran.

7. Yoon Seri

dok.tvN/Crash Landing On You

Drama: Crash Landing on You (2019-2020) | Dimainkan oleh Son Ye Jin

Dalam drama Crash Landing on You (2019-2020), Yoon Se Ri diperkenalkan sebagai seorang pewaris konglomerat Korea Selatan yang jatuh dari langit ke wilayah Korea Utara saat melakukan paralayang. Beruntungnya, Yoon Se Ri bertemu dengan penduduk Korea Utara yang baik hati sehingga ia aman di negeri tersebut. Sayangnya, keluarganya di Korea Selatan justru berusaha menghalangi usaha Yoon Se Ri unutk kembali ke Korea Selatan. 

Pelajaran yang dapat diambil: Masalah terjadi pada semua orang tanpa memandang kelas sosial, begitu juga sebaiknya kita membantu orang tanpa pilih-pilih.

8. Lee Ji An

dok.tvN/My Mister

Drama: My Mister (2018) | Dimainkan oleh IU

Sejujurnya, karakter Lee Ji An dapat dikatakan sebagai karakter paling menyayat hati kerena kisah kehidupannya di My Mister (2018) yang sangat susah. Besar dalam kondisi keluarga yang retak, Lee Ji An harus bekerja serabutan untuk membayar hutang dan memenuhi kebutuhan hidup neneknya. Tidak ada orang dewasa yang mengajarkan hal yang benar hingga akhirnya ia bertemu dengan seorang ahjussi baik hati.

Pelajaran yang dapat diambil: Berbuat baiklah kepada semua orang karena kamu tidak pernah mengetahui kesusahan hidup apa yang mereka alami sebenarnya.

9. Kim Bok Joo

YouTube.com/MBCdrama

Drama: Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016-2017) | Dimainkan oleh Lee Sung Kyung

Sesuai judul dramanya, Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016-2017), Kim Bok Joo adalah tokoh utama yang menjadi sorotan cerita yang dihadirkan. Dalam cerita tersebut, ia dikenalkan sebagai seorang atlet angkat besi yang energik. Namun urusan percintaan akhirnya membuatnya menjadi lebih malu-malu kucing hingga memikirkan penampilan. Beruntungnya, ia pun menemukan sosok pria yang mencintainya apa adanya.

Pelajaran yang dapat diambil: Tidak ada salahnya untuk mengoptimalkan penampilan fisik, tetapi teguhkan rasa percaya diri dan fokuslah pada kelebihan yang kamu miliki.

10. Sung Deok Sun

kompas.com

Drama: Reply 1988 (2015) | Dimainkan oleh Lee Hye Ri

Tumbuh di lingkungan neighborhood pada era 1988 di Korea Selatan, drama Reply 1988 (2015) memperkenalkan karakter Deok Sun sebagai salah satu tokoh utama. Ia digambarkan sebagai siswi yang ceria dan berlaku positif kepada semua kalangan orang. Lewat kepribadiannya itulah, nuansa nostalagi masa remaja diperlihatkan dengan indah.

Pelajaran yang dapat diambil: Setiap dari kita memiliki inner child yang ceria dan polos sehingga membuat kehidupan terasa mudah dan indah untuk dijalani, setuju?

Jadi, siapakah karakter paling ikonik yang menjadi kesukaanmu? Atau kamu justru memiliki karakter perempuan ikonik lainnya yang ingin ditambahkan dalam daftar di atas? Bagikan pendapatmu kepada tim redaksi Popbela karena kami senang mendengar tanggapanmu.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration