Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Selamat! Deretan Idol K-Pop yang Akhirnya Lulus dari SOPA Tahun Ini

Deretan idola K-Pop ini datang dari grup generasi keempat

Evelyn Anggraini

Berita kelulusan para idola K-Pop dari sekolahnya tentu menjadi momen yang membahagiakan, terlebih bagi penggemarnya. Meskipun menghadapi kesibukan begitu padat sebagai idol, mereka tetap mengenyam pendidikannya. Kebanyakan idola K-Pop menimba ilmu lanjutannya di Hanlim Multi Arts School ataupun School of Performing Arts Seoul (SOPA).

SOPA merupakan salah satu sekolah menengah bergengsi yang telah berdiri sejak 1966. Sekolah ini berlokasi di Gung-dong, Distrik Guro, Seoul. Banyak selebriti, terutama idola K-Pop, yang lulus dari sekolah ternama ini. Bahkan, tak sedikit di antara mereka yang masih bersekolah di sana.

Menurut laporan yang beredar, upacara kelulusan SOPA 2023 diselenggarakan pada 9 Februari. Lantas, siapa saja yang masuk dalam daftar 2023 SOPA's Star dan akan lulus dari sekolah terkenal tahun ini? Check this out, Bela!

1. Park Jeongwoo 'TREASURE'

allkpop.com

Sang vokalis utama yang terkenal dengan suaranya yang menggetarkan hati, Park Jeongwoo 'TREASURE'. Ia lahir di Iksan, Korea Selatan, pada 2004. Semasa sekolah dasarnya, ia merupakan salah satu yang ikut pertukaran pelajar di Australia. Park Jeongwoo adalah murid SOPA yang mengambil jurusan musik praktik.

2. Jang Wonyoung 'IVE'

allkpop.com

IT girl-nya generasi keempat, Jang Wonyoung adalah vokalis dari IVE dan sebelumnya merupakan mantan anggota IZ*ONE. Ia lahir di Seoul pada 2004. Sama seperti Park Jeongwoo, ia juga adalah murid SOPA yang mengambil jurusan musik praktik. Awalnya, ia bersekolah di Sekolah Menengah Yonggang, namun memutuskan untuk mengundurkan diri.

3. Kim Yeonkyu 'ATBO'

allkpop.com

Kim Yeonkyu adalah anggota dari rookie boy group bernama ATBO. Lahir di Seoul pada 2004, dulunya ia merupakan trainee asal YG Entertainment. Mengikuti Park Jeongwoo dan Jang Wonyoung, ia juga berasal dari jurusan musik praktik. Sepertinya jurusan musik praktik begitu digandrungi banyak idol, ya, Bela!

4. Lee Jaehee 'Weeekly'

allkpop.com

Lee Jaehee adalah anggota dari grup generasi keempat di bawah naungan IST Entertainment, Weeekly. Ia adalah murid SOPA yang mengambil jurusan teater dan film. Alasan Lee Jaehee memilih jurusan tersebut ketimbang musik praktik lantaran sebelumnya ia adalah aktris cilik. Perempuan kelahiran Gyeonggi-do pada 2004 ini telah lulus dari Sekolah Menengah Daesong.

5. Lee Yu Jeong 'LIGHTSUM'

allkpop.com

Lee Yu Jeong adalah seorang vokalis sekaligus anggota termuda dari LIGHTSUM. Sebelum debut di grupnya saat ini, ia juga merupakan kontestan dari acara kompetisi realita bertajuk Produce 48. Di 9 Februari ini, Lee Yu Jeong lulus dari SOPA sebagai murid dari jurusan teater dan film. Sebelumnya, perempuan kelahiran Seoul pada 2004 ini pernah bersekolah di Sekolah Menengah Bongwon.

6. Cho Wooju 'BLITZERS'

allkpop.com

BLITZERS, grup besutan Wuzo Entertainment, juga memiliki anggota yang bersekolah di SOPA, lho! Sebagai anggota termuda yang lahir pada 2004, Cho Wooju adalah seorang vokalis sekaligus penulis lagu untuk grupnya. Ia juga termasuk dalam daftar SOPA's STAR yang akan lulus tahun ini.

7. Kang Damin 'QUEENZ EYE'

allkpop.com

Kang Damin adalah seorang dancer dan vokalis dari QUEENZ EYE, girl group di bawah naungan Big Mountain Entertainment. Ia dulunya merupakan kontestan Produce 48 dan berhasil menenmpati peringkat ke-62. Kang Damin adalah murid dari jurusan tarian praktik, dan ia akan lulus pada upacara kelulusan mendatang.

8. Kim Yeseul 'Hi-L'

allkpop.com

Kim Yeseul adalah vokalis dan anggota termuda dari Hi-L. Perempuan kelahiran Gyeonggi-do pada 2004 ini adalah murid SOPA yang mengambil jurusan musik terapan. Sebelumnya, ia pernah bersekolah di Sekolah Menengah Hanbyeol dan mengikuti aktivitas non akademik, yakni klub band.

9. Kang Seungchan 'Newkidd'

allkpop.com

Terakhir, Kang Seungchan merupakan rapper dan anggota termuda dari Newkidd, grup besutan J-Flo Entertainment yang debut pada 2019. Sang komposer dan penulis lagu ini juga masuk dalam daftar idola K-Pop yang lulus dari SOPA tahun ini.

Dari deretan idola K-Pop di atas, mana yang kamu nantikan momen kelulusannya, Bela? Boleh tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration