Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Coba Cek Rumahmu, Ini 8 Tanda Rumah Ada Hantu

Bisa dirasakan oleh orang awam sekalipun

Cynthia Claudia

Selain manusia, telah diketahui bahwa ada dimensi kehidupan lain di dunia ini yaitu dimensi gaib. Meskipun hidup berdampingan antara alam yang berbeda, ada orang yang bisa merasakan keberadaan makhluk gaib seperti hantu yang sebenarnya tidak bisa dilihat kasat mata. 

Nyatanya, ada beberapa tanda-tanda kehadiran hantu yang tetap bisa diketahui oleh orang awam, lho. Berikut ini adalah tanda-tanda ketika rumah ada hantu. Simak, yuk!

1. Aroma yang menyengat

Freepik.com/karlyukav

Ketika tiba-tiba di rumah muncul aroma yang menyengat, ini tandanya sedang ada hantu di rumah. Aroma yang muncul bisa bermacam-macam, dan pada umumnya juga muncul di malam hari.

Bila sosok yang hadir ialah keluarga dekat dengankenangan khusus, maka aroma yang muncul bisa saja mengingatkan pada memori di masa lalu.

2. Bayi menangis di malam hari

Pexels/Edwin Ariel Valladares

Bayi disebut memiliki kemampuan untuk melihat dan merasakan keberadaan hantu. Meskipun bayi pada umumnya menangis di malam hari, tetapi hal ini juga bisa menjadi tanda bayi tersebut sedang melihat hantu, lho.

Bayi yang menangis karena diganggu hantu biasanya akan mengeluarkan tangisan yang keras. Mereka juga akan menunjukkan ketakutan, menghentakan kaki, dan sulit ditenangkan.

3. Muncul suara benda-benda

Unsplash.com/Toa Heftiba

Tanda-tanda rumah berhantu lainnya adalah ketika benda-benda di rumah mengeluarkan bunyi dengan sendirinya tanpa penyebab apa pun. Ini menunjukkan bahwa hantu sedang menggerakan benda-benda tersebut.

Contohnya, seperti gelas dan piring yang bunyi sendiri, pintu yang tiba-tiba terbuka tutup, atau bahkan lampu yang mati dan menyala tanpa sebab. 

4. Sering bangun pada malam hari di jam yang sama

freepik.com/tirachardz

Ketika kamu sering bangun pada malam hari di jam yang sama, ini berarti menunjukkan bahwa kamu sedang diganggu oleh hantu. Selain bangun di jam yang sama, mendadak terbangun di angka kembar pada malam hari (misalnya di jam 11:11) juga bisa menjadi pertanda bahwa ada kehadiran hantu di rumahmu.

5. Merasa seperti diawasi

pexels.com/Engin Akyurt

Tanda bahwa ada kehadiran hantu di rumah juga bisa diketahui oleh anggota keluarga. Bila kamu merasa seperti sedang diawasi sesuatu ketika di rumah, hal ini menjadi tanda utama bahwa ada hantu.

Tak hanya merasa diawasi, kamu juga mungkin merasakan bahwa suhu di dalam ruangan mendadak berubah. Perubahan ini pun bisa membuat siapapun merinding.

6. Barang yang tiba-tiba hilang telah kembali

unsplash.com/energepic.com

Ketika barang yang ingin dipakai justru menghilang secara tiba-tiba, maka ini juga merupakan tanda bahwa sedanga ada hantu di rumahmu, Bela. Barang tersebut tidak bisa ditemukan. Akan tetapi, ketika barang tersebut tidak lagi dicari, justru kembali secara tiba-tiba. 

7. Perilaku hewan peliharaan yang tidak wajar

Bosshunting.com

Tanda-tanda lainnya ketika sebuah rumah sedang berhantu adalah ketika hewan-hewan menunjukkan perilaku yang tidak wajar. Hewan ternyata dipercaya memiliki indera keenam yang membuat mampu melihat dan mengetahui adanya hantu.

Berperilaku tidak wajar contohnya seperti menggonggong secara tiba-tiba atau melihat ke suatu tempat untuk waktu yang lama.

8. Ada bayangan atau penampakan di dalam rumah

pexels.com/brenoanp

Munculnya bayangan atau penampakan di rumah juga menunjukkan bahwa adanya hantu di rumah. Penampakan hantu tidak selalu menampilkan sosok yang menyeramkan, lho. Bisa saja mereka hanya berupa bayangan hitam, atau menyerupai orang-orang yang kita kenal, misalnya keluarga atau teman dekat yang telah meninggal.

Itulah tanda-tanda rumah terdapat hantu yang dipercaya oleh kebanyakan orang. Kira-kira apakah kamu pernah mengalami tanda-tanda yang telah disebutkan di atas, Bela?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman Popmama.com dengan judul "8 Tanda-Tanda Rumah Ada Hantu" ditulis oleh Nilamsari Putri

IDN Media Channels

Latest from Inspiration