Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Inspirasi Desain Tangga bagi Rumah yang Sempit dan Sederhana

Selain multifungsi, juga bisa jadi center point

Cynthia Claudia

Memilih desain tangga di rumah yang sempit dan sederhana merupakan pilihan yang sulit, karena jika salah memilih bisa memakan banyak ruangan di dalam rumah. Kita sebagai pemilik rumah perlu lebih cermat dalam memilih desain tangga yang sesuai dengan luas rumah, sehingga kita tetap bisa merasa nyaman dan tidak terganggu dengan tangganya.

Mulai dari ukuran, panjang, lebar, hingga material tangga harus diperhatikan, agar kita bisa memiliki tangga yang tepat di rumah yang sempit. Melansir berbagai sumber, berikut ini adalah deretan inspirasi desain tangga yang cocok bagi rumah yang sempit dan sederhana.

1. Desain tangga berbentuk spiral

salterspiralstair.com

Desain tangga untuk rumah sempit yang pertama adalah yang berbentuk spiral. Bentuk tangganya yang melingkar cocok diterapkan di rumah yang sempit karena menghemat ruangan di dalam rumah. 

Namun, pijakannya yang ramping membuat kita harus berhati-hati kita menaiki dan menuruni anak tangganya.

2. Desain tangga multifungsi dengan rak

italianbark.com

Kamu juga perlu memikirkan bagaimana bisa memanfaatkan ruangan yang ada di dalam rumah. Desain tangga seperti gambar di atas cocok diterapkan di rumah yang sempit karena multifungsi. 

Desain tangganya tidak terlalu lebar, dan di sisi tangga bisa dibangun rak untuk menyimpan barang. Material dari tangga sekaligus rak ini bisa menggunakan kayu agar memberi kesan yang natural.

3. Desain tangga tanpa railing

frocestergroup.co.uk

Selanjutnya, kamu juga bisa menerapkan desain tangga tanpa railing untuk menghemat ruangan di dalam rumah. Model tangga tanpa railing ini ditempatkan dekat atau hampir menempel dengan dinding, dan sebaiknya  dengan warna cerah yang sesuai dengan warna lantai rumah dan dinding.

4. Desain tangga sempit berbentuk zigzag

Christopher Duff for contemporist.com

Desain tangga rumah sempit yang selanjutnya adalah berbentuk zigzag. Desain ini juga bisa diterapkan di rumah yang sempit karena desainnya bisa menghemat ruangan sekaligus menambah estetika. 

5. Desain tangga zigzag estetik

contemporist.com

Bentun tangga yang zigzag ini lain dari desain tangga biasanya. Bahan dari anak tangganya bisa menggunakan kayu atau material yang sepadan dengan desain rumah mungil kamu.

6. Desain tangga gantung

contemporist.com

Rekomendasi desain tangga untuk rumah sempit sederhana yang selanjutnya adalah tangga dengan model gantung. Model tangga ini cocok diterapkan di rumah yang berukuran kecil karena memberikan kesan bahwa tangganya berbobot ringan. 

7. Desain tangga pendek untuk lantai mezzanine

iStock

Hunian sempit namun tetap memiliki lantai tambahan, biasanya menghadirkan lantai mezzanine. Nah, tangga pendek multifungsi sebagai tempat penyimpanan kebutuhan rumah tangga, bisa jadi pilihan kamu. Jangan lupa jadikan tangga ini salah satu ornamen yang menarik perhatian dengan pilihan material dan warna cat yang menarik.

8. Desain tangga huruf L

realliving.com.ph

Rekomendasi desain tangga rumah sempit sederhana yang selanjutnya adalah desain huruf L. Apalagi, di bawahnya bisa kamu jadikan ruang kerja sederhana.

9. Desain tangga minimalis industrial

stylesatlife.com

Mungkin desain tangga satu ini terlihat sempit, namun efektif dan masih terlihat menarik di rumah sempit dan sederhana. Apalagi bagi kamu yang tinggal sendiri atau minimal berdua, bisa menggunakan ide tangga ini.

 

Itulah deretan inspirasi desain tangga untuk rumah yang sempit dan sederhana, yang bisa jadi pilihanmu untuk membangun atau memilih tangga yang tepat ketika memiliki rumah mungil.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration