Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok Ditanam di Hunian Kecil

Dapat menyuntikkan suasana alami di dalam rumah

Natasha P.

Ada banyak manfaat yang didapat setelah kamu menanam pohon atau tananam hias di rumah. Di antaranya dapat meningkatkan kadar oksigen, suasana hati, dan menambah vibe yang colorful pada dekorasi rumah

Tanaman hadir untuk membantu kita agar terkoneksi dengan alam dan menyatu dari lingkungan di sekitar. Menurut ahli botani asal Amerika Serikat, Tanisha M. Williams, tanaman juga berfungsi untuk menciptakan nuansa alam ke dalan rumah.

Meski demikian, kegiatan produktif satu ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik hunian kecil yang sempit karena keterbatasan tempat. Namun kendala tersebut bukan lagi jadi masalah. Lantaran kini banyak pilihan tanaman dengan perawatan rendah yang cocok untuk ruangan paling kecil sekalipun. 

Melansir dari banyak sumber, berikut rekomendasi tanaman hias yang cocok di rumah kecil pilihan Popbela.

1. String of pearls

Martha Stewart

Dinamakan string of pearls karena tanaman ini memiliki bentuk daun yang bulan mirip mutiara. Ukuran tanaman hias yang kecil dan tumbuh menjalar ke bawah ini, menjadi pilihan bagi pemilik apartemen atau hunian kecil yang ingin menghemat ruang lantai.

Bentuknya menarik dan mudah dirawat, sehingga kamu bisa menggantungkan string of pearls di dekat jendela sebagai hiasan rumah sekaligus memfilter udara yang masuk ke dalam.

2. Violet Afrika

Mediatani.com

Tanaman berbunga ini bisa memancarkan suasana elegan ke dalam rumah. Violet Afrika memiliki merah muda dan ungu yang sering dikaitkan dengan bangsawan.

Ciri khas bunga ini terletak pada bentuknya yang semarak saat mekar dan terdiri atas lima bunga. Warna daunnya yang hijau dan tebal memiliki tekstur lembut dan halus. Bunga-bunga yang semarak mekar dalam kelompok yang terdiri atas lima bunga. Daunnya yang hijau tebal sebenarnya lembut dan halus.

Perawatannya juga cukup mudah dan praktis, sehingga cocok bagi kamu yang sibuk. Cukup siram pohon ini saat tanahnya kering dan berikat sedikit pancaran sinar matahari tidak langsung.

3. Kemangi, mint, dan ketumbar

AZ Animals

Menanam tanaman herbal menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang hobi memasak. Selain dapat menyegarkan udara di dalam hunian, kamu bisa memanfaatkan tanaman ini sebagai aromatik atau bumbu untuk memasak, tanpa harus membeli di supermarket.

Rekomendasi tanaman herbal yang bisa dibudidayakan di dalam apartmen atau hunian sempit adalah Kemangi, mint, dan ketumbar.

4. Kalanchoe

Apartmenttherapy.com

Jenis sukulen satu ini memiliki pertumbuhan yang lambat, namun tetap stabil sepanjang tahunnya. Tak heran jika Kalanchoe disukai para pencinta tanaman. Karena tumbuhan ini tak memerlukan perhatian khusus seperti sukulen kebanyakan.

Sebagai informasi, kalanchoe membutuhkan waktu hingga lima tahun untuk mencapai ukuran dewasa. Perawatannya pun tak begitu merepotkan dan cukup disiram dengan sedikit air dan diberi sinar matahari tidak langsung.

5. Bonsai

bonsaitreegardener.net

Menurut kepercayaan Feng Shui, tanaman bonsai dapat mendatangkan keberuntungan bagi siapa saja yang memilikinya. Ukurannya kecil dan bentuknya unik, sehingga menjadi tanaman hias yang cocok di rumah kecil. 

Hanya saja perawatan bonsai cukup tricky dan butuh perhatian intens supaya terus tumbuh hingga bertahun-tahun ke depan. Jangan lupa untuk memangkasnya secara teratur agar terlihat elok dan rapi.

6. Lidah mertua

unsplash.com/AbhiBakshi

Rekomendasi tanaman hias yang cocok ditanam di rumah kecil adalah lidah mertua. Perawatannya tak repot dan tak membutuhkan banyak waktu serta perhatian penuh. Kamu hanya perlu menyiram secukupnya agar tetap subur. Pasalnya, penyiraman berlebihan bisa menyebabkan pembusukan akar dan tanah berbau.

Lidah mertua juga berperan besar dalam meningkatkan kualitas udara di rumah. Tanaman satu ini mampu menyaring bahan kimia tertentu dari udara, seperti benzena dan formaldehida, dengan melepaskan oksigen ke udara dan meningkatkan kualitas udara di sekitarnya.

7. Chinese Money Plant (Pilea)

Gardeners World

Pilea memiliki bentuk daun bulat yang unik yang mirip uang koin. Perawatan pilea mudah-mudah gampang. Pasalnya, pemilik rumah harus rutin memantau kondisi tanah agar tidak terlalu kering atau lembap. Supaya tumbuh subur, pilea harus diletakkan di sinar matahari secara tak langsung.

Pilea bisa tumbuh hingga mencapai tinggi maksimal sekitar 30 cm. Hanya saja, pilea menjadi pilihan tanaman kurang tepat yang tak mempunyai waktu di rumah.

8. Bambu hoki (lucky bamboo)

Shutterstock

Sekilas tanaman hias ini mirip dengan bambu. Namun sebenarnya, bambu hoki masuk dalam keluarga sukulen yang memiliki ukuran pendek. Tanaman satu ini cocom dijadikan hiasan atas meja maupun bufet.

Bambu hoki dapat tumbuh hingga maksimal kurang dari 1 meter. Namun demi mempermudah mobilitas di dalam hunian, bambu hoki kini dijual ukuran sekitar 20 cm dalam pot-pot kecil dengan model berundak maupun spiral.

Jika ditanam indoor, bambu hoki dapat tumbuh dengan tinggi maksimal kurang dari 1 meter. Namun, saat ini banyak dijual tanaman bambu hoki dengan ukuran sekitar 20 cm dalam pot-pot kecil dengan model berundak maupun spiral.

Itu dia 8 jenis tanaman hias yang cantik dan cocok untuk kamu yang tinggal di hunian kecil. Dari daftar di atas, manakah yang menarik perhatianmu?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration