Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bertemu dengan Gacek, Kucing Gempal yang Menjadi Ikon Kota di Polandia

Kehadirannya menambah ramai Kota Szczecin

Natasha P.

Dikenal sebagai hewan yang lucu dan menggemaskan, membuat kucing dicintai hampir semua orang karena kehadirannya membuat hati meleleh. Meski terkenal cuek, kucing merupakan hewan manja yang haus akan perhatian dan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan atensi manusia.

Salah satunya adalah Gacek, kucing gempal yang menjadi 'juragan besar' yang menempati kota pelabuhan laut Szczecin, Polandia.

Julukan itu diberikan bukan tanpa alasan, Bela. Berkat Gacek, kota Szczecin yang sepi dan jarang dihinggapi orang, kini berubah menjadi kota yang ramai dan menjadi alasan banyak orang mengunjungi kota tersebut.

Youtube.com/wSzczecin

Saking menggemaskannya, Gacek terdaftar sebagai objek wisata di Szczecin si Google Maps. Nggak berhenti sampai situ, sekitar 2.500 ulasan online memberi tanggapan positif tentang dirinya. Bahkan, ia mendapat rating cukup tinggi bagi sebuah objek wisata, yakni 4,9 dari 5.

Maka tak ayal, Gacek masuk dalam daftar tertinggi objek wisata di kota Polandia. Ia juga berhasil melampaui Kastil Pomeranian Dukes, sebuah bangunan bersejarah di Polandia yang hanya mendapat skor 4.5 pada Google Review.

Lantas, kenapa Gacek sangat menarik wisatawan?

Instagram.com/kotgacekdaily

Menurut informasi dari Odity Central, awalnya Gacek hanya seekor kucing kurus yang murung. Ia pertama kali muncul sekitar 10 tahun lalu, hidup di pusat Kota Szczecin, tepatnya di Jalanan Kaszubska. Asam pahit kehidupan sudah dialami Gacek. Kelaparan, kesepian, bahkan diusir ketika dirinya meminta makanan untuk meredam suara cacing di perutnya.

Namun, orang-orang dan pemilik toko di Jalan Kaszubska perlahan luluh akan tingkah Gacek yang menggemaskan. Mereka pun mulai menyukainya dan memberinya makan. Berkat kasih sayang, cinta, serta makanan yang berkualitas, kini Gacek bertransformasi menjadi kucing jantan gemuk.

Instagram.com/kotgacekdaily

Statusnya sebagai kucing jalanan tak bertuan serta ekspresinya yang gahar, membuatnya dikenal sebagai "Raja Jalan Kaszubska". Menyorot dari The Guardian, seorang turis rela menempuh jarak 10 km dari Oslo ke Szczecin hanya untuk bertemu dan mengelus Gacek.

"Aku terbang dari Oslo dengan transit di Gdańsk untuk melihat Gacek" begitu sebuah ulasan tentang Gacek di Google Review. "Sudah kuduga. Ketika bertemu dengannya, Gacek sangat cuek denganku, tentu menambah pengalaman berharga bagiku," tambahnya.

Apa sih arti nama "Gacek"?

Instagram.com/kotgacekdaily

Nama Gacek sendiri berarti 'kelelawar bertelinga panjang' dalam bahasa Polandia. Saat ini, Gacek tinggal di sebuah kotak kayu beratap di luar sebuah toko di Jalan Kaszubska. Pun tak bertuan, para pemilik toko di Jalan Kaszubska bertanggung jawab dalam merawat dan memberinya makan.

Sebagai ikon kota Szczecin, para pemilik toko juga memperbolehkan turis atau orang yang lewat untuk meninggalkan makanan apa pun untuk kucing itu di depan rumah kayunya.

Saking menggemaskannya, warganet pun merekomendasikan Gacek sebagai "objek wisata" yang perlu dikunjungi. Ulasan ini juga tersebar di Google Maps, Twitter, bahkan Instagram.

Ada papan pemberitahuan di atap rumahnya

Polish News

Euforia para turis akan hasrat untuk mengelus Gacek sangatlah tak terbendung. Bagaimana tidak, kucing gempal yang ramah ini tak hanya berhasil mencairkan hati siapa pun yang melihatnya. Tapi juga berhasil menghibur para turis dengan tingkahnya yang menggemaskan.

Agar Gacek tak stress, para pemilik toko pun berinisiatif membuat papan pemberitahuan untuk para wisatawan agar menahan diri untuk tidak mengelusnya saat Gacek tidur.

Hal ini karena banyak sekali orang berbondong-bondong memberinya makan secara berlebihan. Di mana perhatian dan suguhan yang berlebihan itulah justru membuat kucing selebritis tersebut tertekan dan tak nyaman.

"Saya dengan senang hati berpose untuk difoto, tapi tolong jangan usap saya saat saya sedang tidur siang," tulis sebuah catatan dari rumahnya.

Awal mula Gacek mendulang popularitas

Pain In The Bud

Meskipun sudah menapaki Kota Szczecine selama 10 tahun, Gacek baru bisa merasakan masa ketenarannya pada 2020. Popularitas Gacek bermula saat media lokal Szczecine menyorot tingkah lucunya dalam sebuah video. Sejak saat itulah, Gacek mulai viral di jagat dunia maya dan membuat banyak orang ungin menemuinya.

Jarak tak jadi alasan, wisatawan dari luar negeri pun berduyun-duyun menempuh perjalanan ke Szczecin hanya untuk bertemu dengan 'Raja Jalan Kaszubska'.  Saking fenomenalnya, kini Gacek pun mempunyai Instagram pribadi, @kotgacekeveryday yang mengumpulkan potret lucu Gacek dalam sehari-hari. Akun ini sengaja disiapkan sebagai arsip untuk melihat perkembangan Gacek atau pun sebagai wadah hiburan warganet.

Sayangnya, kini ulasan tentangnya agak sulit ditemukan di Google lantaran halaman spesifiknya tentangnya kini dihapus. Walau begitu, laman Kota Szczecin di Google Review masih dipenuhi oleh ulasan positif warganet soal Gacek.

Galeri foto Gacek

Instagram.com/Kotgacekdaily

Bagi kamu yang ingin bertemu dengan Gacek, namun terhalang jarak dan waktu, kini tak perlu risau! Popbela sudah menyiapkan foto-foto Gacek yang lucu nan menggemaskan untuk mewarnai harimu.

Agar pengalamanmu semakin berkesan, kamu bisa mengelus kucingmu sambil melihat foto Gacek! Cara ini tentu membuatmu merasakan seolah-olah Gacek berada di sampingmu!

Instagram.com/kotgacekeveryday
Instagram.com/kotgacekdaily
Instagram.com/kotgacekdaily
Instagram.com/kotgacekdaily
Instagram.com/kotgacekdaily

5 foto dan video Gacek di atas baru sebagian saja, Bela. Kalau kamu masih butuh asupan foto Gacek, yuk follow akun Instagram @kotgacekdaily untuk segarkan timeline Instagram-mu jadi lebih penuh warna!

*Notes: Supaya kucingmu tak cemburu, diam-diam saja kalau kamu sedang stalking foto Gacek, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration