Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berhati Mulia, 7 Selebriti Dunia ini Gemar Berdonasi

Memanfaatkan posisi sebagai selebriti untuk filantropi

Natasha P.

Filantropi merupakan suatu tindakan kedermawanan yang berhubungan erat dengan rasa kepedulian terhadap sesama. Banyak orang berbagai bidang menjadi sosok filantropi, tak terkecuali selebriti. Para selebriti ini tak hanya menjual paras atau kemampuan akting saja, tetapi juga menjadi cerminan banyak orang.

Salah satunya adalah IU. Pelantun "Nagging" ini sukses menyedot perhatian publik berkat aksi heroiknya telah berdonasi ke banyak badan amal hingga Rp20 miliar dalam waktu 20 bulan.

Selain IU, banyak sekali selebriti yang terkenal tak hanya karena popularitas dan harta belaka, tetapi juga sifat dermawannya yang menjadi panutan publik. Mereka pun bersatu memberi setitik cahaya bagi banyak orang yang membutuhkan.

Para selebriti tersebut menjadi sosok filantropi yang tak ragu beramal dalam jumlah yang fantastis demi membantu mengangkat kehidupan orang yang membutuhkan

Kali ini Popbela akan membahas deretan pesohor dunia yang menjadi filantropi yang dikenal suka beramal. Apakah idolamu menjadi salah satunya? Yuk, kita simak ulasannya dalam artikel di bawah!

1. Oprah Winfrey

CNN

Sepak terjang karier Oprah Winfrey sebagai selebriti dunia sekaligus pengusaha, tidak semulus yang orang kira. Lahir dari seorang ibu muda yang tidak menikah, masa kecilnya hidup dalam kemiskinan yang parah di keluarga nenek dari pihak ibu. Tak ingin mengulangi hal yang sama, Oprah bekerja keras dan meraih pendidikan setinggi mungkin demi meningkatkan taraf hidupnya lebih baik lagi.

Usaha tak mengkhianati hasil, Oprah memetik buah manis dari kerja kerasnya. Ia sukses menjadi salah satu selebriti terkaya dan memberikan dampak positif kepada banyak lewat kata motivasinya. Kehidupan masa kecilnya yang pahit inilah yang mendorongnya mengamalkan sebagian hartanya berbagai badan amla di dunia, termasuk Angel Network, The Oprah Winfrey Foundation, dan the Oprah Winfrey Operating Foundation.

Oprah Winfrey telah mendonasikan lebih dari US$40 juta kepada the Oprah Winfrey Foundation yang berfokus untuk meningkatkan taraf hidup orang kurang mampu melalui pendidikan dan kesehatan. Aksi dermawannya ini mencakup berbagai bidang amal, tetapi dia memberikan perhatian khusus untuk membantu perempuan untuk mendapatkan pendidikan setara di negara berkembang.

2. Beyoncé

harpersbazaar.com

Cantik, bersuara merdu, dan berhati malaikat. Itulah Beyoncé Knowles, penyanyi sekaligus aktris yang terkenal akan kedermawanannya menyumbang waktu dan uang untuk badan amal.

Bersama Kelly Rowland, ia mendirikan badan amal Survivor Foundation yang membantu korban Badai Katrina pada tahun 2005. Pada tahun itu juga, dia menjadi Duta Besar untuk Hari Anak Sedunia dan berkontribusi dengan merilis lagu “Stand Up For Love.”

3. Taylor Swift

pinterest

Taylor Swift seringkali menyorot atensi publik dengan kisah asmaranya yang berlika-liku maupun lagunya yang sukses bikin orang baper.

Di balik itu semua, Taylor Swift adalah sosok penyanyi yang memiliki sifat dermawan yang patut dijadikan panutan. Taylor telah menyumbangkan total US$625.000 ke berbagai organisasi sepanjang kariernya. Tak hanya uang saja, pelantun Lover ini juga menyumbang buku dan mengadakan konser amal. 

Pada bulan Oktober 2011, ia menyumbang sekitar 6.000 eksemplar buku baru senilai US70 ribu untuk perpustakaan di kota kelahirannya, Pennsylvania, Amerika Serikat. Buku-buku tersebut diperuntukkan bagi anak-anak dan remaja, dengan harapan dapat mendorong minat membaca generasi muda.

4. Angelina Jolie

instagram.com/angelinajolieofflcial

Aktris sekaligus produser film berparas jelita ini sukses berkarier di industri perfilman Hollywood dan masuk dalam jajaran selebriti kelas atas dunia. Selain terkenal dengan talentanya dalam berakting, pemeran Maleficent ini adalah satu dari sekian banyak selebriti berhati mulia. Mantan istri Brad Pitt ini juga cukup aktif berkontribusi dalam kegiatan sosial di dunia.

Ia bahkan rela berdonasi hingga jutaan dollar untuk membantu badan amal di berbagai bidang, misal pendidikan, orang-orang yang membutuhkan, korban bencana alam, hingga pembangunan sekolah. Dedikasinya yang besar pada sesama, Jolie ditunjuk sebagai Goodwill Ambassador PBB sejak tahun 2011.

Tak hanya sebagai filantropi, Jolie juga merupakan aktivis yang menyuarakan kekerasan seksual pada perempuan. Bersama mantan suaminya, Brad Pitt, Jolie iuga mendirikan Jolie-Pitt Foundation yang membantu pengidap HIV/AIDS dan tuberkulosis di Etopia.

5. Matthew McConaughey

Wikipedia

Pemeran Cooper dalam Interstellar ini tak hanya tampil heroik di film saja, tetapi juga di dunia nyata. Aktor beken asal Amerika Serikat itu dikenal sebagai sosok dermawan yang aktif berdonasi jutaan dollar untuk sesama dalam bidang kesehatan dan pendidikan.

Meskipun memiliki banyak prestasi cemerlang di belantika layar kaca, tentu tak membuatnya lupa diri. Aktor yang tetap berkharisma di usia senja ini sering mendonasikan hartanya di di sejumlah badan amal, sepert Children's Defense Fund, Pacific Lodge Boys 'Home, dan BID 2 Beat AIDS. 

6. Milley Cyrus

Vogue.com

Meskipun citranya di mata publik penuh kontroversi, Miley Cyrus merupakan bintang Hollywood yang berhati mulia dan dermawan. Pelantun "Malibu" itu secara rutin menyumbang sebagian hartanya ke beberapa organisasi, termasuk Libby Ross Foundation, badan amal yang mendanai organisasi penelitian yang berfokus pada diagnosis kanker payudara dini.

Tak hanya harta saja, Cyrus juga memproduksi tas yoga yang nantinya hasil penjualannya didonasikan untuk yayasan yoga. Ia juga aktif menyemangati anak muda untuk ikut kegiatan volunteer badan kemanusiaan.

Dalam wawancara Time 2008, dia berkata, "Jika kamu mulai bermain gitar pada usia 8 tahun, kamu sudah mahir pada usia 20 tahun. Tidak pernah terlalu dini untuk memulai,” ungkap Miley

7. Emma Watson

peakpx.com

Tak hanya terkenal sebagai Hermione dalam waralaba Harry Potter, aktris cantik ini juga dikenal sebagai sosok berhati malaikat berkat kontribusinya dalam bidang kemanusiaan. Emma Watson aktif menyuarakan berbagai isu kemanusiaan, feminisme dan membantu para perempuan korban pelecehan seksual.

Ia bekerja pada organisasi dunia seperti UNICEF, CAMFED, United Nations, HeForShe, dan Our Shared Shelf. Sepanjang kariernya menjadi aktris, Watson telah mendonasikan US$1 juta untuk UK Justice and Equality Fund menjadi pendonor utama pada organisasi tersebut.

Emma Watson serta 200 selebritas Inggris dan Irlandia lainnya turut menandatangani surat terbuka yang berisi desakan untuk menyudahi pelecehan seksual di tempat kerja. Pada 2016, Watson juga sempat hiatus dari gemerlap layar kaca dan berfokus menyuarakan isu feminisme dan kesetaraan gender di seluruh dunia.

8. Keanu Reeves

Pinterest.com

Sosoknya yang sederhana dan down to earth membuat Keanu Reeves dicintai banyak orang di seluruh dunia. Aktor tampan pemeran John Wick ini sangatlah murah hati dalam membantu sesama.

Sebelumnya, aktor penyayang anabul ini juga menyumbangkan US$31,5 juta dari penghasilan franchise The Matrix untuk penelitian leukemia, atau kanker darah. Ia juga mendirikan badan amal untuk membantu penelitian kanker dan rumah sakit anak.  Bahkan penghasilannya dari John Wick dibagikan kepada kru yang telah bekerja keras saat proses syuting. Idola sekali dengan aktor satu ini!

9. Matt Damon

Variety.com

Aktor karismatik yang sukses membius banyak orang lewat aktingnya yang spektakuler ini juga terkenal sebagai pribadi yang berhati mulia. Aktor sekaligus produser asal Amerika Serikat tersebut meraih banyak penghargaan bergengsi perfilman, di antaranya adalah Academy Awards, Golden Globe, Emmy Awards, dan British Academy Film Awards. Meskipun bergelimang harta dan banjir prestasi, Damon aktif mengamalkan sebagian hartanya untuk kemanusiaan.

Diketahui Matt Damon merupakan pendiri organisasi H2O Afrika pada 2006 yang berfokus pada sanitasi dan air bersih. Selain itu, ia juga aktif di organisasi One yang membantu menurunkan angka kemiskinan dan penyakit di negara berkembang.

10. Daniel Radcliffe

Variety

Perannya sebagai Harry Potter membuat Daniel Radcliffe memiliki popularitas yang harum di industri perfilman. Radcliffe juga sukses meraih banyak penghargaan film bergengsi seperti MTV Movie Awards dan Teen Choice Awards.

Aktor berkebangsaan Inggris ini sering menyisihkan sebagian besar pendapatannya untuk banyak kegiatan berbagai badan amal. Daniel juga rutin memberi bantuan untuk organisasi The Trevor, organisasi yang menyuarakan pencegahan tindakan bunuh diri dan kelompok LGBT. Selain itu, ia juga aktif untuk mendonasikan hartanya di Demelza Hospice Care for Children, sebuah organisasi yang bergerak dalam pelayanan pasien dental penyakit serius. 

Meskipun hidup dengan bergelimang harta, deretan selebriti di atas, berjiwa sosial yang tinggi dan berkontribusi dalam menaikkan taraf hidup orang banyak. Aksinya dalam menebarkan kebaikan tentu bisa kita teladani dalam kehidupan sehari - hari.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration