Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Fakta Film 'The Nun 2', Kembalinya Iblis Valak di Layar Lebar

Cek faktanya dahulu sebelum nonton 'The Nun 2'

Natasha P.

Pada September ini, The Nun 2 sudah mulai mengudara di seluruh layar kaca di Indonesia. Antusiasme pecinta saga The Conjuring pun turut membanjiri media sosial. Euforia ini terlihat dari banyaknya review bagus yang diberikan oleh para movie addict.

Teror iblis Valak berwujud biarawati kembali meneror Suster Irene yang berhasil mengalahkannya dengan menyemburkan Blood of Christ. Namun, hal itu bukanlah akhir dari kisah Valak. Justru, menjadi awal mengerikan yang sudah Valak siapkan untuk menghantui seluruh biarawati di gereja kediaman Suster Irene yang berlokasi di Rumania.

Lantas itu, ada fakta menarik apa saja dari film besutan sutradara Michael Chaves ini? Selengkapnya simak di sini ya, Bela.

1. Lokasi pengambilan film yang unik

IMDB

Dalam produksi The Nun 2, seluruh kru film memilih lokasi kuno di kawasan Eropa Timur. Pemilihan ini dilakukan untuk memperkuat nuansa horor berlatar gereja kuno yang menjadi premis utama sekuel spin off iblis Valak tersebut.

Sudah memahami konsep film dengan baik, lantas itu para tim produksi menetapkan gereja-gereja kuno dan biara-biara bersejarah khas Eropa Timur sebagai lokasi syuting.

2. Lokasi yang menyeramkan

IMDB

Masih bercerita soal lokasi syuting, tampaknya keputusan memilih gereja dan biara kuno adalah hal yang tepat. Supaya, setiap kengerian yang dihidangkan sang sutradara terasa lebih nyata menakutkan. Apalagi beberapa lokasi tersebut menyimpan cerita mistis yang menjadi urban legend penduduk setempat.

Mengerikan sekali bukan?

3. Digarap oleh sutradara baru

IMDB

The Nun 2 digarap oleh sutaradara Michael Chaves. Berbeda dengan sutradara pada film sebelumnya, Corin Hardy, ia memilih untuk membawa sentuhan fresh dan berbeda, namun tetap mempertahankan esensi horor yang telah dicintai penonton.

4. Karakter baru yang memberi warna lebih pada jalan cerita

IMDB

Dalam The Nun 2, kamu akan diperkenalkan dengan nama-nama baru yang tak ada di film sebelumnya. Mereka adalah Suster Debra (Strom Reid), Kate (Anna Popplewell), dan anak Kate bernama Sophie (Rose Downey).

Tanpa menghilangkan karakter ikonik dari film pertamanya, tokoh baru ini hadir untuk mempertegas alur cerita dan menjadikannya lebih kompleks dan menarik untuk ditonton.

Bahkan, karakter baru ini punya latar belakang dan cerita mereka sendiri, Bela!

5. Kualitas efek visual dan makeup yang lebih kuat

IMDB

Selain jalan cerita yang mencekam, kualitas efek visual dan makeup yang mengerikan turut menyumbang rasa takut kepada penonton. Oleh itu, tim produksi The Nun 2 memastikan agar make up dan efek visual yang diterapkan lebih serius dari film sebelumnya.

Menggunakan teknologi mutakhir dan tim yang ahli di bidangnya, sosok Valak tampil lebih horor dan lebih realistis daripada di film sebelumnya.

6. Punya alur cerita yang mendalam

IMDB

Bukan cuma fokus pada horor semata, The Nun 2 lebih menggali klausul bagaimana Valak berwujud menjadi entitas biarawati yang jahat. Tak hanya itu saja, sang sutradara menjahitkan premis sekuel ini dengan menghubungkan karakter-karakter lain di Conjuring Universe.

Dengan cerita yang dalam, The Nun 2 berhasil menyajikan alur film dengan minim plot hole dan membuat penonton larut dalam narasinya.

7. Terkoneksi dengan Conjuring Universe

IMDB

Hadir pertama kali dalam The Conjuring 2, maka sepatutnya jika hantu Valak menjadi benang merah yang menyambungkan kasus gaib yang ditangani oleh Ed dan Lorraine Warren lainnya.

Tak cuma sekadar standalone, The Nun 2 memperat koneksi dan referensi berupa alur cerita dan karakternya, ke dalam film-film Conjuring sebelumnya. Tentu saja ini menjadi kejutan dan tantangan bagi pengikut setia seri film ini.

Easter eggs dan teka-teki tersamarkan dalam The Nun 2, tentu membuat penonton berpikir kritis untuk mengaitkannya dengan "pecahan puzzle" di film Conjuring lainnya.

8. Pemeran The Nun 2

IMDB

Selain Taissa Farmiga dan Bonnie Aarons, The Nun 2 akan menghadirkan aktor dan aktris Hollywood lainnya untuk terlibat sebagai pemeran baru. Berikut daftarnya.

  1. ‌Sister Irene Palmer: Taissa Farmiga‌
  2. Iblis Valak: Bonnie Aarons
  3. Maurice 'Frenchie' Theriault: Jonas Bloquet
  4. Kate: Anna Popplewell
  5. Sophie: Katelyn Rose Downey
  6. Sister Debra: Storm Reid

9. Kunci kesuksesan The Nun 2

IMDB

Sutradara Michael Chaves membocorkan rahasia di balik keberhasilan The Nun 2 dalam menguasai pangsa film horor tahun 2023 ini. Dalam wawancara bersama The Hollywood Reporter pada Selasa (5/9), ia mengatakan bahwa pendalaman cerita mengenai bagian semesta Conjuring adalah kuncian larisnya sekuel film Valak di bioskop.

Tambahan unsur horor, penguatan latar karakter, dan keimanan juga membuat penonton terkoneksi dengan cerita yang disajikan.

"Hal lain yang benar-benar membuatnya berhasil adalah adanya hati di dalamnya. Ada karakter yang benar-benar kita cintai, serta terdapat unsur keimanan," kata Chaves.

Perpaduan harmonis antara horor mencekam, alur cerita yang kuat, serta pendalaman karakter yang serius, menjadi "bumbu sedap" yang membuat The Nun 2 sangat dinikmati oleh penonton. Bagi kamu penggemar Conjuring Universe, jangan sampai melewatkan sekuel dari Iblis Valak ini, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration