Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Ide Kegiatan Malam Tahun Baru di Rumah, Tak Kalah Seru, kok!

Approved by introverts!

Audia Natasha Putri

Tahun 2023 tinggal menghitung jari, namun euforia perayaan pergantian tahun baru kini sudah mulai terasa di mana-mana. Apalagi merenggangnya Peraturan PPKM (Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) menambah semarak atraksi megah seperti pesta kembang api yang diadakan di berbagai sudut kota, menghiasi langit-langit malam pada saat pergantian tahun baru tiba.

Tetapi, beberapa orang tak terpengaruh akan kemeriahan itu dan memilih untuk menghabiskan waktu di rumah hingga malam pergantian tahun baru tiba. Alasannya pun bermacam-macam. Entah malas terkena macet, biaya liburan yang nggak murah, hingga merasa penuh sesak di tengah bingarnya keramaian pesta.

Bagi kamu yang memutuskan nggak kemana-mana ketika perayaan malam tahun baru, cobain, deh, kegiatan seru di dalam rumah yang sudah Popbela rangkum. Apa saja ide acara malam tahun baru di rumah? simak berikut ini.

1. Barbeku atau bakar-bakaran di halaman rumah

yummy.co.id

Kegiatan menyenangkan nomor satu yang bisa kamu coba adalah bakar-bakaran di halaman rumah. Momen ini menjadi semakin hangat jika dirayakan bersama orang-orang terdekat, sekaligus memperlengket hubungan kalian agar semakin akrab.

Deretan makanan khas sebagaimana pesta barbeku ada umumnya bisa kamu coba, seperti ayam, jagung, sosis, hingga seafood yang dibumbui dengan saus pilihan. Untuk minumannya, kamu bisa membeli soda atau cola di supermarket. Atau bagi kamu yang suka berkreasi di dapur, membuat lemonade, es buah atau mocktail juga bisa menjadi opsi.

Agar momen bakar-bakaran semakin semarak, kamu bisa mengadakan games kecil bersama teman-temanmu, seperti tebak-tebakan atau truth or dare. Acara tukar kado juga bisa menjadi pilihan untukmu sebagai momentum tepat untuk mengakrabkan diri bersama orang tercinta. 

2. Movie marathon

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Malam tahun baru menjadi momen yang tepat untuk menghabiskan waktu dengan kegiatan movie marathon. Apalagi mengingat tumpukan watch list yang tertunda lantaran dihadang kesibukan yang tiada habisnya.

Agar suasana menonton film favoritmu semakin asyik, kamu boleh ajak bersama teman-teman atau keluarga sambil ditemani camilan lezat. Kamu juga bisa menonton film bersama temanmu secara daring menggunakan aplikasi seperti Discord, Google Meet atau Zoom.

3. Karaoke

Freepik.com/pressfoto

Keluarkan semangat dan emosimu lewat menyanyi bersama atau karaoke, Bela! Kamu bisa berkaraoke secara ria di rumah saja tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih hanya dengan bermodalkan microphone dan speaker.

Jangan lupa siapkan televisi yang terhubung dengan laptop mengggunakan kabel HDMI. Lewat cara ini, televisi akan menampilkan lirik lagu disertai video klip yang bisa diperoleh lewat Youtube, Joox, atau Spotify, seolah-olah sedang berada di tempat karaoke sungguhan!

Selain itu, pilih juga lagu-lagu hits atau populer yang disukai keluarga dan teman-teman kamu, agar bisa sing along ketika sedang berkaraoke.

4. Bermain games

Dok. Disney+ Hotstar

Perayaan Tahun Baru menempel erat dengan keseruan, keceriaan dan penuh suka cita. Karena itulah, mengisinya dengan kegiatan seru yang memacu rasa semangat tentu sudah menjadi kewajiban dan tak menghilangkan esensi tahun baru itu sendiri.

Salah satunya adalah bermain games di rumah bersama teman atau keluarga bisa menjadi opsi untukmu. Banyak games seru yang bisa kamu coba, seperti ular tangga, catur, ludo, kartu remi, UNO, UNO stacko.

Nah, agar momen kebersamaan ini semakin lengket dan meriah, coba terapkan sistem kompetitif dan hukuman pada permainan. Misal, menempelkan bedak atau tepung di wajah bagi siapa pun yang kalah. Sedangkan siapapun yang menang akan mendapat reward. Seru bukan, Bela?

5. Menyalakan kembang api

pixabay.com/sasint

Pergantian Tahun Baru tentu identik dengan eloknya kembang api yang menghiasi langit malam. Karena itu, rasanya kurang afdol kalau merayakan malam tahun baru tanpa pesta kembang api.

Walaupun di rumah saja, kamu tetapi bisa ikut berbaur dalam kemeriahan dan gemerlap pesta kembang api, kok. Agar terhindari dari ancaman bahaya seperti kebakaran atau terluka ketika dimainkan, Kamu bisa membeli kembang api dengan ukuran yang relatif aman dan nyalakan di ruang terbuka, seperti halaman rumah.

Namun, kamu tetap perlu was-was dan berhati-hati ketika memainkan kembang api, apalagi jika ada anak kecil di sekitar.

6. Saling mengirim hampers

Unsplash.com/Nina Mercado

Merayakan momen pergantian tahun baru 2023, masyarakat juga bisa saling kirim hampers untuk keluarga atau kerabat.

"Manfaatkan fitur 'Kirim Sebagai Hadiah' saat membeli produk bertanda 'Dilayani Tokopedia'. Produk akan dikemas dengan lebih rapi dan ditambah kartu ucapan yang bisa dipersonalisasi," ujar Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Menjelang tahun baru, jumlah transaksi melalui Dilayani Tokopedia naik hampir 2 kali lipat
dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Sebab, meski berjauhan, kita tetap bisa merasa dekat dengan saling berkirim kado spesial kepada orang tersayang, bukan?

7. Dekor ulang ruang tamu/keluarga

Unsplash.com/Spacejoy

Menyambut tahun baru artinya menyambut hal baru. Kamu bisa melakukan perubahan dengan mendekorasi ulang rumah agar terlihat lebih fresh, misalnya menaruh pajangan baru, menata ulang furnitur atau tanaman dan masih banyak lagi. Tidak perlu terlalu repot, Bela. Cukup dengan mengganti sarung bantal sofa, atau menambahkan beberapa pot tanaman hias di sudut juga sudah bisa mengubah tampilan ruangan menjadi lebih segar.

Itulah kumpulan ide acara malam tahun baru di rumah. Nah, rencana apa yang ingin kamu lakukan untuk menghabiskan malam tahun baru, nih? Ceritakan di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration