Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

25+ Kosakata Serapan Populer Bahasa Indonesia Dari Bahasa Belanda

Merupakan hasil dari akulturasi bahasa Belanda

Natasha P.

Mengutip dari laman Kemdikbud RI, Bahasa Indonesia dikukuhkan sebagai bahasa nasional Tanah Air pada 28 Oktober 1928. Penetapan ini diresmikan melalui Ikrar Sumpah Pemuda. 

Namun dalam perkembangannya, kosakata bahasa Indonesia diperkaya oleh berbagai serapan bahasa asing, seperti Portugis, Inggris, Arab, hingga tentu saja bahasa Belanda. Hal ini tak lepas dari kolonialisme Belanda yang berkontribusi lebih dalam akulturasi budaya, kuliner, dan bahasa Indonesia. Lebih dari 3.000 kata serapan Bahasa Belanda telah diadaptasi menjadi bagian dari bahasa Indonesia modern.

Namun pada artikel ini, Popbela menyantumkan 25+ kosakata serapan bahasa Indonesia dari bahasa Belanda yang banyak dipakai dalam keseharian. Sontek daftarnya di bawah ini, yuk!

1. Apotek - Apotheek

Jurnal.id

Mengutip KBBI, apotek memiliki arti toko tempat meramu dan menjual obat berdasarkan resep dokter serta memperdagangkan barang medis. Bisa juga diartikan sebagai rumah obat.

2. Absen - Absent

Merdeka.com/Imam Buhori

Kata absen merujuk pada tidak masuk (sekolah, kerja, dan sebagainya) atau tidak hadir.

3. Alias - Alias

IMDB/Men In Black

Merupakan nama samaran atau disebut juga sama dengan (digunakan pada nama).

4. Ban (untuk kendaraan) - band

Wuling.com

Ban adalah benda bulat dari karet yang dipasang melingkar pada roda (sepeda, mobil, dan sebagainya)

5. Bensin - Benzine

Astra Motors

Menurut KBBI, bensin merupakan minyak bumi yang mudah menguap dan mudah terbakar (dipakai sebagai bahan bakar mobil dan sebagainya).

6. Bioskop - bioscoop

Freepik.com

Tersebar luas di seluruh daerah di Indonesia, bioskop merujuk pada pertunjukan yang diperlihatkan dengan gambar (film) yang disorot sehingga dapat bergerak (berbicara); film.

7. Buku - boek

unsplash.com/Jon Tyson

Buku adalah lembar kertas yang berjilid, berisi tulisan atau kosong. Buku bisa juga disebut dengan kitab.

8. Bus - bus

Dok. Transjakarta

Kendaraan publik bagi masyarakat Indonesia ini memiliki arti kendaraan bermotor angkutan umum yang besar, beroda empat atau lebih, yang dapat memuat penumpang banyak.

9. Buncis - boontjes

pexels.com

Masuk dalam sayuran, definisi buncis dalam KBBI adalah tumbuhan dari jenis kacang-kacangan (seperti kacang kara).

10. Departemen - departement

Pexels.com/fauxels

Adalah kata benda, departemen dapat diartikan sebagai lembaga tinggi pemerintahan yang mengurus suatu bidang pekerjaan negara yang dipimpin seorang menteri.

11. Dobrak - doorbrak

X.com

Dalam kata kerja, dobrak memiliki arti merusakkan pintu, pagar, dan sebagainya. Sedangkan dalam kata benda, dobrak adalah tiruan bunyi pintu, pagar, dan sebagainya yang ambruk (rusak).

12. Gaji - Gage

pexels.com/esmeralda-segura

Dinantikan para pekerja korporat, pegawai lepas, atau pelaku bisnis setiap akhir bulan, gaji adalah upah kerja yang dibayar dalam waktu yang tetap.

13. Kamar - kamer

pinterest.com

Masuk dalam daftar kata benda, kamar merupakan bilik atau ruang yang bersekat (tertutup) dinding yang menjadi bagian rumah atau bangunan (biasanya disekat atau dibatasi empat dinding).

14. Kantor - Kantoor

Instagram/irwansyah_15

Mengulik dari KBBI, kantor adalah balai (gedung, rumah, ruang) dan tempat mengurus suatu pekerjaan (perusahaan dan sebagainya).

15. Kalkun - Kalkoen

Wikipedia

Dalam KBBI, kalkun memiliki arti ayam Belanda atau unggas yang bertubuh besar dan kuat, berbulu kurik, mempunyai gelambir, bertungkai panjang yang dipelihara untuk menghasilkan daging.

16. Katun - Katoen

pinterest.com

Salah satu bahan utama dalam industri fesyen, katun adalah cita atau bahan pakaian yang dibuat dari benang kapas.

17. Kol (sayur) - Kool

Morula IVF

Dalam KBBI, kol memiliki arti kubis. Biasanya kol digunakan sebagai alas salad, sayur tumis, atau isian sayur sop.

18. Kopi - koffie

freepik.com/wirestock

Minuman berwarna hitam penghilang kantuk ini juga diambil dari serapan bahasa Belanda. Kopi memiliki arti pohon yang banyak ditanam di Asia, Amerika Latin, dan Afrika, buahnya digoreng dan ditumbuk halus untuk dijadikan bahan pencampuran minuman.

19. Nanas - Ananas

Tasteofhome

Buah manis berwarna kuning ini sering diolah menjadi jus atau rujak. Dalam KBBI, Nanas adalah tanaman tropis dan subtropis, buahnya berbentuk bulat panjang, kira-kira sebesar kepala orang, kulit buahnya bersusun sisik, berbiji mata banyak, daunnya panjang, berserat, dan berduri pada kedua belah sisinya.

20. Om (paman) - oom

freepik.com/halayalex

Om memiliki arti paman dalam bahasa Indonesia.

21. Pistol - Pistool

Blacksheepwarrior

Senjata tembak satu ini sering dipakai polisi dan satuan keamanan untuk melumpuhkan target. Pistol sendiri adalah senjata api genggam yang pendek dan kecil.

22. Prestasi - Prestatie

instagram.com/ussypratama

Prestasi adalah hasil yang telah dicapai (dari yang telah dilakukan, dikerjakan, dan sebagainya.

23. Situasi - Situatie

morninglazziness.com

Situasi merujuk pada arti kedudukan (letak sesuatu, tempat, dan sebagainya) atau keadaan.

24. Suster - Zuster

IIK Bhakti Wiyata

Suster adalah juru rawat wanita atau perawat. Sedangkan dalam kepercayaan Nasrani, suster adalah perempuan yang menjadi anggota perkumpulan kerohanian yang hidup di dalam biara.

25. Wortel - Wortel

pexels.com

Mengandung tinggi vitamin A dan beta karoten, wortel merupakan tanaman sayuran berakar pasak berdaging, berwarna kuning jingga, kaya akan zat gula, vitamin, dan garam mineral.

26. Tas - Tas

gucci.com

Tas adalah kemasan atau wadah berbentuk persegi dan sebagainya, biasanya bertali, dipakai untuk menaruh, menyimpan, atau membawa sesuatu.

27. Tustel - Toestel

unsplash.com/AmirHosseini

Alat potret atau kamera. Biasanya generasi kelahiran di bawah 1980-an menggunakan kata ini untuk penyebutan kamera untuk memotret.

Nah, itu tadi deretan kosakata serapan bahasa Indonesia dari Bahasa Belanda. Dari penulisan hingga pelafalannya, ternyata bahasa Indonesia dan bahasa Belanda memiliki banyak kemiripan ya, Bela! 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration