Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Fakta Anjing Chow Chow, Si Penyendiri dengan Lidah Berwarna Biru

Memiliki bulu tebal berwarna emas mirip dengan singa

Natasha P.

Melihat anjing chow chow kiranya mengingatkan kita akan sosok singa si raja hutan. Bagaimana tidak, anjing pendek bertubuh gempal ini memiliki bulu berwarna keemasan yang tebal dan halus di seluruh tubuhnya. Mengutip American Kennel Club, mereka adalah anjing asli asal Tiongkok yang kuat dan kokoh.

Memiliki aura karismatik dan penampilan cukup gahar, membuat anjing Chow Chow tak pernah gagal untuk menarik kekaguman dan perhatian para dog lovers. Selain bulunya yang tebal bagai singa, keunikan anjing satu ini terletak pada lidahnya yang berwarna biru.

Melansir Mental Floss, berikut adalah sejumlah fakta menarik anjing Chow Chow yang perlu diketahui.

1. Merupakan ras anjing kuno

Pexels.com

Sampai saat inu, para sejarawan menyimpulkan bahwa anjing Chow Chow sudah ada sejak 2000 - 3000 tahun yang lalu. Asal mula anjing ini belum begitu jelas, sehingga peneliti pun masih mencari sejarah dan catatan tentang perjalanan kelahiran anjing ini.

Namun, sebagian orang meyakini bahwa Chow Chow adalah anjing hasil persilangan antara ras Mastiff dari Tibet dengan Samoyed di Siberia utara.

Sebagian justru menduga bahwa Chow Chow berasal dari anjing Siberia yang dibawa ke Tiongkok oleh bangsa Mongol. Anjing unik yang mirip beruang ini kemudian diterima di biara-biara Tibet.  

2. Nama Chow Chow bukan berasal dari bahasa Tiongkok

The Spruce Pets

Walau ditemukan pertama kali di Tiongkok, nama "Chow Chow" justru berasal dari padanan bahasa Inggris pidgin yang berarti "pernak-pernik". Bukan "pernak-pernik" biasa, frasa "Chow Chow" merujuk pada semua benda atau hal yang berasal dari Timur pada abad ke-18. Sedangkan di Tiongkok, ras anjing bermata sayu ini dinamakan Songshi quan.

3. Dimanfaatkan sebagai anjing pekerja

News.cn

Meski tubuhnya tidak sebesar German Sheppard atau Siberian Husky, anjing ini seringkali dimanfaatkan sebagai anjing pekerja. Mereka dilatih untuk berburu, menjaga ternak, menarik kereta luncur, dan menggembala ternak.

4. Berasal dari Tiongkok

Animalia Life

Seperti disebutkan sebelumnya, Chow Chow merupakan anjing otentik asal Tiongkok Utara. Meski demikian, anjing Chow Chow justru paling sering terlihat di kawasan Tiongkok Selatan dan dianggap sebagai anjing asli dari Kanton.

Anjing ini juga menjadi peliharaan favorit kaisar pada era dinasti Tang. Diketahui, kaisar tersebut memiliki lebih dari 5.000 ekor dengan 10 ribu orang yang dilatih untuk berburu bersama anjing Chow Chow. 

5. Sebagai anjing pedagang pada abad ke-18

Topdogtips

Nama "Chow Chow" semata-mata bukan hanya kiasan belaka, Bela. Pada abad ke-18, para pedagang Tiongkok masa itu mengikat dagangannya berupa pernak-pernik kepada anjing tersebut.

Hal ini supaya para pedagang tak perlu repot dalam menandai dagangannya. Lantas itu, nama Chow Chow pun diwariskan pada anjing ini dari para pedagang.

6. Lidah berwarna biru

Unsplash.com/Wai Siew

Tak seperti kebanyakan anjing yang berlidah pink, Chow Chow justru memiliki lidah berwarna biru kehitaman Fitur tubuh tak biasa ini membuat anjing ini terlihat seperti kadal.

Meski demikian, anjing Chow Chow terlahir dengan lidah berwarna pink. Namun seiring bertambahnya usia, lidah mereka berubah menjadi lebih gelap.

7. Tak menyukai air

Dogoday.com

Sama seperti kucing, Chow Chow tak menyukai air. Mereka lebih suka suka tinggal di tempat tinggi dan kering, ketimbang menempati kawasan yang basah dan dekat perairan.

Meski terlahir sebagai anjing pekerja di Tiongkok, mereka tidak pernah bekerja di tepi sungai atau garis pantai. Mengingat, bulu ganda mereka memiliki daya serap air yang tinggi dapat membahayakan mereka.

Volume bulu yang semakin berat akibat terkena air dapat membebani anjing Chow Chow, sehingga berpotensi menimbulkan tenggelam jika dibiarkan tanpa pengawasan.

8. Memiliki sifat introvert

Veterinarians.org

Berbeda dengan ras anjing kebanyakan yang supel dan aktif, Chow Chow adalah anjing penyendiri dan tak suka bergaul. Sifat introvert mereka yang mirip kucing, membuat Chow Chow lebih mandiri daripada ras anjing lainnya. 

Karena karakteristik inilah, anjing Chow Chow sangatlah agresif terhadap orang asing dan anjing lain, namun sangat setia serta protektif terhadap keluarganya. Chow Chow Club of America bahkan menyebut ekspresi ras anjing ini sebagai "cemberut yang agung."  

9. Ukuran tubuh anjing Chow Chow

Lucy Pet Food

Ras chow chow masuk dalam daftar anjing berukuran sedang. Mereka memiliki postur tubuh yang kokoh dan tegap, sehingga sekilas mereka terlihat besar.

Secara keseluruhan, beratnya berkisar antara 23 - 24 kg. Sedangkan rata-rata anjing Chow Chow memiliki tinggi badan sekitar 43-50 cm.

10. Berjalan lurus bak model

Unsplash.com/Aron Coklin

Selain dari visual yang menarik mata, cara berjalan Chow Chow yang kaku dan lurus juga tak luput dari perhatian. Kaki belakang yang lurus dan tak menekuk seperti kebanyakan anjing menjadi alasan anjing Chow Chow berjalan anggun menyerupai balerina.

Penampilan unik berupa yang berbulu tebal dan lembut, mata yang sayu, dan wajah berkerut juga menambah impresi yang berkesan saat mereka berjalan.

Itulah 10 fakta anjing Chow Chow, jenis anjing autentik dari Tiongkok yang memilili lidah gelap, Bela. Walau bersifat introvert seperti kucing, mereka adalah anjing yang kurang ramah dan agresif terhadap orang lain. Tertarik ingin memelihara anjing satu ini?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration