Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

'Moving' Mendunia, Ini 13 Drama & Film Korea Bertema Kekuatan Super

Apa drama atau film yang paling berkesan?

Ajenk Rama

Drama Korea tidak pernah kehabisan ide untuk mengangkat tema orisinal. Kreativitas ini yang membuat drama Korea menjadi tontonan favorit. Berbagai tema seperti kedokteran, sekolah, hukum, bisnis banyak diangkat ke dalam sebuah drama. 

Saat ini, tema kekuatan super tengah digandrungi penonton. Salah satunya, drama Korea Moving yang mendunia dan mencetak rating 8.5 versi IMDb. Drama tersebut menggaet sejumlah bintang ternama antara lain Jo In Sung, Han Hyo Joo, Ryu Seung Ryong, Cha Tae Hyun, dan Go Yoon Jung. 

Sembari menantikan kelanjutan kisah keluarga Kim Bong Seok di Moving, ada beberapa rekomendasi drama dan film Korea bertema kekuatan super. Ada apa saja? Popbela telah merangkumnya di bawah ini. 

1. Moving

Moving, drama Korea garapan Park In Jae mengambil premis utama tentang tiga siswa SMA yang memiliki kemampuan khusus. Kim Bong Seok (Lee Jeong Ha) berkekuatan bisa terbang, Gang Hoon (Kim Do Hoon) berkekuatan super cepat, dan Hui Soo (Go Yoon Jung) berkekuatan regenerasi. 

Ketiganya harus menyembunyikan kekuatan dari orang lain dan para orang tua berusaha melindungi mereka agar kekuatan tersebut tidak disalahgunakan. Yang membuat drama ini dinikmati oleh penonton adalah kisah antar pemeran yang dibuat seapik mungkin oleh tim produksi.

Penonton tak hanya diajak melihat konflik di drama tersebut, tapi juga dibuat terpesona dengan kisah para orang tua. Khususnya, Kim Doo Sik (Jo In Sung) dan Lee Mi Hyeon (Han Hyo Joo) yang jatuh hati saat bertugas menjadi agen rahasia. 

2. The Uncanny Counter

The Uncanny Counter berkisah tentang sekelompok pemburu setan yang dikenal dengan nama Counters. Mereka menyamar sebagai karyawan di kedai mi demi menangkap roh jahat, yang mencari kehidupan kekal di bumi. 

So Moon (Cho Byeong Gyu), anggota termuda di kelompok tersebut dan tokoh kunci pasca mengalami kecelakaan misterius ketika kecil. Masing-masing karakter memiliki kekuatan super yang berbeda, yaitu Do Ha Na (Kim Se Jeong) mampu merasakan lokasi roh jahat dari jarak jauh dan membaca kenangan orang lain melalui sentuhan. 

Kekuatan super yang diberikan tidak diberikan sembarangan. Ada tugas penting menanti untuk diselesaikan dan kisah The Uncanny Counter telah memasuki musim keduanya. 

3. My Lovely Liar

Memasangkan bintang muda, Kim So Hyun dan Hwang Min Hyun, My Lovely Liar bercerita tentang kehidupan Mok Sol Hee. Ia memiliki kemampuan bisa mendengar kebohongan orang lain. 

Kemampuan ini membuat Sol Hee tidak nyaman dan merasa skeptis dengan manusia. Segalanya berubah saat dirinya bertemu Kim Do Ha, produser musik yang misterius dan kekal terhadap kekuatan super milik Sol Hee. 

Ada satu rahasia yang membuat Sol Hee terkejut dengan Do Ha. Kisah Sol Hee dan Do Ha terus berkembang hingga penonton penasaran terkait masa lalu Kim Do Ha. 

4. I Hear Your Voice

Tahun 2013, sudah ada satu drama Korea bertema kekuatan super yang dibintangi oleh Lee Bo Young dan Lee Jong Suk, yaitu I Hear You Voice. Drama ini menceritakan Park Soo Ha (Lee Jong Suk), yang memiliki kekuatan telepati. 

Soo Ha mendapatkan kekuatan super setelah menyaksikan pembunuhan orang tuanya. Ia kembali dipertemukan dengan gadis yang menolongnya, Jang Hye Sung (Lee Bo Young). Hye Sung menjelma menjadi seorang pengacara umum, yang skeptis dan tidak percaya keadilan. 

Hye Sung sempat dibuat ketakutan dengan tersangka pembunuh orang tua Soo Ha. Tapi, Soo Ha berupaya melindungi Hye Sung dengan kekuatannya. Mereka juga bersama-sama menegakkan keadilan di pengadilan. 

5. Memorist

Dieksekusi apik oleh sutradara Kim Hwi, alur cerita Memorist berkisar tentang kehidupan Dong Baek atau Sung Ju Ho (Yoo Seung Ho). Ia adalah detektif dengan kemampuan super melihat ingatan seseorang saat menyentuh kulit orang lain. 

Ia menggunakan kekuatan tersebut untuk memecahkan kasus rumit yang dihadapi. Dong Baek bekerja sama dengan profiler perempuan, Han Seon Mi atau Kim So Mi (Lee Se Young) untuk mengungkap konspirasi besar di balik orang berpengaruh.

6. While You Were Sleeping

Bergenre melodrama, While You Were Sleeping mengangkat kisah Hong Joo (Bae Suzy) yang mempnyai kemampuan melihat peristiwa di masa depan dalam mimpi. Semula, Ia merasa tidak berdaya untuk mencegah kejadian yang akan terjadi, namun kehidupannya berubah setelah bertemu Jae Chan (Lee Jong Suk).

Jae Chan, sosok jaksa yang juga mempunyai kekuatan untuk mencegah mimpi Hong Joo menjadi kenyataan. Mereka berupaya meminimalisir bencana yang bakal terungkap di mimpi tersebut. 

7. Doom At Your Service

Doom At Your Service, drama Korea bertema kekuatan super yang memberikan sentuhan fantasi di setiap adegan. Mengambil kisah Tak Dong Kyeong (Park Bo Young), yang tengah berjuang melawan glioblastoma dan hidupnya tinggal hitungan hari. 

Ia bertemu dengan Myeol Mang (Seo In Guk), sang Dewa Kehancuran yang turun ke bumi karena satu permintaan konyolnya. Myeol Mang bisa mengabulkan permintaan Tak Dong Kyeong dengan konsekuensi tertentu. Mereka pun membuat kontrak selama 100 hari dan menjalani hidup seperti yang Dong Kyeong inginkan. 

8. He Is Psychometric

He Is Psychometric menjadi salah satu drama Korea bertema kekuatan super yang unik, karena karakter utama bisa membaca ingatan seseorang atau objek dengan sentuhan. Ia adalah Lee Ahn (Park Jinyoung). 

Kekuatan yang dimilikinya tidak sembarangan. Lee Ahn dapat melihat isi pikiran orang, rahasia, hingga masa lalu yang coba disembunyikan. Lantaran kekuatannya ini, Ia menjadi terisolasi dan kesulitan memahami orang sekitar. 

Sampai akhirnya, Lee Ahn dipertemukan dengan Yoon Jae In (Shin Ye Eun), perempuan muda dengan masa lalu kelam. Mereka berusaha mengungkap kebenaran di balik misteri dan mengatasi trauma masa lalu masing-masing. 

9. Tell Me What You Saw

Apa rasanya memiliki ingatan fotografis? Sebuah kekuatan mengingat secara rinci baik visual, warna, struktur, hingga hal detail lain dan bisa ditarik kembali dengan mudah. Hal ini dialami oleh Cha Soo Young (Choi Soo Young). 

Ia berprofesi sebagai polisi muda yang memiliki kekuatan fotografis. Kemampuan tersebut membuat Soo Young dipilih untuk bekerja sama dengan salah satu profiler terbaik, Oh Hyun Jae (Jang Hyuk), yang menghilang pasca peristiwa traumatis. 

Keduanya bekerja keras untuk mengungkap dalang di balik serial killer Peppermint, kasus rumit yang menewaskan tunangan Hyun Jae. 

10. Tomorrow with You

Memasangkan Shin Min Ah dan Lee Je Hoon, drama Korea garapan Yoo Je Won berfokus pada karakter utama pria bernama Yoo So Joon. Ia digambarkan memiliki kekuatan untuk berpindah ke masa depan dan kembali ke masa saat ini. 

So Joon, CEO perusahaan properti ternama yang sukses berkat kemampuan supernya itu. Ia dengan mudah mengetahui dinamika bisnis karena mengetahuinya dari masa depan. Kemampuan ini juga yang mempertemukannya dengan perempuan cantik, Song Ma Rin. 

Kemampuan So Joon berpindah-pindah dimensi waktu memberi masalah serius yang bisa menghilangkan nyawa seseorang. 

11. Psychokinesis

Beralih ke film, Psychokinesis memiliki alur kisah yang mirip dengan drama Korea, Moving. Sang karakter utamanya mempunyai kekuatan terbang sama seperti kekuatan Kim Bong Seok, yaitu bisa terbang. 

Dalam Psychokinesis, Ryu Seung Ryong memerankan karakter Shin Seok Heon, karakter satpam yang berkemampuan telekinesis dan terbang. Kekuatan super ini didapatkan Seok Heon usai meminum air pegunungan yang terkena meteor. 

12. Haunters

Bertema kekuatan super, Haunters menjadi film Korea yang tembus 2.1 juta penonton di bioskop Korea pada 2010 silam. Film arahan sutradara Kim Min Suk menceritakan sosok Cho In (Kang Dong Won), yang mampu mengontrol pikiran orang lain melalui mata. 

Di sisi lain, ada Gyu Nam (Go Soo) yang dapat memblokir kekuatan Cho In. Mempunyai latar belakang yang serupa, mereka bertemu dan bertarung habis-habisan. Siapakah yang akan menang?

13. My Mighty Princess

Dibintangi Shin Min Ah, My Might Princess juga mirip dengan Moving. Alurnya berkisar tentang Kang So Hwi, sosok perempuan cantik dengan kemampuan bela diri dan kekuatan super. 

Mirisnya, kekuatan super tersebut membuat So Hwi ditakuti dan dijauhi oleh orang-orang sekitar. Ada satu momen saat Ia jatuh hati dengan Joo Mo (Yoo Gun), atlet tim hoki es. Ia rela menanggalkan segalanya demi mendapatkan hati gebetannya. 

Di depan Joon Mo, So Hwi berusaha tampil sebagai perempuan biasa. Namun, cintanya bertepuk sebelah tangan. Konflik mulai terjadi saat ayahnya dibunuh dan kekuatan super yang disembunyikan So Hwi harus terbongkar.

Memiliki kekuatan super tidak membuat hidup terasa mudah. Banyak masalah yang harus dihadapi para tokoh, namun tak gentar untuk menyelesaikannya. Jika diberi kesempatan, kekuatan super apa yang ingin kamu miliki? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration