Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Fakta Lagu FRI(END)S, V 'BTS' Gandeng Sutradara Pro Palestina

V 'BTS' sibuk wamil, tapi karyanya tetap mendunia

Ajenk Rama

Sibuk wamil, tapi karya tetap jalan! Itulah gambaran seorang V 'BTS' saat ini yang baru saja mengeluarkan single teranyar berjudul FRI(END)S. Lagu yang bermakna galau itu langsung viral di media sosial, khususnya TikTok.

Saat proses pembuatan video, V 'BTS' sangat memperhatikan detail yang ingin ditampilkan ke publik. Mulai dari model video musik, sinematografinya, hingga sosok sutradara yang menggarap video musik FRI(END)S.

ARMY menemukan bahwa penyanyi kelahiran Desember 1995 itu menggandeng sutradara Pro Palestina utuk penggarapan MV-nya. Nah, apa saja fakta seru di balik FRI(END)S, lagu galau V 'BTS' yang terjebak friendzone? Menyadur berbagai sumber, intip bocorannya di bawah ini. 

V 'BTS' ditemani aktris cantik asal Inggris

Allkpop.com

Dalam video musik FRI(END)S, V 'BTS' ditemani oleh aktris cantik berkebangsaan Inggris bernama Ruby Sear sebagai model MV tersebut. Visual Ruby Sear telah menjadi topik hangat sejak HYBE Labels merilis flash video untuk lagu FRI(END)S. 

Di dunia hiburan, nama Ruby Sear belum dikenal publik. Tapi, dara cantik berusia 23 tahun ini banya terlibat di sejumlah serial atau film. Ruby Sear pernah membintangi film Released from Fear: A Restorative Justice Story (2015) dan The Gentlemen (2024),  

Putri dari Juliet Sear ini juga pernah menyutradarai Code Switching, sebuah film pendek di tahun 2019, serta turut andil dalam film pendek lain berjudul When Fate Calls. Kehadiran Ruby Sear di samping V 'BTS' sukses membuat ARMY mengiri, karena chemistry mereka yang natural bak sepasang kekasih. 

Adanya keterlibatan sutradara pro Palestina

Allkpop.com

Sekali lagi, V 'BTS' membuat bangga ARMY (sebutan fandom BTS) yang menggandeng Samuel Bradley untuk menggarap video musik FRI(END)S. Namanya terpampang jelas di kolom kredit lagu teranyar milik V 'BTS'. 

Menyadari hal itu, ARMY berbondong-bondong mencari tahu rekam jejak dan kebenaran sang sutradara yang pro Palestina. Usai ditelusuri, ARMY menemukan fakta mengejutkan bahwa Bradley tampaknya menentang genosida dan memberikan pembelaan kepada Palestina. 

Fakta ini terlihat dari unggahan Instagram Story-nya dan akun-akun Pro Palestina yang diikuti oleh sang sutradara. Pemilihan V terhadap Bradley dirasa sangat tepat oleh ARMY. 

Menyuguhkan keberagaman kisah romansa

Allkpop.com

Karya berdurasi lebih dari 4 menit menuai respon positif, karena menyuguhkan beragam kisah romansa manusia. V 'BTS' seolah mengajak penggemar untuk melihat romansa dari berbagai ras hingga kisah cinta cukup berani mengenai pasangan LGBTQIA+. 

Tampaknya, V 'BTS' ingin mengubah stigma negatif publik terhadap hal-hal yang selama ini dianggap tabu lewat lagu terbarunya. FRI(END)S menjadi lagu dengan video musik yang direkam di Britania Raya, serta mengusung konsep dark jokes

V 'BTS' menyiapkan lagu sebelum wamil

Allkpop.com

FRI(END)S adalah lagu bergenre pop soul R&B yang berlirik lagu full bahasa Inggris. Dalam sebuah wawancaranya, V 'BTS' mengaku bahwa dirinya telah menyiapkan lagu tersebut sejak Desember 2023.

Artinya, sesaat sebelum dirinya menjalankan tugas negara. Saat itu, Ia mencari lagu yang tepat untuk dibagikan ke ARMY sebagai kejutan manis di tengah wajib militernya. Lalu, Ia mengunggah sebuah film pendek, yang menanda single terbarunya pada 6 Maret 2024.

Mendominasi tangga lagu iTunes di seluruh dunia

Allkpop.com

Dalam hitungan hari, lagu FRI(END)S milik V 'BTS' mencetak prestasi mengaggumkan. Di tanggal 15 Maret, saat perilisan perdana, single tersebut telah mendominasi tangga lagu iTunes di seluruh dunia. 

Lagu ini telah bertengger di posisi puncak iTunes di 87 wilayah berbeda, termasuk Amerika Serikat. Tak hanya itu, FRI(END)S menjadi lagu debut dengan jumlah streaming terbanyak oleh artis pria Korea Selatan tahun 2024 di Spotify.

Saat ini, video musiknya telah ditonton sebanyak 12 juta kali dan mendapatkan 2 juta likes, serta menduduki posisi kedua Trending for Music di YouTube. 

Muncul pesan penuh makna dari MV FRI(END)S

Allkpop.com

Saat menonton video musik, penonton seperti diundang masuk ke dalam hidup hopeless romantic dari V 'BTS'. Lagu ini menghadirkan kisah menarik dan jenaka, yang terdiri dari tiga bagian. 

Bagian pertama, V 'BTS' memperlihatkan sosok lajang yang mengenaskna di tengah para pasangan yang berbagi kasih. Di akhir kisah, Ia mati ditabrak oleh mobil. Kemudian, V 'BTS' terbangun dan menjalani kehidupan kedua dengan awal kisah lebih bahagia. 

Ia memiliki sepasang kekasih yang penuh perhatian dan hangat. Mereka tampak bahagia di tengah pasangan lain bersiteru. Tapi pada akhirnya, V 'BTS' kembali mati untuk kedua kalinya. 

Bagian terakhir cukup plot twist, karena V 'BTS' kembali hidup, tetapi tidak ditemani sosok kekasih, melainkan dirinya sendiri. Akhir kisah lagu FRI(END)S mengisyaratkan bahwa ada atau tidaknya pasangan, Ia tetap nyaman dan mencintai dirinya sendiri. 

Sebuah makna yang mengingatkan pentingnya self love, karena kebahagiaan itu tidak bergantung pada kehadiran orang lain dan jangan mengikuti standar kehidupan orang lain. 

Nggak hanya visual V 'BTS' yang keren, tapi sinematografi sampai lirik lagunya pun ngena banget di hati. Kalau kamu sendiri, memaknai lagu FRI(END)S dari V 'BTS' gimana, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration