Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tanaman Hias yang Aman Bagi Anabul

Anabul bisa keracunan jika menelan beberapa jenis tanaman

Aisyah Banowati

Anyelir, bunga krisan, dahlia, peony, lily, dan tulip adalah beberapa jenis bunga dan tanaman yang berbahaya untuk anjing dan kucing, a.k.a. anabul. Saat anjing atau kucing tak sengaja menggigit atau bahkan menelannya potongan dari tanaman di atas, bisa-bisa mereka terkena diare, lesu, muntah, tremor, kejang, hingga keracunan. 

Namun, jika kamu pemilik anjing atau kucing yang juga gemar merawat tanaman hias, ada beberapa jenis tanaman hias yang aman untuk hewan peliharaan. Selain tak perlu khawatir jika anjing dan kucing menelan daun atau akarnya, kehadiran tanaman hias ini juga dapat mempercantik rumah.

Berikut jenis tanaman hias yang aman dirawat oleh para pemilik anjing dan kucing. 

1. African Violet

housing.com

Bernama latin Saintpaulia, bunga ini masuk ke dalam genus Streptocarpus. Bunga African Violet merupakan tanaman hias yang berasal dari hutan hujan tropis Tanzania dan Kenya. Tanaman hias ini memiliki bunga berwarna ungu yang mampu tumbuh sepanjang tahun dengan ukuran sekitar 6 cm-15 cm.

2. Baby Tears

thespruce.com

Tanaman Baby Tears punya daun berbentuk bulat dengan batang pendek yang penuh daging. Cara merawat tanaman ini cukup mudah, kamu dapat meletakkannya di samping jendela bertirai karena daun Baby Tears akan mudah terbakar jika terlalu sering terpapar sinar matahari langsung. Siram Baby Tears saat tanah di permukaan mulai mengering dan buang air yang terkumpul di piring pot agar akar tidak terendam.

3. Chinese Money Plant

gardenbetty.com

Menurut kepercayaan feng shui, Chinese Money Plant atau Pilea Peperomioides adalah salah satu tanaman yang dianggap membawa keberuntungan. Tanaman ini berasal dari Tiongkok Selatan dengan daun yang bentuknya bulat seperti koin. Tanaman ini dijual dengan bebas di pasaran, sehingga kamu dapat dengan mudah menemukan bibit Chinese Money Plant di toko tanaman terdekat.

4. Echeveria

gardeningknowhow.com

Berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Meksiko, tanaman Echeveria memiliki daun dan batang yang berdaging tebal serta menyimpan air. Taman ini memerlukan banyak cahaya, setidaknya dalam sehari Echeveria perlu menerima paparan cahaya matahari selama empat sampai lima jam. Agar akarnya tidak membusuk, pemilik Echeveria perlu memastikan air tidak menggenang di dalam pot serta segera menyiramnya jika tanah mulai mengering.

5. Spider Plant

bhg.com

Spider Plant punya daun tipis yang panjang melengkung berwarna hijau pekat. Terdapat dua varietas paling umum. Pertama, Vittatum yang memiliki daun hijau dengan garis putih pudar di bagian tengah. Kedua adalah daun dengan pinggiran putih dan garis hijau di bagian tengah bernama Variegatum.

6. Gloxinia

allaboutgardening

Bunga Gloxinia diketahui berasal dari Brazil dengan bentuk bunga menyerupai terompet. Bunga ini menyukai iklim hangat sekitar 17 dan 25 derajat celcius. Tanaman ini juga menyukai tempat yang teduh. Saat menyiramnya pastikan air tidak menggenang agar akar tidak membusuk. 

7. Areca Palm (Palem Kuning)

trees.com

Kabarnya, tumbuhan bernama latin Dypsis Lutescens ini dianggap sebagai tumbuhan yang terancam punah di tempat asalnya, Madagaskar. Meski demikian, tanaman ini banyak disukai sebab dapat mempercantik ruangan.

Pemiliknya biasa meletakan Areca Palm di dekat jendela agar dapat menerima cahaya matahari dengan baik. Selain itu, tanaman ini memiliki tingkat pertumbuhan yang lambat sehingga sang pemilik tak perlu repot melakukan pemangkasan rutin.

8. Calathea

thesill.com

Punya daun hijau dengan corak garis, kecantikan tumbuhan Calathea berhasil menarik atensi para pencinta tanaman hias. Masuk ke dalam genus Marantaceae, uniknya Calathea dikenal sebagai tanaman doa. Hal ini disebabkan karena Calathea akan menggerakan daunnya di malam hari dan menurunkannya di siang hari sesuai dengan ritme sirkadian.

9. Haworthia

apartmenttherapy.com

Haworthia adalah sukulen (tanaman kaktus) yang masih berkerabat dengan lidah buaya. Tanaman ini hanya memerlukan satu kali penyiraman dalam satu bulan. Berasal dari Afrika Selatan, Haworthia masuk ke dalam keluarga Asphodeloideae dan dapat tumbuh subur di kondisi iklim yang relatif kering.

10. Polka Dot Plant

parade.com

Berasal dari Madagaskar, Polka Dot Plant atau Hypoestes phyllostachya adalah salah satu jenis tanaman hias yang memiliki banyak penggemar. Keberadaan Polka Dot Plant dengan daun berwarna merah mudah yang berpadu dengan dot (titik) hijau dapat mempercantik ruangan. Masalah yang sering menimpa pemilik Polka Dot Plant adalah akar yang busuk, sehingga tanaman ini perlu mendapat penyiraman yang tepat.

Melansir dari The Spruce, itulah sepuluh tanaman hias yang aman dirawat jika memelihara kucing atau anjing di rumah. Selain dapat mempercantik ruangan, tanaman di atas juga memiliki perawatan yang relatif mudah.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration