Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Highlights Grammy Awards 2024, Ada yang Ditangkap Polisi!

Dari Taylor Swift mau rilis album baru hingga penangkapan!

Aisyah Banowati

Hari ini, di Crypto Arena baru saja terselenggara Grammy Awards 2024. Meski hujan sempat mengguyur Los Angeles yang biasa gersang, acara tetap berlangsung meriah sampai akhir. Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun ini terdapat tiga kategori baru, yakni Best African Music Performance, Best Alternative Jazz Album, dan Best Pop Dance Recording. 

Untuk kamu yang ketinggalan siaran langsung dari pertunjukan Grammy Awards ke-66 ini, POPBELA telah merangkum highlights seru sepanjang acara. Mulai dari penghargaan Grammy pertama yang diterima Miley Cyrus, rapper Killer Mike yang ditangkap polisi setelah memboyong tiga penghargaan, hingga pengumuman dari peluncuran album terbaru Taylor Swift di bulan April.

Masih ada apa saja di Grammy Awards 2024? Let’s check this out!

1. Nominasi terbanyak di Grammy Awards 2024

instagram.com/recordingacademy

Tahun ini, penyanyi SZA memboyong nominasi terbanyak dengan sembilan nominasi, termasuk yang utama, Album of The Year. Dari sembilan nominasi, dirinya berhasil memboyong tiga di antaranya yaitu Best R&B Song, Best Progressive R&B Album, dan pertunjukan duo atau grup pop terbaik bersama Phoebe Bridgers untuk “Ghost in the Machine”.

Selain SZA, musisi Victoria Monét dan Phoebe Bridgers serta engineer/mixer Serban Ghenea masing-masing masuk ke dalam tujuh nominasi. Lalu, ada Jack Antonoff, Batiste, Boygenius, Brandy Clark, Miley Cyrus, Billie Eilish, Olivia Rodrigo, serta Taylor Swift yang masing-masing masuk ke dalam enam nominasi. 

2. Taylor Swift mengumumkan perilisan album terbarunya pada bulan April

instagram.com/recordingacademy

Sempat dikabarkan tak dapat menghadiri Grammy Awards 2024, pada akhirnya Taylor Swift muncul dengan gaun putih dan sarung tangan hitamnya. Kali ini, dirinya berhasil membawa pulang penghargaan Best Pop Vocal Album sekaligus Album of The Year lewat Midnights yang rilis pada 2022 lalu. 

Kemenangan Taylor Swift ini membuatnya memecahkan rekor sebagai musisi dengan perolehan penghargaan terbanyak dalam kategori Album of The Year. Pada kesempatan ini, ia turut mengumumkan perilisan album terbaru pada 19 April bertajuk The Tortured Poet’s Department

Baru saja mengumumkan akan kembali melahirkan album baru, penggemar berhasil dibuat teriak kegirangan sebab Taylor langsung merilis sampul depan dari album mendatang di sosial media miliknya. 

3. Kemenangan pertama Miley Cyrus

instagram.com/recordingacademy

Finally… . The wait is over!!

Pada perayaan Grammy Awards ke-66 ini Miley Cyrus berhasil memenangkan Grammy pertamanya dengan perolehan penghargaan Record of the Year untuk hits-nya “Flower”

Saat perilisannya, “Flower” berhasil menduduki puncak Billboard Hot 100 selama delapan minggu dan memecahkan rekor Spotify untuk lagu dengan streaming terbanyak dalam satu minggu. 

Namanya juga turut memenangkan Best Pop Solo Performance yang membuatnya memboyong dua penghargaan dari enam nominasi yang melibatkan namanya.

4. Rapper Killer Mike ditangkap polisi usai memenangkan 3 Grammy

instagram.com/killermike

Di tengah-tengah kemeriahan perayaan Grammy Awards 2024, rapper Killer Mike mendadak diborgol lalu dikawal polisi keluar dari Crypto Arena. Sayangnya, sampai saat berita ini disiarkan belum jelas terkait pelanggaran apa yang diperbuatnya.

Sebelum tertangkap, Killer Mike baru saja menerima tiga penghargaan dari Grammy Awards 2024. Dirinya berhasil memboyong Best Rap Song dan Best Rap Performance untuk lagu "Scientists and Engineers", serta Best Rap Album untuk Michael.

5. Barbenheimer yang tak pernah surut

instagram.com/recordingacademy

“What Was I Made For?” yang dibawakan oleh Billie Eilish O’Connell dan Finneas O’Connell berhasil meraih Best Song Written for Visual Media dalam Grammy Awards 2024. Di sisi lain, Billie Eilish berhasil menyabet penghargaan Song of The Year lewat lagu yang sama. 

Selain itu—tampaknya Barbie dan Oppenheimer benar-benar tak terpisahkan—scoring Oppenheimer yang dikerjakan oleh Ludwig Göransson berhasil memenangkan Best Score Soundtrack for Visual Media (Includes Film And Television).

6. Karol G berhasil memenangkan Best Música Urbana Album

instagram.com/recordingacademy

Musisi Karol G berhasil menjadi perempuan pertama yang memenangkan Best Música Urbana Album lewat Mañana Será Bonito. Kemenangannya kali ini menambah daftar panjang penghargaan yang pernah diterimanya, termasuk lima Latin Grammy Awards dan empat Billboard Music Awards. 

Disebut-sebut sebagai tokoh paling berpengaruh dalam musik latin pada generasi ini, Karol G mengungkapkan rasa terima kasihnya pada penggemar dari atas panggung Grammy Awards 2024. 

“Halo semuanya, nama saya Karol G. Saya dari Medellín, Kolombia. Ini pertama kalinya saya di Grammy dan ini pertama kalinya saya menyelenggarakan Grammy saya sendiri. Penggemarku yang datang dan menikmati albumku, mendapatkan motivasi dan inspirasi bersamaku, serta menyembuhkanku, terima kasih banyak. Saya berjanji untuk selalu memberikan yang terbaik dan saya harap ini adalah yang pertama dari banyak hal. Jadi, terima kasih semuanya.” 

7. Best African Music Performance untuk Tyla

instagram.com/recordingacademy

Tyla, musisi asal Afrika Selatan berusia 22 tahun, berhasil memboyong Grammy pertamanya untuk kategori baru yaitu Best African Music Performance. Dirinya harus bersaing ketat dengan Asake, Davido, Burna Boy, Olamide, Ayra Starr, dan Musa Keys. Namun, pada akhirnya, daya tarik dari “Water” berhasil mengantarkannya pada kemenangan. 

Sebelum meraih Grammy, tahun lalu, “Water” berhasil menduduki Billboard Hot 100 yang mencapai peringkat ketujuh. Pencapaiannya ini menjadikan Tyla sebagai musisi solo perempuan Afrika dengan peringkat tertinggi sepanjang sejarah Billboard. Bahkan, “Water” berhasil menduduki No. 1 di Billboard US Afrobeats Songs serta tangga lagu Hip-Hop/R&B.

8. Kehadiran Celine Dion mendapat standing applause

instagram.com/recordingacademy

Salah satu kejutan yang dipersiapkan Grammy Awards 2024 adalah kehadiran Celine Dion untuk membacakan nominasi Album of The Year. Melihat kehadiran sang diva yang disebut oleh MC Grammy empat kali berturut-turut, Trevor Noah, para musisi dan tamu yang hadir langsung berdiri untuk memberikan tepuk tangan. 

Kehadiran Celine Dion menjadi kali pertamanya kembali ke hadapan publik setelah mengumumkan bahwa dirinya mengidap Stiff-Person Syndrome. Sejauh ini, para penggemar selalu mendapat kabar mengenai kondisi sang penyanyi lewat informasi yang disiarkan oleh saudara perempuan Celine, Claudette Dion.

9. Mantan ibu negara Amerika Serikat memenangkan Grammy kedua

instagram.com/michelleobama

Jika ditotal, pada perayaan Grammy Awards ke-66 terdapat 94 kategori, termasuk Best Audiobook. Tahun ini, nama Michelle Obama dan Meryl Streep hadir untuk bersaing memperebutkan penghargaan tersebut. 

Pada akhirnya, kemenangan berhasil diraih oleh istri dari Barack Obama itu lewat The Light We Carry: Overcoming In Uncertain Times. Bukan menjadi kali pertama memenangkan Grammy, sebelumnya Michelle Obama berhasil memboyong Grammy pertamanya dalam kategori yang sama lewat Becoming

10. Phoebe Bridgers memboyong piala Grammy terbanyak

instagram.com/recordingacademy

Nama Phoebe Bridgers tercatat masuk ke dalam tujuh nominasi dalam Grammy Awards 2024. Hasil akhir menunjukkan jika dirinya berhasil memboyong empat penghargaan termasuk Best Pop Duo/Group Performance bersama SZA dalam lagu “Ghost In The Machine”

Selain itu, musisi rock indie asal Amerika ini turut mendapat penghargaan untuk Best Rock Performance, Best Rock Song untuk “Not Strong Enough”, dan Best Alternative Music Album untuk The Record yang diraih oleh grup musik yang dibentuknya bersama Julien Baker dan Luci Dacus bernama boygenius.

Itulah sepuluh Highlights Grammy Awards 2024. Highlight mana yang paling buat kamu terkejut saat membacanya? Komen di bawah, yuk!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration