Nggak terasa sebentar lagi lebaran akan tiba! Semua orang tentunya ingin ikut menyambut Hari Raya dengan penuh suka cita, bukan? Mudik, belanja baju lebaran, dan bagi-bagi THR menjadi kebiasaan yang nggak bisa dilewatkan setiap tahunnya. Eit, tahan dulu, Bela. Kamu harus bisa mengerem pengeluaranmu agar nggak terkuras begitu saja. Nggak mau kan kembali menahan lapar di akhir bulan kan?

Praktikkan Cara Ini agar Tetap Hemat Selama Lebaran!

Ketemu keluarga besar, nggak enak rasanya bila hanya membawa tangan kosong. Belum lagi harus memberi barang untuk saudara yang jarang bertemu. Duh, pusing! Nah, daripada bingung memikirkan oleh-oleh yang harus dibeli, kamu bisa lho membuat buah tangan sendiri! Selain lebih hemat biaya, kamu pun bisa pamer keahlian, baik itu memasak atau bahkan menjahit kain.

Praktikkan Cara Ini agar Tetap Hemat Selama Lebaran!

Pulang ke kampung halaman menjadi tradisi spesial di negara ini. Nggak heran, harga tiket pesawat atau kereta menjadi naik berkali-kali lipat di Hari Raya Idul Fitri. Biar kamu nggak terbebani biaya pulang dan pergi, kamu bisa mengakalinya dengan membeli tiket dari jauh hari dengan harga normal dan lebih murah dari harga musim liburan.

Praktikkan Cara Ini agar Tetap Hemat Selama Lebaran!

Selain memesan tiket dari jauh hari, kamu juga harus rajin-rajin memantau promosi tiket di sosial media, nih! Biasanya, beberapa maskapai menawarkan promosi menarik yang bisa memangkas biaya mudik kamu, meski sedang dalam masa liburan. Lumayan untuk tabungan bukan?

Praktikkan Cara Ini agar Tetap Hemat Selama Lebaran!

Sudah bekerja, mungkin kini saatnya kamu membagikan THR pada sepupu yang masih kecil. Jangan khawatir! Kamu tetap bisa, kok, menghemat biaya meskipun dibagikan ke orang lain. Batasi pengeluarkan kamu untuk THR dan memecahnya dalam nominal yang lebih kecil seperti Rp5-20 ribu. Nggak perlu gengsi karena hanya bisa memberikan sedikit uang. Cukup memasukan uang ke amplop dengan gambar yang lucu, mereka juga akan senang kok. Ketulusan lebih penting daripada sekedar nominal angka bukan?

Praktikkan Cara Ini agar Tetap Hemat Selama Lebaran!

Identik dengan baju baru, sebenarnya lebaran nggak perlu menghabiskan banyak uang, lho! Ingat, hari raya sebenarnya hanya sehari sehingga kamu nggak perlu membeli belasan pasang baju untuk persiapannya. Psst... sebenarnya kamu boleh, kok, menggunakan baju lama yang sudah nggak pernah kamu pakai lagi karena keluarga besar kamu belum tentu sadar bahwa itu baju yang sudah pernah dipakai! Asalkan bersih dan rapi, mereka tetap akan memuji perubahan penampilan kita yang sudah lama nggak bertemu!

Praktikkan Cara Ini agar Tetap Hemat Selama Lebaran!

Nggak pede mengenakan baju lama untuk lebaran? Tenang saja! Kamu bisa menyulapnya kembali baru dengan menambahkan aksesoris yang sedang in. Patch lucu, syal cantik, atau bahkan merombaknya ke tukang jahit sehingga penampilan kamu berbeda dan tetap tampak segar. Voila, kamu akan jadi pusat perhatian keluarga besar, deh!

Praktikkan Cara Ini agar Tetap Hemat Selama Lebaran!

Mencoba restoran baru setiap pergi ke luar kota? Coba deh ganti kebiasaan itu! Coba deh wisata kuliner makanan lokal yang nggak kalah enak selama di kampung halaman. Daripada mencoba makanan yang pasti ada di kota asalmu, ajak saja saudara-saudara untuk berburu masakan khas daerah dari warung tenda atau bahkan gerobak agar semakin seru. Jangan salah, selain harganya yang ramah di kantong, kuliner lokal juga bisa memiliki rasa lebih otentik dibandingkan restoran, lho!

Praktikkan Cara Ini agar Tetap Hemat Selama Lebaran!

Libur lebaran emang semakin lengkap kalau kita bisa mengunjungi daerah wisata bersama keluarga besar. Tapi ingat, harga tiket yang mahal dan suasana yang padat justru membuat kamu dan keluarga kehilangan momen kebersamaan. Daripada hanya capek di jalan, kamu bisa mengadakan acara seru di rumah bersama mereka. Sungkeman, main kartu, atau bahkan masak bersama juga bisa membuat kamu dan keluarga semakin dekat loh.

Nah, tetap seru kan libur lebaran tanpa mengkhawatir keuangan yang akan jebol. Kalau ada sisa, jangan lupa segera ditabung, ya, Bela!

 

BACA JUGA: Biar Nggak Bosan, Ini yang Bisa Kamu Lakukan Saat Dalam Perjalanan Mudik