Kucing merupakan salah satu hewan domestik yang paling banyak dipelihara. Tingkahnya yang lucu, sulit ditebak dan terkadang aneh, membuat kamu terhibur saat melihatnya. Tidak hanya pola makan yang perlu diperhatikan, namun kebersihannya, tempat membuang kotoran kucing, hingga rutin memeriksa kesehatannya juga perlu kamu lakukan.

Bahkan bulu kucing juga mudah mengalami kerontokan. Inilah mengapa kamu perlu melakukan perawatan yang tepat, agar bulu kucing kamu tumbuh dengan sehat dan lebat. 

Untuk itu, Popbela telah merangkum cara melebatkan bulu kucing dengan bahan alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Perhatikan kebersihan kandang

7 Tips Melebatkan Bulu Kucing Dengan Bahan Alami freepik.com_svbalan

Untuk menjaga kesehatan bulu kucing, yang pertama kali harus kamu lakukan adalah menjaga kebersihan kandang. Bersihkanlah kandang kucing minimal satu kali dalam seminggu. Taruh kandang di tempat yang mendapat cukup sinar matahari. Kucing tidak menyukai tempat yang dingin atau terlalu panas. Suhu ideal yang disukainya berkisar 37 derajat sampai 38 derajat.

2. Memerhatikan makanan yang dikonsumsi

7 Tips Melebatkan Bulu Kucing Dengan Bahan Alami mybritishshorthair.com

Salah satu faktor yang membuat kucing memiliki bulu yang lebat, adalah makanan yang dikonsumsinya. Untuk menjaga kesehatannya, kamu perlu memberikan kucing kamu makanan dengan gizi seimbang dan mengandung protein, karbohidrat dan lemak. Beri juga tambahan vitamin yang dapat kamu beli di petshop terdekat.

3. Memberikan kuning telur

7 Tips Melebatkan Bulu Kucing Dengan Bahan Alami pxfuel.com/jnmgz

Kucing juga menyukai kuning telur, lho! Selain itu, kuning telur mengandung enzim avidin yang mampu mengoptimalkan vitamin B, yang bagus untuk kesehatan kucing. Berikan maksimal 3x dalam seminggu, agar hasilnya optimal, ya!

4. Mengonsumsi minyak ikan

7 Tips Melebatkan Bulu Kucing Dengan Bahan Alami freepik.com

Salah satu tips untuk melebatkan bulu kucing adalah, dengan memberikannya minyak ikan 1x dalam seminggu. Minyak ikan mengandung omega 3, yang bagus untuk menjaga kesehatan bulu kucing. Tambahkan juga omega 6, yang bisa kamu dapatkan dari kulit ayam dan minyak sayur untuk hasil yang maksimal.

5. Mandikan kucing

7 Tips Melebatkan Bulu Kucing Dengan Bahan Alami iStockphoto

Kucing sangat suka bermain dan berguling-guling, jadi kamu perlu memperhatikan kebersihan bulu dan kulitnya. Pada dasarnya, kucing akan membersihkan dirinya sendiri. Namun, kamu perlu memandikan kucing peliharaan setidaknya satu kali dalam sebulan. Gunakan sampo dan sabun khusus untuk kucing, agar bulunya tidak rontok, ya!

6. Rajin menyisir bulu kucing

7 Tips Melebatkan Bulu Kucing Dengan Bahan Alami freepik.com

Setelah memandikannya dengan bersih, sisir bulu kucing agar tidak kusut. Saat menyisir, bulu kucing yang rontok akan berjatuhan, sehingga memudahkan pertumbuhan bulu baru. Kucing sangat suka disisir, jadi kamu dapat rutin menyisir bulu kucing tanpa perlu memandikannya terlebih dahulu.

7. Jangan sampai stres

7 Tips Melebatkan Bulu Kucing Dengan Bahan Alami hvc.cat

Faktor penghambat pertumbuhan bulu kucing, terjadi saat hewan peliharaan kamu tengah merasakan stres. Saat stres, nutrisi tidak dapat terserap baik. Agar bulu kucing tumbuh lebat, hindari keadaan yang membuat kucing kamu merasa stres dan cemas. Kucing dapat merasakan stres, saat adanya perubahan mendadak dalam lingkungan mereka. Ajaklah kucing kamu bermain, untuk membantunya beradaptasi.

Itulah cara menjaga kelebatan bulu kucing agar tetap sehat dan bersih. Kucing dengan bulu yang lebat, akan terlihat semakin menggemaskan. Namun, jika terjadi kerontokan parah, kamu perlu membawa kucing ke dokter hewan, untuk mengetahui penyebabnya.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Kucing Angora, Buat Kamu Pencinta Kucing 

Baca Juga: 7 Tips Cara Merawat Kucing Persia agar Jauh dari Penyakit dan Kutu

Baca Juga: 13 Kelakuan Kucing Dijamin Bikin Ngakak Sampai Nangis, Pas Buat Meme!