Tentunya, kamu sudah tidak asing lagi mendengar lagu dengan lirik yang mengandung semangat juang tinggi, seperti "Gugur Bunga" dan "Rayuan Pulau Kelapa". Tapi tahukah kamu, kalau kedua lagu legendaris tersebut diciptakan oleh Ismail Marzuki? Ia adalah seorang komponis legendaris Indonesia yang namanya wajib masuk dalam pelajaran sejarah di sekolah. 

Setelah 27 tahun mendedikasikan dirinya dalam dunia musik, Ismail Marzuki berhasil menciptakan 250 lagu. Berbagai penghargaan disematkan kepadanya, salah satunya, Piagam Wijayakusuma yang diberikan langsung oleh Presiden Soekarno pada hari kemerdekaan Republik Indonesia (17/08/1961). 

Berkat kontribusinya yang besar di Indonesia, Ismail Marzuki dianugerahi gelar pahlawan pada tahun 2004. Untuk mengenang sosoknya, namanya dijadikan nama taman di Jakarta, yaitu, Taman Ismail Marzuki (TIM). 

Agar kamu semakin mengenalnya, inilah sejarah singkat dan 10 lagu populer yang diciptakan oleh Ismail Marzuki, yang telah Popbela rangkum dari berbagai sumber.

Sejarah singkat kehidupan Ismail Marzuki

10 Lagu Populer Ismail Marzuki yang Harus Kamu Tahuikj.ac.id

Ismail Marzuki lahir di Jakarta, tepatnya di tengah-tengah keluarga asli Betawi pada (11/05/1914). Kecintaannya pada musik diturunkan oleh ayahnya, seorang pemain rebana yang biasa disebut seni berdendang. Ismail Marzuki menghabiskan masa kecilnya untuk berlatih delapan instrumen musik, antara lain; harmonika, mandolin, gitar, ukulele, biola, akordeon, saksofon dan piano. 

Pada usianya yang ke-9 tahun, Ismail Marzuki bersama teman-temannya bergabung dengan perkumpulan musik Lief Java, yang sebelumnya dikenal dengan nama Rukun Anggawe Santoso. Di sini, dirinya banyak belajar untuk menciptakan lagu, mulai dari instrumental yang tepat untuk digunakan, serta belajar untuk menulis lirik lagu. 

10 Lagu Populer Ismail Marzuki yang Harus Kamu Tahuwikipedia.org

Pada tahun 1931, tepatnya saat Ismail Marzuki berusia 17 tahun, dirinya berhasil menciptakan lagu pertamanya berjudul "O Sarinah". Lagu ini mengandung lirik kuat dan berani, menceritakan kondisi bangsa Indonesia yang sedang tertindas saat itu. 

Lagu-lagu ciptaannya identik dengan lirik yang mengandung sisi nasionalisme dan romantisme, membuat siapa saja merinding ketika mendengarnya. Tidak hanya gemar menulis dan mengaransemen lagu, Ismail Marzuki juga suka mendengarkan musik mulai dari lagu pop hingga jazz, sampai lagu-lagu daerah.

Berikut ini daftar 10 lagu terbaik Ismail Marzuki yang patut kamu ketahui.

Lagu-lagu ciptaan Ismail Marzuki

1. O Sarinah (1931)

https://www.youtube.com/embed/wj5byMTUoQI

2. Gugur Bunga (1945)

https://www.youtube.com/embed/72GJk0XnWAU

3. Rayuan Pulau Kelapa (1944)

https://www.youtube.com/embed/BGTfFzlkhso

4. Juwita Malam (1948)

https://www.youtube.com/embed/LUEzm-k_NH0

5. Indonesia Pusaka (1949)

https://www.youtube.com/embed/jPz2pN1x1zM

6. Wanita (1948)

https://www.youtube.com/embed/lT60I7S7-6g

7. Sabda Alam (1956)

https://www.youtube.com/embed/GuS0ep-Si8I

8. Rindu Lukisan (1956)

https://www.youtube.com/embed/jz6368H2xQw

9. Halo Halo Bandung (1946)

https://www.youtube.com/embed/CsP0fx4Cz7U

10. Sepasang Mata Bola (1946)

https://www.youtube.com/embed/AyMyAN168Eo

Ismail Marzuki meninggal di Jakarta, tepatnya di usia 44 tahun (25/05/1958). Meski tak berumur panjang, namun jasa dan lagu ciptaannya akan dikenang sepanjang masa.

Baca Juga: Ini 11 Sosok Pahlawan Nasional Pembawa Perubahan Republik Indonesia

Baca Juga: Kehebatannya Melegenda, Ini 9 Pahlawan Perempuan Indonesia

Baca Juga: Punya Cara yang Unik, Ini 3 Sosok Pahlawan Perempuan Zaman Sekarang