Doa merupakan salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Allah SWT selalu mendengarkan doa hamba-Nya, bahkan yang hanya diucapkan di dalam hati. Sejatinya, manusia diciptakan dan diberi akal oleh Allah SWT, sudah sepantasnya, kita sebagai hamba-Nya hanya meminta dan bergantung kepada-Nya. 

Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa-doa hamba-Nya, hal ini tertulis di dalam Alquran surat Ghafir ayat 60,"Tuhanmu berkata, ‘Memohonlah kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan permohonanmu.'"

Namun, tidak semua doa dan harapan, Allah SWT kabulkan sesuai dengan keinginan kamu. Jika doa kamu tidak terkabul saat itu juga, Allah SWT telah menyiapkan waktu terbaik untuk mengabulkannya, atau menggantikannya dengan sesuatu yang lebih baik. Untuk itu, sebagai umat-Nya, kita harus terus berprasangka baik kepada Allah SWT.

Ingin Doa Terkabul? Baca 3 Doa Mujarab Ini Saat Sujud Terakhirfreepik.com/odua

Dalam hadist diriwayatkan, ada beberapa waktu terbaik untuk berdoa, salah satunya berdoa dalam sujud terakhir saat salat. “Adapun (di waktu) sujud maka bersungguh-sungguhlah untuk berdoa padanya, karena pantas untuk dikabulkan doamu (pada waktu itu).” (HR. Muslim)

Untuk itu, Popbela telah merangkum bacaan doa-doa saat sujud terakhir beserta kandungannya yang dapat kamu baca.

1. Memohon untuk wafat dalam keadaan husnul khatimah

Ingin Doa Terkabul? Baca 3 Doa Mujarab Ini Saat Sujud Terakhirfreepik.com

Doa yang dapat kamu baca saat sujud terakhir adalah, memohon kepada Allah SWT agar wafat dalam keadaan husnul khatimah. Bagi seorang muslim, wafat dalam keadaan husnul khatimah adalah sebuah kebanggaan. 

Ciri seorang muslim yang wafat dalam keadaan husnul khatimah, di antaranya, saat akan wafat mengucap kalimat syahadat, wafat karena perang membela agama dan negara, wafat karena wabah atau sedang hamil. 

Saat mengerjakan sujud terakhir, memohonlah kepada Allah SWT, agar dapat wafat dalam keadaan husnul khatimah, dengan membaca doa berikut. 

اللهم إني أسألك حسن الخاتمة

Allahumma inni as'aluka husnal khatimah

Artinya: "Ya Allah aku meminta kepada-Mu husnul khatimah."

2. Memohon untuk wafat dalam keadaan sudah bertobat

Ingin Doa Terkabul? Baca 3 Doa Mujarab Ini Saat Sujud Terakhirwww.freepik.com

Sebagai umat-Nya, seringkali kita melakukan dosa, baik yang kita sadari maupun tidak. Di hari Kiamat kelak, seluruh dosa akan dihitung dan kamu akan diberikan ganjaran, sesuai amalan yang telah dikerjakan. Sebelum wafat, alangkah baiknya, umat muslim untuk bertobat terlebih dahulu. 

Bertobat, artinya kita menyadari bahwa diri ini tidak luput dari kesalahan, serta memohon kepada Allah SWT untuk diampuni dosa-dosanya. Agar mendapat ampunan dari Allah SWT, inilah bacaan yang dapat kamu baca saat sujud terakhir. 

اللهم ارزقني توبتا نصوحا قبل الموت

Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut

Artinya: “Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat”

3. Memohon untuk wafat dalam agama-Nya

Ingin Doa Terkabul? Baca 3 Doa Mujarab Ini Saat Sujud Terakhirstock.adobe.com

Salah satu doa yang dapat kamu baca saat sujud terakhir adalah, meminta untuk wafat dalam keadaan beragama. Manusia tidak luput dari kesalahan dan kegoyahan iman. Untuk itu, sudah sepantasnya kita berdoa, agar hati dan iman selalu untuk-Nya, serta wafat dalam keadaan beragama. Dalam setiap sujud terakhir, kamu dapat memanjatkan doa ini. 

اللهم يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك

Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘ala diinika

Artinya:  “Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-MU”

Itulah tiga bacaan doa yang dapat kamu baca saat sujud terakhir dalam salat. Salah satu waktu paling mujarab untuk berdoa pada saat sujud terakhir. Hal ini dikarenakan, saat sujud adalah waktu paling dekat dengan Allah SWT. Maka sebagai hamba-Nya, kita dianjurkan untuk banyak memanjatkan doa selama sujud terakhir kepada Sang Pencipta. 

Baca Juga: Inilah 13 Doa Harian Beserta Artinya yang Mudah Dihafalkan

Baca Juga: 5 Doa untuk Meminta Keselamatan Dunia dan Akhirat

Baca Juga: Doa untuk Melancarkan Rezeki Suami, Bisa Coba Diamalkan!