Memiliki, membangun dan tinggal di rumah sendiri adalah impian setiap orang. Rumah yang baik adalah rumah yang bersih, rapi dan membawa berkah bagi penghuninya. Panjatkanlah doa, agar rumah yang ditempati dapat mendatangkan berkah. Berdoa tidak melulu panjang dan sulit dihafal, agar doa kamu cepat dikabulkan maka berdoalah dengan tulus dan bersungguh-sungguh. Inilah bacaan doa saat memasuki rumah menurut Islam yang harus kamu baca.

1. Surat Al Mu’minun ayat 29

5 Doa Saat Akan Masuk ke Dalam Rumah, Menurut Alquran & Hadisfreepik.com_mkitina4

Surat Al Mu’minun ayat 29, dapat dibaca agar memperoleh rezeki yang berkah sekaligus memohon untuk dilindungi dari segala marabahaya, baik yang terlihat maupun yang tidak. Dengan membaca surat Al Mu'minun, akan membawa ketenangan hati saat sedang gundah dan galau. 

وَقُل رَّبِّ أَنزِلْنِى مُنزَلًا مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْمُنزِلِينَ 

Wa qur rabbi anzilni munzalam mubarakaw wa anta khairul-munzilin 

Artinya : “Dan berdoalah: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati dan Engkau adalah sebaik-baik yang memberi tempat.”

2. Hadis Imam Muslim

5 Doa Saat Akan Masuk ke Dalam Rumah, Menurut Alquran & HadisGetty Images/Leo Patrizi

Saat ingin memasuki rumah baru, alangkah baiknya kita memanjatkan doa agar selalu dijaga dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dari Khaulah Binti Hakim RA berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Barang siapa yang menempati rumah kemudian dia berkata a’udzu bikalimatillahi al-taammaati min syarri maa khalaqa, maka tidak ada sesuatu pun yang mencelakainya sehingga dia pergi dari rumahnya itu.” (HR. Muslim) 

Adapun doa yang harus kamu panjatkan, adalah sebagai berikut

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَق

A’uudzu bi kalimaatillahit taamaati min syarri maa khalaq

Artinya : “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan.”

3. Hadis Abu Daud

5 Doa Saat Akan Masuk ke Dalam Rumah, Menurut Alquran & HadisGetty Images_Alex Liew

Saat menempati rumah yang baru dibangun, tentunya kita berharap keberkahan dari Allah SWT. Sebelum masuk rumah, ada baiknya kamu berdoa agar rumah kamu penuh keberkahan dan mengusir segala keburukan setan dan iblis.

Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah membuat rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surah Al Baqarah.” (HR. Muslim)

Bacaan yang dibaca saat memasuki rumah menurut hadis Abu Daud adalah, 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbanaa tawakkalnaa

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.”

4. Hadis Anas bin Malik

5 Doa Saat Akan Masuk ke Dalam Rumah, Menurut Alquran & Hadisshutterstock.com

Saat diberikan rezeki untuk membangun dan tinggal di rumah sendiri, jangan lupa untuk berdoa dan bersyukur kepada Allah SWT. Dengan bersyukur, kita senantiasa ingat bahwa apa yang kita nikmati saat ini adalah titipan sehingga menjauhkan diri dari sifat sombong. Inilah bacaan untuk mengungkapkan rasa syukur saat memasuki rumah.

مَا شَاء اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Masya Allah laa quwwata illa billah

Artinya : “Semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah.”

5. Doa keluar rumah

5 Doa Saat Akan Masuk ke Dalam Rumah, Menurut Alquran & Hadisfreepik.com/rawpixel-com

Tidak hanya saat akan memasuki rumah, saat keluar rumah pun kamu perlu membaca doa. Dengan membaca doa, artinya kita memohon kepada Allah SWT agar selalu melindungi dan memohon pertolongan dari-Nya.

Dengan berdoa, kita juga menjaga hubungan dengan Allah SWT  agar semakin dekat kepada-Nya. Inilah bacaan doa yang harus kamu panjatkan saat akan keluar rumah. 

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bismillahi tawakkaltu 'alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: "Dengan nama Allah (aku keluar). Aku bertawakal (berserah diri) kepada Allah, tiada daya upaya melainkan dengan izin Allah."

Itulah bacaan doa saat akan memasuki rumah menurut Alquran dan Hadis, agar selalu mendapat pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT. Sesungguhnya, kita adalah makhluk lemah di hadapan Allah SWT, jadi tidak perlu ragu saat memohon kepada-Nya.

Baca Juga: 9 Kumpulan Doa agar Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Baca Juga: Ingin Doa Terkabul? Baca 3 Doa Mujarab Ini Saat Sujud Terakhir

Baca Juga: Doa untuk Melancarkan Rezeki Suami, Bisa Coba Diamalkan!