Surat Al-Fatihah merupakan surat yang wajib dibaca saat melaksanakan salat. Bacaannya terdiri dari 7 ayat yang mudah dihafalkan. Surat Al-Fatihah artinya pembukaan, sama seperti keberadaannya sebagai surat pembuka dalam Alquran. 

Selain Al-Fatihah, surat ini juga dikenal sebagai Ummul-Kitab yang artinya induk kitab, Ummul-Quran yang berarti surat ini didahulukan dari surat lainnya, as-Sab'ul Matsani yang memiliki makna bahwa surat ini terdiri dari tujuh ayat dan yang terakhir Asy-Syifa atau Ar-Ruqyah. 

Membaca surat Al-Fatihah saat salat adalah kewajiban, sebab Rasulullah SAW bersabda, "Tidak sah salatnya orang yang tak membaca Surah Al-Fatihah," (H.R. Muslim). Agar mengetahui lebih dalam, inilah bacaan surat Al-Fatihah beserta terjemahan dan keutamaannya yang manfaatnya dapat dirasakan oleh seorang muslim.

Bacaan surat Al-Fatihah

Bacaan Surat Al-Fatihah, Beserta Arti dan Keutamannyafreepik.com

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Bismillahir-rahmanir-rahim

Artinya : "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Al-hamdu lillahi rabbil-‘alamin

Artinya : "Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam."

ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Ar-rahmanir-rahim

Artinya : "Maha Pemurah lagi Maha Penyayang."

مَٰلِكِ يَوْمِ ٱلدِّينِ

Maliki yaumid-din

Artinya : "Yang menguasai di hari pembalasan."

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in

Artinya : "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan."

ٱهْدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلْمُسْتَقِيمَ

Ihdinas-siratal-mustaqim

Artinya : "Tunjukilah kami jalan yang lurus,"

صِرَٰطَ ٱلَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ ٱلْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ

Siratallazina an’amta ‘alaihim gairil-magdubi ‘alaihim wa lad-dallin

Artinya: "(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat."

Keutamaan surat Al-Fatihah

Digunakan sebagai bacaan rukiah

Bacaan Surat Al-Fatihah, Beserta Arti dan Keutamannyafreepik.com

Salah satu keutamaan surat Al-Fatihah yaitu dibaca saat sedang merukiah. Rukiah adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan guna-guna atau sihir, yang biasanya tanpa sadar menyerang seseorang. 

Hal ini dijelaskan dalam hadis Bukhari dan Muslim, saat seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW. "Wahai Rasulullah, aku tidaklah merukiah kecuali dengan membaca surat Al-Fatihah." Rasulullah SAW lantas tersenyum dan berkata, "Bagaimana engkau bisa tahu Al-Fatihah adalah rukiah (bisa digunakan untuk merukiah)?" Beliau pun bersabda, "Ambil kambing tersebut dari mereka dan potongkan untukku sebagiannya bersama kalian."

Obat hati bagi orang yang beriman

Bacaan Surat Al-Fatihah, Beserta Arti dan Keutamannyafreepik.com/faizaminudin

Ayat yang terkandung di dalam Alquran, pada dasarnya merupakan obat untuk orang-orang beriman. Namun, Allah SWT mengkhususkan beberapa ayat dan surat tertentu, salah satunya surat Al-Fatihah. Bacaan surat Al-Fatihah dapat menjadi obat penyakit hati yang menjauhkan manusia dari kesesatan. Allah SWT berfirman dalam surat Al Isra ayat 82. 

وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلْقُرْءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا خَسَارًا 

Wa nunazzilu minal-qur`ani ma huwa syifa`uw wa rahmatul lil-mu`minina wa la yaziduz-zalimina illa khasara 

Artinya : “Dan kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.”

Dalam bacaannya mengandung asmaul husna

Bacaan Surat Al-Fatihah, Beserta Arti dan Keutamannyafreepik.com/meen-na

Keutamaan surat Al Fatihah lainnya adalah, dalam bacaannya mengandung asmaul husna atau nama-nama Allah SWT yang baik dan bagus. Melansir dari kemenag.go.id dituliskan bahwa, sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnul Qayyim rahimahullah dalam Madarijus Salikin (1/82, 89). Misalnya, lafaz yang mengandung sifat uluhiyah adalah Allah, yang mengandung sifat rububiyah adalah Rabb dan yang mengandung sifat kebaikan adalah Ar-Rahman.

Itulah bacaan surat Al-Fatihah beserta arti, terjemahan dan keutamaannya. Manusia diciptakan dalam keadaan lemah, maka Allah SWT adalah tempat terbaik untuk mencari dan meminta pertolongan. Sebagai umat muslim, Alquran adalah pegangang, maka mempelajari dan mengamalkan kandungannya adalah sebuah keharusan.

Baca Juga: Bacaan Surat Ad Dhuha, Beserta Arti dan  Kandungannya 

Baca Juga: Jauhkan Stres, Ini 9 Surat dalam Alquran yang Menenangkan Hati

Baca Juga: Terhindar dari Guna-Guna, Inilah Bacaan dan Keutamaan Surat Al Falaq