Pada tanggal 15 Februari lalu, semua netizen dikagetkan dengan hilangnya tombol “View Image” dari mesin pencarian Google. Hilangnya tombol yang difungsikan untuk mengunduh gambar mulai dari resolusi terendah hingga yang terbaik pun mempersulit semua pengguna internet dalam mencari gambar yang diinginkan.

Namun, tahukah kamu alasan mengapa melakukan hal demikian? Yuk langsung kita simak aja, Bela!

1. Mencomot Gambar Tanpa Kredit

 

Google Hapus Tombol View Image dari Mesin Pencarian Gambar
brittonbrothers.com

Ternyata, Google sudah menandatangani perjanjian dengan situs penyedia foto terbesar di dunia yaitu Getty Images. Persoalannya karena banyak sekali pengguna internet yang mengambil gambar tanpa izin dan tidak menyertai sumber di mana gambar itu berasal. Untuk itu, Getty Images menilai situs pencarian terbesar seperti Google perlu melakukan sesuatu untuk mengatasi hal tersebut.

2. Konsekuensi yang Harus Dilakukan Google

Google Hapus Tombol View Image dari Mesin Pencarian Gambar

Isi perjanjian antara Google dan Getty Images pun mencengangkan. Pasalnya, Getty Images mengizinkan siapa pun yang mengakses Google diperbolehkan untuk mengambil gambar darinya, namun dengan syarat Google harus menghapus tombol “View Image” dari layanan pencarian gambar. Dan akhirnya Google pun menyetujui syarat yang diajukan oleh perusahaan penyedia gambar tersebut.

3. Imbas Ditiadakannya 'View Image'

Google Hapus Tombol View Image dari Mesin Pencarian Gambarhowtogeek.com

Mendengar hal tersebut, hampir sebagian besar netizen mengeluh dan protes. Alasannya adalah dengan hilangnya tombol “View Image” dari Google, proses untuk mengunduh gambar terasa lebih rumit dan memakan banyak waktu.

4. Menghargai Hasil Karya

Google Hapus Tombol View Image dari Mesin Pencarian Gambarsbcinterlaw.com

Namun, yang perlu kamu tahu nih Bela, bahwa kita juga harus menghargai hasil karya seseorang dan nggak sebaiknya mengambil karyanya tersebut secara sembarangan. Lagipula, dengan hilangya tombol “View Image”, kita masih bisa mengunduh gambar yang kita inginkan di Google kok, asal bubuhkan kreditnya ya! Ini sebagai bentuk kita menghargai karya seseorang. 

BACA JUGA: Ini Nih 7 Gadget Smartphone Canggih Bisa Mempermudah Hidupmu