Pasti sebal banget deh sudah menggunakan aneka macam skincare, tapi berbagai permasalahan kulit masih saja muncul. Nah, mungkin yang perlu kamu perbaiki terlebih dahulu adalah skin barrier. Yup, bagi yang belum tahu, skin barrier merupakan bagian terluar pada tubuh yang berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya eksternal dan juga menampung 60 persen kelembapan dalam tubuh.

Nah, jika skin barrier rusak, maka kulit kamu akan terasa lebih sensitif dan mudah iritasi. Penyebabnya pun terdiri dari berbagai faktor, seperti bertambahnya usia, cuaca, hingga penggunaan skincare yang tidak tepat. 

Oleh karena itu, menjaga lapisan pelindung ini sudah wajib kamu lakukan sedini mungkin. Hmm, tapi bagaimana jika skin barrier sudah terlanjur rusak? Nggak perlu khawatir, Popbela akan membagikan lima tips mudah untuk mengembalikan skin barrier kamu. Apa saja? Langsung simak yuk! 

1. Meminimalisir pengunaan skincare

Skin Barrier Sudah Rusak? Yuk, Perbaiki Dengan 5 Tips Ini! allure.com

Menggunakan banyak produk belum tentu lho membuat keadaan kulit membaik. Justru sebaliknya, jika kamu menambahkan produk yang tak dibutuhkan, skin barrier akan lebih mudah rusak. Sehingga, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah meminimalisir pengunaan skincare yang berlebih. Kurasi produk perawatan yang mengandung alkohol, astringents, witch hazel, SLS, dan salicylic acic, karena kandungan tersebut akan menghilangklan sebum alami di kulit dan menyebabkan skin barrier lebih sensitif.

2. Fokus menggunakan produk yang melembapkan

Skin Barrier Sudah Rusak? Yuk, Perbaiki Dengan 5 Tips Ini! goodhousekeeping.com

Kulit yang lembap dan terhidrasi merupakan kunci untuk memperbaiki skin barrier. Untuk itu, kamu harus menggunakan skincare yang berfungsi mengunci kelembapan kulit. Pilihlah produk perawatan yang mengandung hyaluronic acid, niacinamide, linoleic acid, dan sunflower oil.

3. Hentikan pengunaan eksfoliator

Skin Barrier Sudah Rusak? Yuk, Perbaiki Dengan 5 Tips Ini! skincare.com

Setelah mengeksfoliasi, pasti kamu akan merasakan kulit terasa lebih lembut dan cerah. Yup, hal tersebut terjadi karena eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Namun, jika skin barrier  sudah rusak, ada baiknya hentikan pengunaan eksfoliator. Karena akan membuat kulit menjadi lebih sensitif, tipis, dan bepotensi menimbulkan masalah kulit lainnya.  

4. Pilih skincare yang mengandung antioksidan

Skin Barrier Sudah Rusak? Yuk, Perbaiki Dengan 5 Tips Ini! everydayhealth.com

Salah satu penyebab rusaknya skin barrier adalah faktor eksternal seperti polusi, debu, dan sinar matahari. Oleh karena itu, kamu membutuhkan perawatan yang tinggi akan antioksidan, seperti skincare yang mengandung green tea dan kaya akan vitamin E, A, dan C. 

5. Memperbaiki pola hidup

Skin Barrier Sudah Rusak? Yuk, Perbaiki Dengan 5 Tips Ini! happyacts.org

Nggak hanya perawatan dari luar saja, untuk memperbaiki skin barrier juga dibutuhkan perawatan dari dalam. Ubah pola hidup menjadi lebih seimbang dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berfikir positif, karena jiwa yang happy akan menyebabkan raga yang sehat!

Baca Juga: Kembalikan Kesegaran Kulit, Ini 7 Rekomendasi Face Mist Lokal

Baca Juga: Say Bye-Bye to Kulit Kusam dengan 7 Skincare Berbahan Dasar Kopi

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Bikin Kulit Wajah Jadi Lebih Kenyal