Beraktivitas di bawah teriknya sinar matahari memang menyenangkan. Mulai dari bersepeda, jogging santai, atau sekedar piknik bersama teman-teman. Tetapi, tak jarang sinar matahari justru membuat warna kulitmu menjadi tidak rata atau belang. 

Walaupun tak berbahaya, tetapi kulit belang ini sukses menganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri. Eits, kalau kalau kulit sudah terlanjur belang kamu nggak perlu khawatir kok. Popbela punya lima cara meratakan warna kulit belang agar kembali seperti semula. Kira-kira apa saja caranya? Simak baik-baik ya, Bela! 

1. Mengaplikasikan sunscreen

5 Cara Mudah untuk Meratakan Warna Kulit yang Belangallure.com

Menurut beberapa penelitian, menggunakan sunscreen tak hanya melindungi kulit dari bahaya sinar matahari tetapi juga berfungsi meratakan warna kulit yang belang. Sehingga, ketika beraktivitas  jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen di kulit yang terpapar sinar matahari seperti wajah, leher, lengan, dan kaki. Pilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu ya, Bela! 

2. Rutin lakukan eksfoliasi

5 Cara Mudah untuk Meratakan Warna Kulit yang Belangstandard.co.uk

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah rutin melakukan eksfoliasi. Ketika eksfoliasi, maka sel-sel kulit mati akan terkelupas sehingga warna kulit akan menjadi lebih rata. Untuk area badan kamu bisa menggunakan scrub atau lulur, sedangkan untuk bagian kulit wajah disarankan untuk memilih chemical exfoliator. Untuk hasil maksimal, gunakan dua hingga tiga kali seminggu. Oiya, jangan lupa ya untuk mengaplikasikan moisturizer agar kulit tidak kering.

3. Menggunakan air beras

5 Cara Mudah untuk Meratakan Warna Kulit yang Belangtreehugger.com

Tak jarang, beras digunakan sebagai salah satu ingredients utama produk perawatan kulit. Karena beras menyimpan ferullic acid dan allantoin yang dapat merawat sekaligus mencerahkan warna kulit. 

Nah, untuk itu kamu bisa menggunakan air beras agar warna kulit yang belang kembali rata. Caranya juga mudah banget, cukup cuci beras dengan air lalu gunakan air tersebut sebagai lulur alami. Untuk hasil maksimal, gunakan air beras setiap hari hingga warna kulit kembali rata.

4. Gunakan masker bengkoang

5 Cara Mudah untuk Meratakan Warna Kulit yang Belangdoc.internet

Sejak dulu kala, bengkoang dipercaya dapat mencerahkan kulit karena mengandung banyak vitamin C dan B. Selain enak untuk dikonsumsi, bengkoang juga dapat dijadikan lulur agar warna kulit kamu kembali rata. 

Tentu saja caranya juga nggak sulit, cukup parut bengkoang menjadi halus lalu gunakan kain saringan untuk mengambil ekstrak. Kemudian, ekstrak tersebut bisa diaplikasikan pada kulit yang belang. Cara meratakan warna kulit belang yang satu ini terbilang ampuh lho, Bela!

5. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C

5 Cara Mudah untuk Meratakan Warna Kulit yang Belanghealthstatus.com

Nggak hanya melakukan perawatan dari luar, kamu juga bisa meratakan kembali warna kulit yang belang dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Seperti kita tahu, vitamin C berfungsi dapat mencerahkan warna kulit. Untuk itu, jangan lupa selalu mengonsumsi aneka buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, kiwi, lemon, dan brokoli. 

Nah, itu dia lima cara meratakan warna kulit belang atau warna kulit yang tidak sama. Selain itu, agar kondisi kulit semakin membaik, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan cairan tubuh kamu dengan minum air mineral minimal 2 liter. Stay awesome, Bela!  

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Perbedaan Physical Sunscreen dan Chemical Sunscreen!

Baca Juga: 7 Zat Berbahaya Dalam Sunscreen yang Sebaiknya Dihindari

Baca Juga: 5 Fakta Mengenai Kedaluwarsa Sunscreen dan Tanda-Tandanya