Punya rambut berkilau, tebal, dan mudah diatur memang impian banyak orang khususnya perempuan. Banyak sekali keluhan tentang permasalahan rambut yang bikin cemberut, terutama rambut susah diatur, rambut kusut, rambut kering dan mengembang.

Gimana nggak kesal, penampilan kita yang harusnya terlihat kece dengan rambut tergerai indah saat acara penting, tiba-tiba rambut terlihat seperti singa. Selain bikin nggak percaya diri, bisa bikin bad mood seharian.

Nah, untuk mengatasi permasalahan mahkota perempuan, ada 5 cara mengatasi rambut singa yang bisa kamu lakukan. Simak artikel ini yuk !

1. Menghindari Penggunaan Hair Dryer

Say No To Rambut Singa, Ini Dia 5 Solusi untuk Mengatasi Rambut MegarFreepik.com

Cara agar rambut tidak mengembang dengan menghindari hair dryer. Kadang orang menggunakan alat ini untuk mengeringkan rambut dengan cepat. Tanpa disadari malah membuat rambutmu semakin kering, selain itu bisa rambut rusak dan mudah patah karena udara panas yang dihasilkan. Ada baiknya biarkan rambut mengering secara alami ya, kalau memang ingin kering dengan cepat maka pilih hair dryer berkualitas tinggi dan gunakan suhu sedang.

2. Jangan Terlalu Sering Keramas

Say No To Rambut Singa, Ini Dia 5 Solusi untuk Mengatasi Rambut Megarctvnews.ca

Tujuan kita keramas karena memang ingin rambut dan kulit kepala bersih bebas dari kotoran yang menempel. Tapi terlalu sering keramas nggak bagus untuk rambut karena membuat rambut kering. Kelembapan alami pada rambut dapat terangkat, efeknya rambut mengembang dan kaku. Cara membuat rambut tidak mengembang dengan memberi jeda keramas, dianjurkan 2 – 3 kali seminggu, dan jangan lupa pilih sampo khusus rambut mengembang.

3. Pakai Masker Minyak Kelapa

Say No To Rambut Singa, Ini Dia 5 Solusi untuk Mengatasi Rambut MegarUnsplash.com/Tijana Drndarski

Agar rambut tidak mengembang, gunakan bahan alami seperti minyak kelapa yang dikenal memiliki khasiat menjaga rambut tetap sehat. Perawatan minyak alami ini memiliki kandungan seperti vitamin E, K, asam laurat, lemak esensial yang bisa kamu manfaatkan sebagai masker rambut, sehingga bisa mengembalikan kelembapan kulit kepala. Hasilnya rambut menjadi halus. Caranya gampang banget, usapkan minyak kelapa sebelum keramas ya. Tuangkan minyak kelapa pada rambutmu, lalu bungkus dengan haduk selama 15 – 30 menit, setelah itu keramas. 

4. Gunakan Masker Rambut

Say No To Rambut Singa, Ini Dia 5 Solusi untuk Mengatasi Rambut Megaramormagazine.com

Masker rambut untuk rambut kering dan mengembang bisa membantu memenuhi nutrisi rambutmu. Ada baiknya bikin hair mask dengan bahan alami yang tiap bahannya punya keunggulannya masing-masing. Perawatan ini dapat kamu lakukan di rumah dengan memanfaatkan sejumlah bahan alami mulai dari minyak zaitun, santan kelapa, putih telur yang sudah dikocok, yogurt, pisang.

5. Tepuk Rambut dengan Lembut saat Mengeringkan

Say No To Rambut Singa, Ini Dia 5 Solusi untuk Mengatasi Rambut Megardailymail.co.uk

Agar rambut tidak mengembang coba mulai sekarang ganti dengan cara menepuk rambut secara perlahan dari atas hingga ujung rambut, jangan diperas ya. Menggosok rambut pakai handuk secara kasar justru semakin membuat rambut susah diatur karena kaku, kering, dan megar.