Proses penuaan adalah hal alami yang cukup rumit, karena melibatkan faktor lingkungan, kondisi tubuh, hingga gaya hidup, termasuk pola makan. Dari berbagai faktor tersebut, cobalah lakukan beberapa hal berikut ini untuk mencegahnya terjadi penuaan dini pada tubuhmu. Simak info lengkapnya!

1. Konsumsi makanan yang kaya omega 3

Lakukan 7 Tips Ini untuk Atasi Penuaan Dini, Caranya Mudah Banget!medicalnewstoday.com

Kulit tidak hanya dapat dirawat dari luar saja. Perawatan kulit dari dalam juga sangat penting dilakukan sebagai upaya pencegahan penuaan dini pada tubuh.

Salah satu cara yang paling efektif adalah mengonsumsi makanan yang kaya dengan kandungan omega 3 seperti asam lemak esensial yang biasanya terkandung pada buah alpukat. Kandungan omega 3 sendiri berfungsi untuk memperbaiki kinerja sel pada kulit agar bekerja lebih baik.

2. Hindari makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi

Lakukan 7 Tips Ini untuk Atasi Penuaan Dini, Caranya Mudah Banget!rebuildyourvision.com

Salah satu penyebab terjadinya penuaan dini adalah adanya penurunan tingkat kolagen pada kulit yang terjadi akibat konsumsi kadar gula yang tinggi dalam tubuh. Munculnya kerutan, garis halus, dan kulit yang mengendur merupakan dampak dari proses gula berlebih yang merekat pada serat kolagen.

Sehingga membuatnya kehilangan kekuatan dan fleksibilitasnya. Oleh karena itu, jika kamu tidak ingin mengalami penuaan dini, sebaiknya hindari konsumsi gula yang berlebih.

3. Minum air yang cukup

Lakukan 7 Tips Ini untuk Atasi Penuaan Dini, Caranya Mudah Banget!rd.com

Ketika usia bertambah tua, kulit juga akan otomatis menjadi lebih kering. Untuk itu, sebaiknya selalu jaga dan rawat tubuh untuk tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup. Selain itu, hal ini juga bisa membantu membuang racun yang ada pada tubuh.

4. Kurangi mandi dengan air panas

Lakukan 7 Tips Ini untuk Atasi Penuaan Dini, Caranya Mudah Banget!

Mandi dengan air panas ternyata dapat menyebabkan kulit kering dan kusam. Selain itu, saat kulit terkena air panas secara langsung di bawah aliran shower, maka kulit akan kehilangan kelembapannya.

5. Hindari menatap ponsel terlalu lama

Menurut Dermatologist, menatap smartphone terlalu lama dapat menyebabkan rahang menjadi kendur. Kondisi ini disebut juga dengan fenomena tech-neck, yang diakibatkan gerakan berulang-ulang saat menatap smartphone mereka. Dampaknya, wajah akan mudah berkeriput.

6. Tidur yang cukup

Lakukan 7 Tips Ini untuk Atasi Penuaan Dini, Caranya Mudah Banget!k-mag.com

Salah satu hal terpenting yang dapat menjaga agar tubuh dan pikiran tetap sehat dan berada dalam kondisi baik adalah tidur yang cukup. Faktanya, tidur dengan durasi kurang dari 8-9 jam sehari dapat meningkatkan kemungkinan untuk terlihat lebih tua dalam waktu lima tahun ke depan.

7. Rutin minum susu

Lakukan 7 Tips Ini untuk Atasi Penuaan Dini, Caranya Mudah Banget!

Manfaat susu bagi kulit rasanya sudah banyak diketahui. Salah satunya adalah dapat menghidrasi, melembabkan, dan mencegah kulit menjadi kering. Selain itu, rajin mengonsumsi susu dapat mengurangi penggelapan kulit yang ditimbulkan oleh proses penuaan.

Selain hal-hal sederhana di atas, menjaga pikiran untuk tetap berpikir positif juga tidak kalah pentingnya untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Sebab, pikiran yang positif akan membuat tubuh menjadi positif juga, dan sebaliknya, jika memiliki pikiran negatif, maka tubuh juga akan mengalami hal-hal yang negatif seperti terserang berbagai macam penyakit.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Lakukan 7 Tips Ini untuk Atasi Penuaan Dini, Caranya Mudah Banget!"