Akhir-akhir ini maskne” lagi sering dibahas nih oleh para beauty enthusiast. Bukan tanpa sebab, ternyata “maskne” memang jadi fenomena baru yang dirasakan oleh kita semua, khususnya para cewek. 

Buat kamu yang belum tahu, “maskne” sebenarnya merupakan istilah untuk jerawat yang muncul akibat penggunaan masker. Jerawat ini biasanya muncul di area rahang, pipi, hidung hingga dagu. Tapi, hanya karena jerawat bukan berarti kamu jadi harus melepas masker ya, karena toh ini untuk keamanan dirimu sendiri.

Untuk itu, kali ini Popbela mau kasih tahu beberapa tips buat menangani jerawat bandel yang satu ini. Gampang banget kok, ini dia lima cara mengatasi “maskne” yang bisa kamu coba!

1. Menggunakan Cleanser yang juga berfungsi sebagai toner

“Maskne” Jadi Momok Baru Selama Pandemi, Ini 4 Cara Mengatasinya Shutterstock/TORWAISTUDIO

Salah satu penyebab munculnya jerawat ‘kan karena adanya kotoran, bakteri, atau sisa makeup yang menutupi pori-pori wajah. Jadi, langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah dengan membersihkan segala macam kotoran, debu, dan polusi yang menempel di permukaan wajah. Maka dari itu, gunakan saja cleanser yang juga sudah mengandung toner karena bisa bisa membersihkan wajah dengan lebih optimal sekaligus mengembalikan kelembapan kulit.

Salah satu cleanser dengan kandungan mengandung toner yang bisa kamu gunakan adalah SAFI White Expert Oil Control & Anti Acne 2 in 1 Cleanser and Toner yang mampu membersihkan kotoran dan sisa makeup, membunuh dan mencegah tumbuhnya bakteri di wajah, bantu merawat kulit wajah yang berjerawat karena sudah mengandung zinc, menjaga keseimbangan pH kulit karena formulanya tanpa tambahan sabun, dan memberikan sensasi segar pada wajah. SAFI White Expert Oil Control & Anti Acne 2 in 1 Cleanser and Toner ini hadir dalam bentuk gel ya Bela, jadi lebih mudah dibilas.

2. Menggunakan facial cleanser yang mengandung busa yang lembut

“Maskne” Jadi Momok Baru Selama Pandemi, Ini 4 Cara Mengatasinya Shutterstock/siro46

Buat kamu yang kulitnya berminyak dan mudah berjerawat, bisa memilih cleanser dengan busa yang lembut untuk mengangkat sisa kotoran yang menempel pada wajah. Sebab, busa yang lembut ini dapat mengangkat minyak berlebih dengan lebih efektif. Nah, untuk itu, kamu bisa gunakan SAFI White Expert Oil Control & Anti Acne Facial Cleanser yang diperkaya dengan formula OxyWhite untuk membantu membebaskan oksigen tambahan ke dalam kulit, membuat kulit terasa segar, dan membantu penyerapan nutrisi.

SAFI White Expert Oil Control & Anti Acne Facial Cleanser ini sesuai untuk kulit berminyak dan berjerawat karena mampu membersihkan kotoran dan minyak berlebih serta mampu merawat kulit berjerawat karena sudah mengandung zinc. SAFI White Expert Oil Control & Anti Acne Facial Cleanser juga ampuh untuk membunuh bakteri lho, jadi kulit wajahmu bisa lebih bersih dan sehat.

3. Gunakan krim khusus untuk mengendalikan minyak dan mencegah jerawat

“Maskne” Jadi Momok Baru Selama Pandemi, Ini 4 Cara Mengatasinya Shutterstock/Rido

Setelah membersihkan wajah dengan cleanser, jangan lupa untuk gunakan krim khusus yang bisa mengendalikan minyak dan membunuh bakteri untuk mencegah munculnya jerawat. Popbela sarankan untuk kamu coba menggunakan SAFI White Expert Oil Control & Anti Acne Cream yang punya banyak manfaat untuk kamu yang mudah berjerawat.

SAFI White Expert Oil Control & Anti Acne Cream ini bisa bantu menyejukkan kulit wajah yang berjerawat, membantu merawat noda bekas jerawat, dan mengurangi sebum serta merawat kulit berjerawat berkat kandungan mineral zinc dan absorbent.

SAFI White Expert Oil Control & Anti Acne Cream bisa kamu gunakan pada permukaan kulit yang berjerawat dan bekas jerawat pada pagi dan malam hari ya. Untuk hasil yang lebih optimal, jangan lupa gunakan rangkaian produk SAFI White Expert Oil Control & Anti Acne lainnya juga ya, Bela. 

4. Selain skincare, pastikan kamu juga selalu merawat kualitas masker kamu ya

“Maskne” Jadi Momok Baru Selama Pandemi, Ini 4 Cara Mengatasinya Shutterstock/igorykor

Nah, kalau kebersihan dan kesehatan kulit sudah kamu jaga, maka langkah selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan masker kamu. Pastikan kamu selalu mengganti masker setelah empat jam pemakaian, lalu cuci bersih masker yang sudah kamu pakai. Jika kamu menggunakan masker sekali pakai, jangan dicuci ya Bela, tapi dibuang. 

Eits, sebelum dibuang, pastikan kamu sudah menggunting masker sekali pakai ini supaya nggak bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang nggak bertanggung jawab. Tapi, demi menjaga lingkungan, Popbela sarankan kamu menggunakan masker kain atau masker lain yang bisa digunakan berulang ya, Bela. Soalnya, masker sekali pakai juga berpotensi mencemari lingkungan lho.

Itu dia lima cara mengatasi “maskne” yang menghantui para cewek di kala pandemi. Dengan rutin mengganti dan mencuci masker, serta merawat wajah dengan rangkaian SAFI White Expert Oil Control & Anti Acne, kamu akhirnya bisa katakan selamat tinggal kepada “maskne” deh!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk miliki segera koleksi produk SAFI White Expert Oil Control & Anti Acne dengan klik di sini, Bela! (CSC)

Baca Juga: Kenali Maskne dan Cara Tepat dalam Mencegahnya!