Sebagai penggemar perawatan kulit asal Korea, Mamonde adalah salah satu brand yang selalu menyenangkan untuk saya coba. Brand yang terinspirasi dari kekayaan bunga-bungaan ini memang memiliki beberapa produk skincare yang jadi andalan untuk kulit saya yang berminyak namun dehidrasi.

Salah satu produk Mamonde yang membuat saya penasaran adalah Mamonde Blue Chamomile Soothing Cream. Dikenal dengan khasiatnya yang dapat menenangkan, menyejukkan dan melembabkan kulit, bunga kamomil memang tidak hanya menyenangkan untuk diseduh sebagai teh saja, tapi juga menjadi salah satu ingredient penting untuk kulit yang kering dan sensitif.

Mamonde Blue Chamomile Soothing Cream

Review: Mamonde Blue Chamomile Soothing Cream, Penyelamat Kulit KeringDok. Popbela.com/Judithya Pitana

Produk yang satu ini memang ditargetkan untuk pemilik kulit sensitif yang cenderung kering, dan mudah terkena iritasi eksternal dan menjadi kemerahan. Kulit yang sensitif memabg lebih mudah terasa kering saat terjadi iritasi, dan produk ini bisa jadi salah satu penyelamat untuk kamu yang memiliki jenis kulit serupa.

Seperti judulnya, bahan utama dari produk ini adalah ekstrak bunga kamomil yang mengandung azulene. Azulene sendiri adalah nama ingredient yang sering digunakan untuk mengurangi inflamasi pada lapisan kulit, dan berguna untuk menyejukkan serta mengurangi kemerahan. Azulene ini mengandung bahan yang serupa seperti sistem imun tubuh, dimana ia dapat meredakan pembengkakan pada kulit akibat iritasi ringan.

Penyelamat Kulit Kering dan Sensitif

Review: Mamonde Blue Chamomile Soothing Cream, Penyelamat Kulit KeringDok. Popbela.com/Judithya Pitana

Sifat menyejukkan, antibacterial dan anti-inflammatory dari azulene ini membuat Mamonde Blue Chamomile Soothing  Cream menjadi barang wajib untuk pemilik kulit sensitif, karena dapat menyejukkan dan melembabkan kulit dengan cepat dan cukup baik. Cream ini juga dilengkapi dengan lima jenis hyaluronic acid, yang dapat memaksimalkan penyerapan kelembaban wajah, serta membuat masalah kulit reda.

Walaupun kulit saya cenderung berminyak, tapi saya juga sering mengalami kondisi kulit yang dehidrasi. Terutama mendekati fase datang bulan, kulit saya seringkali terasa lebih kering dan menjadi sangat sensitif, so I was very excited to try this product!

Tekstur Gel Cream yang Ringan dan Mudah Menyerap

Review: Mamonde Blue Chamomile Soothing Cream, Penyelamat Kulit KeringDok. Popbela.com/Judithya Pitana

Produk ini dikirimkan pada saya beserta dengan Mamonde Red Serum Energy dan Rose Water Toner, dua produk yang saya sukai dan sering saya gunakan juga. Mamonde Blue Chamomile Soothing Repair Cream ini dikemas dalam tube berwarna biru tua, dengan aplikator seperti nozzle. Packaging-nya modern, simple dan sangat higienis berkat aplikator-nya.

Teksturnya lebih mirip gel, tapi dengan konsistensi cream yang melembabkan. Tidak terlalu berat, tapi juga cukup rich untuk membantu melembabkan kulit saya yang sedang mengalami dehidrasi. Saat sata gunakan di wajah, cream ini sangat mudah terserap dengan baik, tapi tidak 'hilang' ke dalam kulit tanpa menyisakan lapisan yang lembut. Sebagai pemilik kulit berminyak dan dehidrasi, cream ini terasa cocok untuk saya gunakan saat sering berada di dalam ruangan ber-AC, yang bisa membuat kulit terasa lebih kering daripada biasanya. Untuk digunakan di luar ruangan di bawah matahari pada kulit berminyak, produk ini mungkin akan terasa lebih berat dan berpotensi membuat kulit terasa lebih berminyak di luar ruangan.

Mengurangi Kemerahan dan Iritasi Ringan

Review: Mamonde Blue Chamomile Soothing Cream, Penyelamat Kulit KeringDok. Popbela.com/Judithya Pitana

Kulit saya tidak terlalu sensitif, tapi cream ini cukup menyenangkan untuk digunakan pada saat-saat tertentu. Saat saya lari pagi dan menghabiskan sekitar 1 sampai 2 jam di luar ruangan pada pagi hari (biasanya di bawah jam 9 pagi), saya sering megalami kulit kemerahan.

Saat menggunakan Mamonde Blue Chamomile Repair Soothing Cream sebelum beraktivitas lari pagi, saya menyadari kulit saya tidak semerah biasanya. Di pagi hari, cream ini terasa ringan dan sejuk, dan cukup melindungi kulit dari iritasi akibat paparan sinar matahari (saya gunakan sebelum sunscreen).

Rating, Kelebihan dan Kekurangan Menurut Saya

Review: Mamonde Blue Chamomile Soothing Cream, Penyelamat Kulit KeringDok. Popbela.com/Judithya Pitana

Untuk kulit saya, Mamonde Blue Chamomile Repair Soothing Cream ini akan menjadi 'langganan' setiap sebelum lari pagi dan saat saya banyak menghabiskan waktu di luar ruangan atau di dalam ruang ber-AC. Cukup lembut, nyaman, melembabkan, hydrating tapi tetap ringan, membuat Mamonde Blue Chamomile Repair Soothing Cream cocok digunakan di negara beriklim tropis seperti Indonesia.

PROS:

Ringan, tekstur seperti gel

Menyerap dengan cepat ke dalam kulit, tidak membuat kulit berminyak

Melembabkan dan hydrating untuk kulit kering

Nyaman digunakan di cuaca panas

Packaging ringkas, mudah digunakan berkat aplikatornya

CONS:

Bisa terasa berat di kulit berminyak saat melakukan aktivitas outdoor

Rating saya untuk Mamonde Blue Chamomile Repair Soothing Cream: 4 dari 5 bintang

Baca Juga: Review: Kiehl's Clearly Corrective Dark Spot Solution

Baca Juga: Honest Review: SKII Pitera Essence dan R.N.A Power

Baca Juga: Review: ESQA Flawless Powder Foundation, Kulit Mulus Anti Cakey