Kulit wajah memang tidak boleh terlalu sering dijejali produk ini itu. Kamu juga harus rajin dan konsisten merawat kulit supaya hasil dan perubahannya kelihatan. Menemukan produk dan rutinitas perawatan yang sesuai dan gak bikin masalah emang jadi hal yang dicari banyak orang.

Namun, ada kalanya masalah justru timbul dari produk dan kebiasaan merawat kulitmu, lho. Ada beberapa tanda yang muncul kalau kamu butuh mengganti skincare-mu. Apa saja?

1. Kulit semakin berminyak

Wajahmu glowing karena minyak? Duh, perhatikan lagi produk dan kebiasaan merawat kulitmu, deh. Munculnya minyak bisa jadi karena kamu tidak cocok dengan produk tertentu atau ada kebiasaan merawat kulit yang salah. Terlalu sering melakukan eksfoliasi atau mengangkat kulit mati bisa jadi penyebab kulit berminyak, lho.

Segera Ganti Skincare-mu Jika Mengalami 5 Hal Ini

2. Kulitmu kering

Kulitmu mengering, tetap kering, atau justru semakin kering? Ini jadi tanda lain kalau kamu harus ganti skincare. Hindari produk-produk dengan kandungan alkohol dan parfum untuk sementara supaya keringnya tidak semakin parah. Banyak-banyak minum air dan makan buah segar untuk menambah kadar kelembapan dari dalam.

3. Tidak ada perubahan di kulit wajah

Setelah menggunakan produk dan melakukan perawatan rutin, kamu merasa kalau kulit wajahmu tidak mengalami perubahan. Semisal, wajahmu tetap saja jerawatan, berminyak, atau kering.

Menurut seorang ahli dermatologi asal New York, kamu butuh setidaknya enam hingga dua belas minggu untuk tahu apakah produk yang kamu pakai bekerja efektif atau tidak. Ini juga tergantung dari masalah kulit yang kamu alami dan perubahan apa yang kamu inginkan.

Segera Ganti Skincare-mu Jika Mengalami 5 Hal Inihealth.com

4. Kulit memerah

Kamu harus waspada nih kalau tiba-tiba muncul kemerahan di kulit wajah. Warna kemerahan bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari reaksi kandungan produk skincare tertentu hingga kebiasaan buruk semacam mencuci wajah dengan air panas. Kalau kemerahan ini dibarengi dengan rasa panas terbakar, itu artinya kulitmu mengalami peradangan.

5. Kulitmu mengalami breakout

Breakout menjadi tanda paling alarming atau mengkhawatirkan. Breakout terjadi saat muncul banyak jerawat dan komedo di wajahmu. Tapi, munculnya jerawat dan komedo juga tanda kalau kulitmu mengalami purging.

Purging merupakan cara kulitmu beradaptasi pada produk baru dengan mempercepat pergantian sel. Bedanya, jerawat dan komedo akibat purging akan segera sembuh. Kulitmu semakin sehat setelah purging.

Kalau jerawat dan komedomu tidak hilang-hilang juga dan muncul di area tak semestinya, berarti kulitmu mengalami breakout dan butuh menghentikan pemakaian.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Kulit Wajahmu Alami 5 Tanda Ini? Waktunya Ganti Skincare!"