Cara Mengatasi Sunburn dengan Cepat dan Alami

Dari lidah buaya hingga cuka.

Cara Mengatasi Sunburn dengan Cepat dan Alami

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Musim kemarau telah datang, suhu panasnya yang menyengat terkadang bisa membuat kulit mengalami sunburn. Untungnya, ada beberapa cara mengatasi sunburn secara alami dan cepat ini dapat mendinginkan rasa perih, gatal, serta kulit mengelupas akibat terbakar sinar matahari. Pelajari hal berikut agar kulit kamu bisa mendapatkan pertolongan pertama sebelum bertambah parah.

1. Air dingin

Sunburn pada dasarnya merupakan peradangan di kulit. Salah satu cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan mendinginkan area yang mengalami peradangan tersebut. Jika kamu terkena sunburn saat berada di luar ruangan, kamu bisa langsung melompat ke dalam air—baik itu laut atau sungai. Berendam di air bisa mencegah sunburn agar tidak terlalu parah.

Meski begitu, kamu harus berhati-hati dengan kolam renang karena klorinnya justru akan membuat kulit makin iritasi. Kamu juga sebaiknya menghindari menmepelkan es batu langsung ke kulit. Memang tampaknya itu cara yang bagus untuk mencegah kulit terbakar, tetapi sebenarnya dapat membahayakan kulit. 

Jika berada di dalam rumah, kamu bisa meredakan sunburn sambil berendam di bathub.

2. Oatmeal dan baking soda

Melarutkan beberapa sendok makan baking soda ke dalam bak mandi yang berisi air dingin kemudian mandi dengan air tersebut dapat membantu meredakan sunburn. Selain itu, kamu juga bisa menuangkan oatmeal karena itu diketahui dapat mencegah iritasi dan membantu kulit mempertahankan kelembapan alaminya.

Jangan menggosok kulit setelah mandi, sebaiknya keringkan saja dengan handuk secara perlahan.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here