Beberapa produk perawatan kulit punya kandungan minyak yang berbeda-beda. Inilah alasannya, kamu harus memperhatikan betul produk yang akan dipakai. Jika tidak begitu, skincare yang tadinya berfungsi merawat kulit wajah agar tetap bersih dan sehat, bisa membuat muka bermasalah.

Kalau kamu kurang memperhatikan kandungan di dalam produk perawatan, mukamu cenderung memproduksi minyak berlebih. Untuk itu, inilah beberapa kesalahan pakai skincare yang bikin kulit wajah semakin berminyak!

1. Memakai produk face scrub wajah yang terlalu kasar

7 Kesalahan Saat Pakai Skincare yang Bikin Wajah Semakin BerminyakCongaichungminh.com

Scrubbing memang membantu wajah biar tetap bersih dari segala sisa kotoran yang menempel. Baik itu dari sisa debu maupun dari sel-sel kulit mati yang perlu dibersihkan. Bulir scrub yang besar bakal lebih mudah mengangkat debu dan kotoran yang menyumbat pori.

Namun, perhatikan produk yang kamu pakai. Bulir yang terlalu kasar bisa jadi akan membuat kulit muka terluka. Kamu dapat memakai scrub dengan buliran yang halus, sehingga lebih mudah membersihkan pori-pori kulit wajah namun tak membuatnya iritasi. 

2. Tidak memakai pelembap karena takut kulit wajah semakin berminyak

7 Kesalahan Saat Pakai Skincare yang Bikin Wajah Semakin BerminyakPinterest.com

Tidak memakai pelembap bukanlah solusi yang tepat jika kulitmu cenderung berminyak. Kamu masih dapat memakainya dengan mengaplikasikan pelembap khusus kulit berminyak. Jika setelah memakainya, wajah kamu malah lebih berminyak, barangkali kamu memilih produk yang salah atau terlalu banyak mengoleskannya. 

Kamu bisa pakai pelembap berbahan gel atau air. Bahan tersebut lebih mudah meresap ke dalam kulit, tanpa membuatnya jadi berminyak. Gunakan merata dan secukupnya saja agar meresap dengan sempurna.

3. Terlalu sering mencuci muka dengan memakai face wash

7 Kesalahan Saat Pakai Skincare yang Bikin Wajah Semakin BerminyakTodayshow.com

Kulit berminyak memang lebih nyaman jika dibersihkan dengan face wash. Namun jika kamu terlalu sering melakukannya, kulit malah lebih mudah mengeluarkan minyak. Pakailah face wash maksimal dua kali sehari. Jika wajahmu masih terasa berminyak, cukup cuci muka dengan air bersih.

4. Memakai produk toner yang tidak cocok dengan jenis kulit

7 Kesalahan Saat Pakai Skincare yang Bikin Wajah Semakin Berminyakstylecraze.com

Toner memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi. Dengan begitu, ia membantu kulit wajah terasa lebih segar setelah memakainya.  Namun jika produk yang kamu pakai tidak cocok dan terlalu sering dipakai, itu malah akan menimbulkan wajah kering. 

Meski harus membersihkan minyak berlebih dengan toner, wajah tetap membutuhkan minyak agar kelembapannya terjaga. Untuk mengatasi ini, kamu bisa pilih toner dengan kandungan witch hazel. Ia akan mengendalikan minyak berlebih sekaligus menyegarkan wajah. 

5. Memakai obat jerawat yang tidak cocok atau terlalu sering mengaplikasikannya

7 Kesalahan Saat Pakai Skincare yang Bikin Wajah Semakin BerminyakJetsetter.com

Obat jerawat memiliki kandungan yang berbeda-beda. Formula di dalamnya, memang membantu untuk meringankan iritasi akibat jerawat. Namun jika kamu pilih produk yang tidak cocok, kulit wajah justru akan jadi semakin kering. Keadaan wajah yang kering akan membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak.

Jika hal ini terjadi, minyak yang berlebih akan menimbulkan masalah lain. Contohnya seperti menumpuknya kotoran, komedo yang membandel, serta bruntusan atau breakout.

6. Pemakaian sunscreen yang kurang

7 Kesalahan Saat Pakai Skincare yang Bikin Wajah Semakin BerminyakThehealthy.com

Tidak peduli berminyak, kering, atau kombinasi, pemakaian sunscreen yang tepat penting sekali! Penyebabnya adalah ia bisa membuat wajahmu tidak mudah kusam. Sunscreen juga bermanfaat untuk mengurangi noda hitam, jerawat yang meradang, hingga mencegah kanker kulit. Kamu dapat memakainya sebelum makeup atau tiap kali akan keluar ruangan. 

7. Pemakaian skincare yang berlapis-lapis atau berlebihan

7 Kesalahan Saat Pakai Skincare yang Bikin Wajah Semakin Berminyakteenvogue.com

Produk apa saja yang biasa kamu pakai sehari-hari? Pastikan kamu memperhatikan urutan skincare yang benar dan pakai produk sesederhana mungkin, ya! Misalnya, memakai pembersih, toner, serum vitamin C, moisturizer dan sunscreen. Itu semua merupakan langkah yang cukup untuk menjaga dan melindungi kulit wajah agar tidak semakin berminyak.

Itulah beberapa kesalahan pakai skincare yang bikin kulit wajah semakin berminyak. Semoga masalahmu segera teratasi, ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "7 Kesalahan Pakai Skincare yang Bikin Kulit Wajah Semakin Berminyak"