Vegan skincare, pernah dengar tapi masih terasa asing bagi kamu, Bela? Skincare berlabel vegan ini belakangan memang tengah naik daun. Apalagi produk ini cukup diminati oleh para beauty enthusiast di 2019. Terus apa sih manfaat menggunakan vegan skincare? Ternyata ada beberapa manfaat positifnya lho, baik bagi diri sendiri mau pun bagi lingkungan. Apa saja? Yuk simak berikut ini!

1. Bahan alami membuat kulit lebih sehat

4 Manfaat Vegan Skincare, Bisa Bikin Kulit Lebih Sehat Lho!Shutterstock/Photographee.eu

Kulit yang indah dan sehat sudah pasti menjadi idaman para wanita. Nggak heran banyak kaum hawa yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi membeli skincare tanpa tahu komposisi aman atau tidak untuk tubuh. Padahal merawat kulit dengan bahan-bahan yang alami bisa membuat kulit tetap terjaga keindahannya dan tentu lebih sehat. Kamu tak perlu was-was akan efeknya di kemudian hari. 

2. Turut ikut menjaga lingkungan

4 Manfaat Vegan Skincare, Bisa Bikin Kulit Lebih Sehat Lho!Shutterstock/Photographee.eu

Para beauty enthusiast saat ini sedang menggemari tren vegan skincare. Kenapa sih? Tentunya selain aman bagi kulit, vegan skincare juga punya dampak baik untuk turut menjaga lingkungan lho. Produk-produk vegan skincare diklaim ramah bagi lingkungan. Kenapa? Karena formula yang terkandung dalam produk vegan skincare bebas dari kandungan hewani dalam bentuk apa pun termasuk madu, beeswax, lanolin dan milk-derived lactic acid. Jadi, buat kamu yang alergi dengan bahan-bahan tersebut, tak perlu khawatir Bela.

3. Kulitmu terhindar dari bahan-bahan berbahaya

4 Manfaat Vegan Skincare, Bisa Bikin Kulit Lebih Sehat Lho!Shutterstock/Photographee.eu

Produk perawatan kulit terkadang mengandung bahan-bahan seperti paraben, sodium lauryl sulfate dan bahan kimia lainnya. Meski hanya sedikit, tak jarang bahan tersebut tetap ada dalam beberapa produk skincare. Apalagi skincare kerap digunakan sehari-hari. Bahan-bahan berbahaya tersebut biasanya memiliki dampak akumulasi pada tubuh dan kerusakan yang tidak terlihat.  

Lalu untuk menghindari bahan-bahan berbahaya itu harus gimana dong? Bela bisa mulai dengan memperhatikan kandungan dalam skin maupun hair care yang digunakan. Bela bisa memilih vegan skin care dan tanpa paraben. Salah satu produk yang Popbela rekomendasikan adalah Love, Beauty and Planet (LBP). LBP telah resmi hadir di Indonesia dengan lima rangkaian produk yang terdiri dari hair care (shampoo & conditioner) dan skin care (body wash & body lotion)

4 Manfaat Vegan Skincare, Bisa Bikin Kulit Lebih Sehat Lho!Popbela/Love Beauty and Planet

Sebelumnya, LBP diluncurkan di Amerika, membawa rangkaian skin care dan hair care yang tersertifikasi vegan dan paraben free, sehingga aman bagi kulit sensitif sekalipun. Mengusung konsep sustainability, brand ini termasuk ramah lingkungan, karena menjaga kelestarian dan kualitas bahan alaminya, dengan botol terbuat dari plastik daur ulang. Produk ini bahkan mendapat dukungan dari banyak kalangan termasuk dari aktris muda Kimberly Ryder.

4 Manfaat Vegan Skincare, Bisa Bikin Kulit Lebih Sehat Lho!Popbela/Tisa Ajeng

Sebagai bagian dari generasi milenial yang kini mulai menjalani green lifestyle, saya percaya bahwa siapapun bisa menjadi ‘everyday change-maker’ dengan melakukan hal-hal kecil untuk menjaga lingkungan dan bumi. Hal ini adalah salah satu langkah saya untuk ikut berkontribusi terhadap kelestarian planet bumi,” kata aktris sekaligus selebriti pencinta lingkungan, Kimberly Ryder dalam acara Love Beauty and Planet Launch Press Conference, Rabu (17/7/2019).

4 Manfaat Vegan Skincare, Bisa Bikin Kulit Lebih Sehat Lho!Popbela/Tisa Ajeng

Kamu nggak usah khawatir karena semua produk LBP ini vegan sehingga aman bagi kulit juga ramah lingkungan dan pastinya halal. Masih ragu karena takut harganya mahal? Tenang, harga produk-produk LBP ini semuanya dibawah Rp 100rb lho. Untuk info lebih lengkapnya Bela bisa cek di sini.

4. Terhindar dari efek samping dan iritasi

4 Manfaat Vegan Skincare, Bisa Bikin Kulit Lebih Sehat Lho!Shutterstock/Photographee.eu

Pernah nggak sih setelah memakai satu produk tertentu bukan mendapat hasil yang bagus, kulit justru menunjukkan penolakan dan timbul efek samping seperti iritasi atau rasa terbakar? Biasanya efek itu timbul karena Bela tidak cocok dengan bahan kandungan dalam produk tersebut. Iritasi biasanya timbul sebagai efek jangka pendek jika kulitmu tidak cocok pada satu produk skincare. Namun terkadang efek samping bisa muncul di kemudian hari yang tidak disadari secara langsung.

Lebih sehat, lebih baik bukan?