Puasa memang membuat kondisi tubuh kita menurun dari hari biasanya. Nggak hanya mempengaruhi bagian dalam tubuh, tapi juga tampak luar seperti kulit yang menjadi kusam dan kering. 

Demi memenuhi kebutuhan daya tahan tubuh selama puasa kita harus memperhatikan dari beberapa faktor. Bisa dari faktor luar dan faktor dalam. Apa saja yang mengakibatkan kulit menjadi kering dan bagaimana mengatasinya? Yuk, simak beberapa poin di bawah ini.

1. Pola makan yang asal-asalan

Pada bulan puasa ini, lapar dahaga dan lapat mata menjadi lebih sulit dibedakan. Meski terasa sangat lapar namun kita tetap harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. 

Terlalu banyak makan makanan yang berminyak dapat mempengaruhi kondisi menjadi tampak lebih kusam. Demi menghindari hal itu sebaiknya imbangi dengan makanan lain yang lebih sehat dan kaya vitamin.

Ini Alasan Kulit Kering dan Kusam Saat Puasa Serta Cara Mengatasinyabesthealthmag.ca

2. Mandi terlalu lama

Mandi memang dapat membuat tubuh menjadi lebih segar apalagi di tengah-tengah berpuasa. Namun mandi yang terlalu lama dapat memberi efek kurang baik pada kulit lho. Semakin lama kamu mandi, itu akan membuat lemak dalam kulit menjadi semakin larut dan membuat kulit menjadi kering.

3. Kekurangan cairan

Dehidrasi adalah kondisi yang patut dihindari saat berpuasa. Sebab kurangnya cairan tubuh bisa menimbulkan pusing, mual, hingga kulit akan menjadi kering dan mengganggu aktifitasmu. Selalu pastikan minum 8-12 gelas air putih mulai dari saat berbuka, makan malam, sebelum tidur, dan saat sahur.

Ini Alasan Kulit Kering dan Kusam Saat Puasa Serta Cara Mengatasinyafreepik.com

4. Pola tidur berantakan

Di bulan puasa ini nggak sedikit orang yang menjadikan malam seperti pagi dan pagi seperti malam, alias begadang dan terlelap di siang hari. Hal ini selain nggak baik untuk kinerja organ dalam tubuh, juga bisa membuat kulit nggak beristirahat dengan layak sehingga akan timbul berbagai masalah kulit wajah seperti kering, jerawat, dan kusam. Usahakan tetap tidur di malam hari dan beraktifitas sewajarnya di siang hari ya, Bela.

5. Jangan lewatkan penggunaan skincare

Nggak bisa dipungkiri jika puasa memberi efek lemas dan cenderung lebih malas dari biasanya. Namun sebaiknya sifat malas itu nggak berlaku pada pemakaian skincare rutinmu ya, Bela. Pada keadaan berpuasa, justru skincare sangat penting dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap lembap seharian.

Baca Juga: Hindari Dehidrasi Saat Puasa dengan 6 Tips di Bawah Ini