Kondisi kulit memang dapat berubah seiring dengan perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh dan keadaan lingkungan di sekitar kita. Berbagai macam reaksi muncul pada kulit, seperti area di sekitar hidung yang menjadi kering bahkan mengelupas. Bagi sebagian orang mungkin ini bukan suatu masalah yang besar. Tapi bagi mereka yang sering mengalaminya, ini merupakan hal yang sangat mengganggu. Apakah kamu salah satunya? Sudah tahu belum apa saja penyebab kulit di sekitar hidungmu menjadi kering? Untuk tahu lebih lanjut, simak artikel berikut ini ya, Bela!

1. Alergi

5 Penyebab Kulit Kering di Sekitar Hidungctsinuscenter.com

Jika kamu sedang mengalami alergi, area di sekitar hidungmu bisa jadi lebih kering daripada biasanya. Apalagi jika reaksi alergi tersebut membuatmu sering bersin-bersin dan menggosok hidung. Hal itu dapat membuat hidung kehilangan minyak alaminya dan menghapus pelembap yang telah kamu aplikasikan sebelumnya. Akibatnya, area hidung menjadi kering hingga terlihat kemerahan.

2. Penumpukan Skincare

5 Penyebab Kulit Kering di Sekitar Hidungfashionista.com

Produk-produk skincare yang diaplikasikan pada wajah akan sangat mudah untuk “terjebak” pada pori-pori kulit. Khususnya di area sekitar hidung. Formula produk yang kering akan memperparah kondisi kering di sekitar hidung. Produk yang memiliki bahan aktif seperti retinol, pada jumlah banyak terkadang dapat menumpuk dan mengendap pada area tersebut dengan mudah. Hal ini juga menyebabkan produk menjadi terlalu keras untuk kulit dan memicu alergi yang menyebabkan kulit di sekitar hidung menjadi kering.

3. Cuaca

5 Penyebab Kulit Kering di Sekitar Hidungxda-developers.com

Baik cuaca dingin maupun panas, keduanya sama-sama bisa menyebabkan kulit menjadi kering, khususnya di sekitar hidung. Kondisi yang terjadi pada kulit ketika dua cuaca ekstrem tersebut adalah adanya minyak yang tersembunyi pada hidung yang dapat menghilangkan perlindungan dari sunscreen yang telah digunakan sebelumnya. Akibatnya, area hidung yang lebih sensitif dari bagian wajah lainya, langsung mendapat aparan sinar matahari atau udara dingin. Tentu saja hal ini dapat membuat kulit di sekitar hidung menjadi kering dan mengelupas.

4. Terlalu banyak atau sedikit memakai pelembap

5 Penyebab Kulit Kering di Sekitar Hidungproductnation.co

Sebelum membeli pelembap, yang perlu diperhatikan adalah konsistensi dari produk tersebut. Namun, pada saat mengaplikasikannya, banyaknya produk yang diaplikasikan pada wajah adalah fokus utamanya. Tidak boleh terlalu banyak bahkan sedikit. Tampaknya, garis halus juga dapat muncul akibat dari pelembap yang diaplikasikan terlalu banyak atau sedikit. Yang terpenting adalah frekuensi pengaplikasian produk tersebut dan berhati-hati saat mengaplikasikan di daerah hidung.

5. Terlalu sering eksfoliasi

5 Penyebab Kulit Kering di Sekitar Hidunglancerskincare.com

Kulit tidak bisa mendapat sesuatu yang terlalu banyak maupun sedikit. Hal ini juga berlaku pada perlakuan yang diterima kulit, seperti eksfoliasi. Kulit yang terlalu sering dieksfoliasi akan berisiko mudah kering, terkelupas, hingga iritasi.

Semoga bermanfaat ya, Bela!

 

 

Penulis: Filza Intan Mariezka

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kenapa Kulit Wajahmu Terasa Kering