Reaksi berlebih yang disebabkan debu, kotoran, makanan dan lainnya kerap mengakibatkan iritasi pada kulit. Biasanya, kulit akan mengalami ruam, kemerahan yang disertai gatal tak tertahankan. Bahkan, beberapa diantaranya sampai mengalami luka akibat gesekan yang berulang-ulang.  

Kondisi ini tidak boleh dianggap remeh karena iritasi kulit bisa merusak jaringan kulit secara permanen. Untuk meringankan iritasi kulit, kamu bisa melakukan pertolongan pertama dengan lima tindakan sederhana ini. Keep scrolling, Bela!

1. Mengompres kulit dengan es batu

Nggak Perlu ke Dokter, Ini 5 Pertolongan Pertama Atasi Iritasi KulitFreepik.com

Permukaan kulit yang mengalami iritasi biasanya terasa hangat sampai panas. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba untuk mengompresnya dengan es batu agar suhu kulit bisa menurun. Pertama ambil handuk atau kain kecil bersih, bungkus es batu tersebut dengan handuk yang telah disiapkan. Lakukan tap-tap ke seluruh permukaan kulit iritasi. Kamu juga bisa menggunakan air dingin sebagai pengganti es batu lho. 

2. Perbanyak konsumsi vitamin D

Nggak Perlu ke Dokter, Ini 5 Pertolongan Pertama Atasi Iritasi KulitFreepik.com

Meski sederhana, deretan menu olahan telur, ikan dan susu rupanya berperan penting bagi kesehatan kulit. Bahan-bahan makanan tersebut mengandung vitamin D yang bermanfaat memastikan kepadatan tulang. Selain itu, kandungan calcitriol mampu mengatasi peradangan kulit yang terkena iritasi. 

3. Perbaiki jaringan kulit dengan oatmeal

Nggak Perlu ke Dokter, Ini 5 Pertolongan Pertama Atasi Iritasi KulitUpcominghealth.com

Tak hanya diandalkan dalam menu diet, oatmeal juga bisa menjadi obat yang bisa menyembuhkan iritasi kulit. Kandungan antioksidan dan anti inflamasi pada oatmeal dapat meredam iritasi kulit yang bisa merusak sel kulit. Caranya, campurkan oatmeal dengan madu, kemudian langsung disantap. Bisa juga dijadikan masker dan mengoleskannya ke permukaan kulit yang mengalami iritasi. 

4. Lidah buaya menenangkan iritasi kulit terbakar

Nggak Perlu ke Dokter, Ini 5 Pertolongan Pertama Atasi Iritasi KulitFreepik.com

Lidah buaya memang sudah terbukti akan khasiatnya untuk kesehatan kulit. Terutama mengatasi iritasi kulit akibat paparan sinar matahari. Karena lidah buaya mengandung senyawa anti inflamasi yang mampu meringankan rasa perih dan mengurangi peradangan pada jaringan kulit. Selain itu, permasalahan kulit lainnya seperti pengelupasan juga bisa diobati dengan gel lidah buaya. Dalam 1-2 minggu kulit akan kembali halus, lembab dan sehat. 

5. Baking soda meredakan iritasi

Nggak Perlu ke Dokter, Ini 5 Pertolongan Pertama Atasi Iritasi Kulitgoodhousekeeping.com

Bahan tambahan pada kue ini rupanya juga mampu menjadi penolong saat kulit mengalami iritasi. Baking soda diyakini memiliki kandungan yang mampu menyeimbangkan pH kulit sehingga meringankan iritasi kulit. Meski begitu, bagi kamu yang memiliki kondisi kulit sensitif tidak disarankan menggunakan baking soda ya. 

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Secara Alami