Mengaplikasikan produk skincare yang baru dibeli terasa begitu menyenangkan. Tapi, apa jadinya ya, kalau produk tersebut malah bikin kulitmu kering, iritasi, dan berjerawat?

Bela, pasti sudah tahu kan, jawabannya? Ya, sebaiknya segera hentikan pemakaian, karena kemungkinan kamu nggak cocok dengan produk tersebut. Tapi, jangan langsung dibuang, ya, karena banyak cara yang bisa kamu lakukan supaya produk tersebut nggak terbuang begitu saja.

Penasaran? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

1. Gunakan sebagai sabun untuk badan atau tangan

Jangan Buang Produk Skincare yang Nggak Cocok, Manfaatkan untuk IniPexels.com

Nggak cocok dengan pembersih wajah yang baru kamu beli di pusat perbelanjaan? Jangan langsung dibuang, ya, Bela, karena kamu bisa gunakan sebagai sabun cuci tangan atau sabun badan.

Tapi, jangan gunakan sabun yang mengandung bahan aktif sebagai sabun cuci tangan ya, karena kandungan tersebut bisa membuat telapak tanganmu menjadi kering.

2. Gunakan sebagai after sun care

Jangan Buang Produk Skincare yang Nggak Cocok, Manfaatkan untuk Iniunsplash.com/Ruizhe du

Kulit yang terpapar sinar matahari rentan mengalami kemerahan, dan iritasi.

Apabila kamu masih menyimpan toner yang bisa meredakan kemerahan dan iritasi, seperti toner dengan kandungan aloe vera, segera semprotkan atau usapkan ke area kulit yang terdampak.

3. Gunakan sebagai deodoran

Jangan Buang Produk Skincare yang Nggak Cocok, Manfaatkan untuk Iniwell-beingsecrets.com

Chemical exfoliant ini dipercaya bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit, salah satunya adalah mengangkat sel kulit mati. Tapi, kamu tahu nggak, kalau produk skincare yang satu ini juga bisa digunakan sebagai deodoran, lho!

Dalam sebuah penelitian chemical exfoliant ini mampu menghilangkan bau badan yang nggak sedap.

4. Gunakan sebagai handbody atau hand cream

Jangan Buang Produk Skincare yang Nggak Cocok, Manfaatkan untuk Inipexels.com/Linda Prebreza

Selanjutnya, apabila kamu masih menyimpan pelembab wajah yang nggak cocok di kulitmu, manfaatkan sebagai handbody atau hand cream

Sama seperti handbody dan hand cream, pelembap wajah juga bisa membuat kulitmu lembap seharian tanpa membuat kulit terasa lengket, karena biasanya tekstur pelembap wajah lebih ringan jika dibandingkan dengan handbody.

5. Gunakan untuk menata rambut

Jangan Buang Produk Skincare yang Nggak Cocok, Manfaatkan untuk Inibeautyheaven.com

Selain di tubuh, kamu juga bisa manfaatkan produk skincare, seperti face oil untuk membuat rambutmu jadi lebih rapi.

Untuk tata cara penggunaannya, cukup aplikasikan beberapa tetes face oil setelah keramas atau kamu juga bisa gunakan saat rambutmu kering. Nggak hanya itu, face oil juga bisa menutrisi rambut, sehingga rambutmu tampak lebih sehat.

6. Gunakan sebagai pengganti shaving cream

Jangan Buang Produk Skincare yang Nggak Cocok, Manfaatkan untuk Inihealthline.com

Cleansing balm ini mampu mengangkat kotoran dan sisa makeup yang menempel di wajah. Tapi, nggak semua orang cocok membersihkan wajahnya dengan produk skincare yang satu ini.

Kalau kamu mengalami hal yang sama, manfaatkan cleansing balm kamu sebagai shaving cream. Hasilnya, kulit akan terasa lebih lembut dan halus.