Biasanya seseorang yang memiliki tipe kulit sensitif akan sangat aware tentang do’s and don’ts yang wajib diperhatikan dalam merawat kulit. Salah memilih perawatan atau penggunaan produk, efek sampingnya akan mengganggu misalkan kulit terasa perih, berwarna kemerahan atau bahkan sampai iritasi. Oleh karena itu, dalam pemilihan perawatan serta produk skincare, pemilik kulit sensitif harus hati-hati banget nih. Apakah kamu salah satu pemilik kulit sensitif?

Pemilihan produk skincare yang tepat dan pemakaian secara rutin adalah kunci untuk mendapatkan tampilan kulit yang sehat, ini juga berlaku untuk pemilik kulit sensitif. Salah satunya, pemilik kulit sensitif harus tetap memperhatikan hidrasi kulit dengan cara menggunakan pelembap. Nah, untuk mendapatkan pelembap yang tepat untuk kulit sensitif ternyata juga banyak lho yang harus diperhatikan. Kamu masih cari produk yang tepat? Yuk baca artikel ini sampai habis ya!

1. Cari yang Memiliki Kandungan Simpel

5 Tips Memilih Pelembap untuk Kamu Pemilik Kulit Sensitifmindbodygreen.com

Mencari produk skincare dengan kandungan yang simpel? Bagaimana maksudnya? Jadi, kandungan pelembap yang disarankan untuk pemilik kulit sensitif adalah yang kandungannya tidak kompleks dan tidak mengandung active ingredients. Pilihlah moisturizer dengan kandungan-kandungan simpel yang bisa menghidrasi kulit serta mengunci kelembapan. Berikut ini beberapa kandungan yang wajib ada di dalam moisturizer untuk pemilik kulit sensitif: glycerin, ceramide, hyaluronic acid dan beberapa kandungan yang berasal dari tumbuhan.

2. Tidak Mengandung Fragrance

5 Tips Memilih Pelembap untuk Kamu Pemilik Kulit Sensitifshapemagazine.com

Alergi adalah salah satu respon yang ditimbulkan kulit sensitif. Memiliki kulit yang sensitif berarti kita harus berhati-hati karena salah penggunaan produk skincare, reaksinya tidak akan menyenangkan bagi kamu. Salah satu kandungan yang dapat memicu alergi adalah fragrance atau pewangi, nah oleh karena itu pastikan moisturizer yang kamu pilih tidak mengandung fragrance atau pewangi ya!

3. Cari yang Memiliki Kandungan yang Menenangkan Kulit

5 Tips Memilih Pelembap untuk Kamu Pemilik Kulit Sensitifmichderm.com

Agar kulit tidak mudah menimbulkan reaksi sensitif, kandungan di dalam moisturizer harus bisa menenangkan kulit. Untuk itu, carilah moisturizer yang mengandung kandungan yang gentle dan juga memiliki label soothing atau calming kulit. Beberapa kandungan yang cukup direkomendasikan adalah aloe vera, ceramide, centella asiatica, green tea dan beberapa bahan yang sudah diproduksi kulit secara alami seperti hyaluronic acid.

4. Tidak Menggunakan Produk yang Mengandung Acid

5 Tips Memilih Pelembap untuk Kamu Pemilik Kulit Sensitifmedium.com

Moisturizer adalah salah satu produk yang masuk dalam kategori basic skincare. Karena bersifat dasar, usahakan moisturizer yang kamu gunakan tidak mengandung acid ya. Pasalnya, kandungan yang bersifat acidic dapat memicu eksfoliasi kulit dan proses eksfoliasi bukanlah hal yang bersahabat untuk pemilik kulit sensitif. Oleh karena itu, pastikan kamu membaca dahulu kandungan moisturizer sebelum menggunakannya ya!

5. Mencoba Produk Trial Terlebih Dahulu

5 Tips Memilih Pelembap untuk Kamu Pemilik Kulit Sensitifdailylifebydesign.com

Apabila kamu belum yakin untuk menggunakan moisturizer, agar tidak rugi kamu bisa menggunakan trial size terlebih dahulu. Selain itu, kini juga sudah banyak online shop beauty yang menjual produk share in jar. Nah, apabila belum yakin coba untuk menggunakan produk yang kamu inginkan selama 1 minggu, apabila ada reaksi yang kurang baik, langsung hentikan penggunaannya ya, Bela.

Itu tadi beberapa tips memilih pelembap yang cocok untuk kulit sensitif. Nah, sekarang kamu nggak perlu khawatir dong untuk mulai mencari moisturizer yang tepat. Semoga kamu cepat mendapatkan pelembap yang jadi holy grail kamu ya, Bela!

Baca Juga: Rekomendasi Pelembap untuk Kulit Berminyak, Nggak Bikin Lengket!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Pelembap yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

Baca Juga: Rekomendasi Pelembap Wajah untuk Remaja yang Ringan di Kulit