Menyusun skincare routine yang paling cocok untuk setiap jenis kulit bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Jangan salah, walaupun tidak mudah dilakukan, memang mencari skincare routine yang tepat akan ada masa trial and error-nya nih, Bela. Hal ini juga berlaku untuk pemilik kulit berminyak dalam menentukan skincare routine terbaik.

Karakteristik kulit berminyak ditandai dengan produksi berlebih minyak alami pada kulit dan biasanya juga rentan mengalami jerawat pada sebagian orang. Biasanya untuk mengecek apakah kulitmu termasuk jenis kulit berminyak atau tidak, bisa dicek apakah bagian T-Zone pada kulitmu yaitu dahi, hidung dan dagu sering kali lebih cepat berminyak.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek dengan melihat apakah saat memakai makeup, apakah riasan lebih cepat luntur atau tidak. Apabila kamu merasa bahwa bagian T-Zone pada kulitmu mudah berminyak dan merasa makeup cepat luntur, itu menandakan jenis kulitmu masuk kategori jenis kulit berminyak.

Skincare Routine untuk Kulit Berminyak

Ini Skincare Routine Terbaik untuk Kulit Berminyaktheskincareedit.com

Saat ini sudah banyak sekali produk skincare yang dikhususkan untuk merawat kulit berminyak dan serta tambahan skincare yang memiliki manfaat untuk mengurangi risiko timbulnya jerawat pada kulit berminyak. Namun, tidak semua produk skincare yang dikhususkan untuk kulit berminyak bisa langsung cocok digunakan pada pemilik kulit berminyak lho, Bela.

Pertama-tama, yang perlu kamu tahu basic skincare routine yang paling pas diterapkan untuk pemilik kulit berminyak adalah cleanser, treatment, pelembap dan sunscreen untuk pagi dan siang hari. Apabila skincare routine ini dilakukan setiap hari dengan produk yang juga cocok di kulit, pastinya kulit berminyak akan lebih terawat dan tampak sehat dong? Nah, selain itu, seperti apa sih karakteristik produk yang wajib digunakan untuk perawatan kulit berminyak? Buat kamu yang penasaran, baca artikel ini sampai habis ya!

Step 1: Cleanser

Ini Skincare Routine Terbaik untuk Kulit Berminyaknewbeauty.com

Semua skincare regimen terbaik akan dimulai dengan produk cleanser. Untuk pemilik kulit berminyak, pilihlah cleanser dengan kandungan salicylic acid atau benzoyl peroxide. Dua kandungan ini dapat mengeksfoliasi kulit dimana akan mengangkat sel-sel kulit mati serta kotoran sehingga kulit berminyak terhindar dari risiko timbulnya jerawat.

Step 2: Treatment Product

Ini Skincare Routine Terbaik untuk Kulit BerminyakFreepik.com

Kesalahan yang sering terjadi dalam perawatan kulit berminyak adalah terlalu banyak menggunakan produk skincare mengandung kandungan aktif. Menggunakan terlalu banyak produk dengan kandungan salicylic acid sebagai contohnya ternyata akan membuat kulit menjadi kering dan kulit akan memproduksi lebih banyak minyak untuk melembapkan kulit.

Alih-alih menggunakan treatment product yang dapat mengeringkan, fokuslah untuk melakukan hidrasi pada kulit sehingga lebih sehat contohnya dengan menggunakan hydrating toner dan serum dengan kandungan yang dapat mengontrol minyak berlebih.

Step 3: Moisturizer

Ini Skincare Routine Terbaik untuk Kulit Berminyakcosmo.ph

Tahukah kamu bahwa semua jenis kulit membutuhkan pelembap? Nah, begitu juga pada kulit berminyak. Walaupun berminyak, kita tetap harus menjaga hidrasi pada kulit agar tetap sehat. Kamu hanya perlu menemukan moisturizer dengan formula yang tepat kok untuk menghidrasi kulit tanpa membuat rasa lengket berlebih.

Pemilik kulit berminyak disarankan untuk menggunakan moisturizer dengan tekstur gel yang menyerap pada kulit dengan kandungan yang tidak bersifat comedogenic. Sebagai catatan, hindari berbagai produk moisturizer yang mengandung kandungan comedogenic seperti shea butter, beeswax, coconut oil dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut apabila digunakan terlalu sering dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Step 4: Perlindungan Pada Sinar Matahari

Ini Skincare Routine Terbaik untuk Kulit Berminyakthelist.com

Nah, yang paling penting, biar kulit tetap sehat, saat siang hari, apapun jenis kulitmu jangan pernah lewatkan penggunaan sunscreen ya! Sunscreen adalah produk skincare yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menimbulkan berbagai permasalahan kulit.

Sebagai pemilik kulit berminyak tentu kamu nggak mau dong menambah daftar masalah kulit lainnya? Pilih sunscreen dengan kandungan water-based untuk melindungi kulit. Dengan begitu, sunscreen nggak akan meninggalkan rasa lengket atau berminyak saat digunakan.

Nah, sekarang kamu sudah tau dong formulasi yang paling tepat untuk produk-produk perawatan kulit berminyak? Tentu, habis ini kamu harus melakukan research dulu untuk mencari produk yang tepat untukmu dan pastinya gunakan secara rutin ya biar kulit tetap sehat!

Baca Juga: Pakai Skincare Routine Sunscreen Nggak Boleh Skip, Kenapa?

Baca Juga: 5 Kesalahan Skincare Routine Malam yang Mungkin Nggak Kamu Sadari

Baca Juga: 5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Wajib Tahu!