Untuk memulai skincare regimen yang tepat, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan wajah. Cleanser adalah salah satu produk perawatan kulit yang paling penting untuk wajah. Seperti layaknya sampo untuk membersihkan rambut, cleanser juga adalah produk yang wajib digunakan dalam tahap membersihkan wajah.

Tidak hanya wajib memilih produk cleanser yang sesuai, agar memiliki tampilan wajah yang sehat, kita tentu perlu tahu cara membersihkan wajah yang tepat. Terkadang masih banyak kesalahan dalam membersihkan wajah yang membuat kulit bukannya menjadi bersih malah mengalami permasalahan kulit yang juga sangat membuat pusing.

Kali ini, Popbela akan membahas 5 kesalahan dalam membersihkan wajah yang wajib kamu hindari untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat. Untuk kamu yang inin punya kulit bersih, sehat dan glowing baca artikel ini sampai habis ya!

1. Salah Penggunaan Produk Pembersih Wajah

5 Kesalahan Membersihkan Wajah yang Mungkin Masih Sering Kamu Lakukanintothegloss.com

Pernah merasa bukannya kulit sehat setelah menggunakan produk tertentu untuk membersihkan wajah malah jadi muncul jerawat atau bahkan terasa perih? Ini pertanda kamu menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu. Setiap orang memiliki jenis kulit yang unik sehingga kita perlu untuk mengetahui apa kandungan yang paling tepat untuk jenis kulit kita dengan skin concern tertentu. Sebagai tips, kamu lebih baik menggunakan produk pembersih wajah yang bersifat gentle namun dapat membersihkan. Hindari penggunaan produk pembersih wajah yang menimbulkan rasa kesat pada kulit.

2. Jangan Melakukan Eksfoliasi Terlalu Sering

5 Kesalahan Membersihkan Wajah yang Mungkin Masih Sering Kamu LakukanCongaichungminh.com

Banyak orang beranggapan menggunakan produk physical exfoliation dapat membuat wajah terasa lebih bersih. Nah kenyataannya, menggunakan physical exfoliation berlebihan ternyata memicu kulit menjadi sensitif. Untuk itu, saat membersihkan wajah hindari menggunakan produk yang mengandung butiran-butiran scrub terlalu sering ya. Butiran-butiran scrub dan juga gesekan yang dihasilkan tidak akan membuat kulit menjadi lebih bersih justru menyebabkan iritasi dan kulit menjadi berwarna kemerahan atau bahkan timbul luka.

3. Menggunakan Produk dengan Kandungan Acid Berlebihan

5 Kesalahan Membersihkan Wajah yang Mungkin Masih Sering Kamu Lakukanintothegloss.com

Acid adalah jenis kandungan pada skincare yang memiliki formula cukup kuat untuk mengubah tampilan kulit. Namun ternyata menggunakan produk dengan berbagai kandungan acid dapat membuat kulit teriritasi terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Nah, apabila kamu ingin menggunakan produk mengandung acid untuk mengubah tampilan kulit, fokuslah untuk menggunakan satu acid selain itu pastikan juga di dalam produk tersebut mengandung kandungan yang dapat memulihkan skin barrier sehingga kulit tidak mudah teriritasi. Sebagai tips, setelah membersihkan wajah dengan produk yang memiliki kandungan acid, baiknya kamu menggunakan hydrating toner dan juga serum yang dapat menghidrasi kulit.

4. Tidak Membersihkan Makeup Secara Benar

5 Kesalahan Membersihkan Wajah yang Mungkin Masih Sering Kamu Lakukanlipaniskincare.com

Pernah merasa malas untuk membersihkan makeup? Hati-hati, tidak membersihkan makeup secara benar ternyata adalah salah satu kesalahan umum yang sering terjadi dalam merawat kulit wajah lho! Sisa-sisa makeup yang tertinggal pada kulit bisa saja menyumbat pori-pori menyebabkan terjadi jerawat pada kulit. Oleh karena itu, apabila kamu menggunakan makeup untuk kegiatan sehari-hari kamu juga wajib untuk membersihkannya secara benar. Lakukan metode double cleansing untuk memastikan sisa-sisa makeup sudah terangkat secara sempurna ya!

5. Mencuci Muka Terlalu Sering

5 Kesalahan Membersihkan Wajah yang Mungkin Masih Sering Kamu Lakukanmilestoneseducation.com

Alih-alih membuat wajah lebih bersih, mencuci muka terlalu sering ternyata adalah hal yang kurang baik dilakukan. Dengan terlalu sering mencuci muka, minyak alami pada kulit akan terangkat sehingga membuat kulit terasa lebih kering. Di sebagian orang mencuci muka terlalu sering juga bisa bikin kulit terasa seperti ketarik. Hati-hati ini bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan memicu keriput lho! Oleh karena itu pastikan kamu hanya mencuci muka 2 kali dalam sehari ya, Bela. Apabila kamu merasa tidak perlu, pada pagi hari kamu cukup membilas wajah dengan air saja untuk membuat kulit lebih segar untuk menjalankan aktivitas.

Itu dia 5 kesalahan umum yang masih sering terjadi ketika membersihkan wajah. Masih ada yang kamu lakukan nggak nih, Bela? Kalau memang masih ada, yuk perlahan dikurangi agar kulit bisa tetap sehat dan tampak glowing!

Baca Juga: Berikut Cara Membersihkan Wajah dengan Tepat dan Benar

Baca Juga: 5 Langkah Membersihkan Wajah Setelah Menggunakan Makeup Tebal

Baca Juga: 6 Efek Berbahaya Membersihkan Wajah dengan Tisu Basah