Mengenal Jenis-jenis Bekas Jerawat, Sudah Tahu Bedanya?

Kenali jenisnya biar tahu cara mengatasinya!

Mengenal Jenis-jenis Bekas Jerawat, Sudah Tahu Bedanya?

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Mengatasi masalah jerawat bukanlah hal yang mudah tapi masih ada lagi yang lebih sulit yaitu mengatasi munculnya bekas jerawat. Jerawat biasanya meninggalkan bekas yang akan memiliki warna kemerahan atau kecokelatan yang sangat sulit untuk dihilangkan. Terus ada nggak sih solusi untuk mengatasi permasalahan bekas jerawat ini?

Sebelum kamu mencari cara mengatasinya, yang paling penting kamu perlu mengetahui jenis bekas jerawat yang kamu miliki. Ternyata bekas jerawat ada 3 jenis lho yaitu Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH), Post Inflammatory Erythema (PIE) dan Atrophic Scars. Berdasarkan jenisnya, cara mengatasi bekas jerawat pun berbeda-beda. Nah, untuk itu yuk kita bahas dulu masing-masing jenis bekas jerawat agar tahu cara mengatasinya!

Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH)

Ini adalah jenis bekas jerawat yang berwarna kecokelatan atau seringkali berwarna gelap. Penyebab bekas jerawat ini muncul adalah produksi melanin berlebih akibat inflamasi. Saat terjadi inflamasi pada kulit, biasanya kulit akan menjadi stres dan merespon dengan peningkatan produksi melanin. Nah, buat yang belum tau melanin sendiri adalah zat yang memberikan warna pada kulit, mata dan rambut manusia.

PIH biasa ditemukan pada kulit acne prone yang memiliki warna lebih ke medium skin tone hingga dark skin tone karena produksi melanin yang lebih aktif. PIH sendiri biasanya timbul akibat inflamasi pada jerawat dan juga paparan sinar matahari.

PIH memang bukan bekas jerawat yang mudah untuk dihindari, tetapi kamu bisa mempercepat proses untuk memudarkannya. Salah satu cara untuk memudarkan PIH adalah dengan mempercepat pergantian sel-sel kulit dengan menggunakan produk skincare yang AHA secara rutin. Selain itu, untuk menurunkan produksi melanin pada kulit, kamu bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan azelaic acid atau kojic acid.

Post Inflammatory Erythema (PIE)

Kalau PIE sendiri adalah jenis bekas jerawat dengan warna kemerahan atau keunguan. Bekas jerawat ini bisa timbul akibat adanya pembesaran pembuluh darah saat terjadi inflamasi pada kulit. Pembesaran pembuluh darah yang ada di dekat kulit ini yang menyebabkan warna kulit berjerawat biasanya lebih kemerahan atau keunguan.

Inflamasi pada jerawat yang menyebabkan bekas jerawat jenis PIE timbul adalah karena biasanya jerawat meradang setelah kita memaksa jerawat keluar seperti memencet jerawat. Selain karena jerawat, ternyata inflamasi juga bisa disebabkan oleh pemakaian produk skincare dengan kandungan yang terlalu keras untuk kulitmu.

Apabila kamu memiliki PIE, perawatan untuk menghilangkannya sedikit berbeda dengan jenis bekas jerawat PIH. Apabila pada PIH kamu bisa melakukan eksfoliasi untuk menghilangkannya, kamu tidak bisa melakukan hal yang sama dengan PIE. Alternatif untuk menghilangkan jenis bekas jerawat PIE adalah dengan melakukan treatment laser, selain itu agar warna kemerahan lebih tenang kamu bisa menggunakan produk skincare yang berfungsi untuk menenangkan kulit. Biasanya produk-produk skincare yang berfungsi menenangkan kulit mengandung kandungan niacinamide, centella asiatica, green tea dan masih banyak lagi.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here