Bagi kamu yang belum tahu, kolagen adalah salah satu bentuk protein yang dapat menjaga kelembapan serta elastisitas kulit. Sayangnya seiring bertambahnya usia, produksi kolagen juga akan menurun sehingga penampilan kulit juga mulai terasa kering atau tidak elastis seperti sebelumnya.

Nah tetapi jangan khawatir karena masih ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga produksi kolagen pada kulit tetap stabil. Tidak hanya dengan penggunaan skincare ada juga beberapa cara meningkatkan kolagen secara alami yang bisa dicoba nih. Penasaran? Ini dia beberapa cara meningkatkan kolagen alami pada kulit!

1. Konsumsi Bone Broth

Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan produksi kolagen pada tubuh secara alami salah satunya kaldu tulang sapi atau bone broth. Bone broth ini mengandung kalsium, magnesium, glisin, asam amino, kolagen dan glukosamin yang bermanfaat untuk tubuh.

Nah, ternyata asam amino dan glisin juga berperan penting dalam pembentukan kolagen yang dibutuhkan untuk memastikan kulit tetap lembap dan juga elastis.

2. Minum Teh Ginseng

Jaga Kulit Tetap Kencang, Ini Cara Meningkatkan Kolagen Secara Alamilifehack.org

Ginseng adalah salah satu tanaman herbal yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan digunakan untuk perawatan kulit. Selain itu, pada tahun 2012 sebuah penelitian mendapatkan hasil bahwa konsumsi ginseng dapat meningkatkan produksi kolagen dalam darah karena memiliki kadar antioksidan.

Dengan kata lain, ginseng juga adalah salah satu kandungan yang dapat membantu produksi kolagen dan juga mencegah kerusakan kolagen pada tubuh sehingga kulit bisa tetap terjaga kelembapan dan elastisitasnya. Nah, untuk konsumsi ginseng kamu bisa coba rutin minum teh ginseng setiap pagi nih.

3. Face Massage Secara Rutin

Jaga Kulit Tetap Kencang, Ini Cara Meningkatkan Kolagen Secara Alamibebeautiful.in

Menurut seorang ahli holistik, ternyata pijat wajah atau face massage dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit secara alami. Face massage juga dapat memperbaiki sirkulasi darah untuk membantu penampilan kulit menjadi lebih segar dan juga awet muda. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan face massage secara rutin untuk membantu produksi kolagen secara alami pada kulit ya!

4. Penuhi Asupan Vitamin C

Jaga Kulit Tetap Kencang, Ini Cara Meningkatkan Kolagen Secara Alamihealthline.com

Kekurangan asupan vitamin C ternyata juga menjadi penyebab terjadinya kerusakan kolagen pada tubuh. Seperti yang kita tahu, vitamin C tidak secara alami diproduksi oleh tubuh sehingga perlu dimasukan dalam asupan makanan dan juga produk skincare untuk merawat kulit.

Tidak hanya bisa mencerahkan kulit, vitamin C juga dapat menjaga kualitas kolagen yang di produksi tubuh secara alami. Kamu juga bisa mengkonsumsi vitamin C melalui makanan dan juga suplemen.

5. Menggunakan Produk Skincare yang Meningkatkan Produksi Kolagen

Jaga Kulit Tetap Kencang, Ini Cara Meningkatkan Kolagen Secara Alamibebeautiful.in

Selain secara alami dengan asupan makanan dan suplemen, kamu juga bisa memastikan produksi kolagen tetap berjalan dengan baik dengan menggunakan produk skincare yang memiliki bahan aktif.

Nah produk skincare yang memiliki bahan aktif ini tidak sembarang bahan aktif ya, untuk memastikan produksi kolagen sesuai kebutuhan, kamu perlu menggunakan produk skincare yang memiliki kemampuan merangsang pembentukan kolagen.

Beberapa kandungan aktif yang bisa melakukan hal ini adalah retinol, hyaluronic acid, peptide dan masih banyak lagi. Sebelum membeli produknya, pastikan kamu sudah melakukan riset terlebih dahulu ya sesuai dengan keadaan kulit saat ini.