TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang sangat populer di berbagai kalangan usia saat ini. Bukan hanya menyajikan video pendek untuk hiburan, kini TikTok juga banyak menyajikan konten dengan kategori life hack. Salah satu hack yang paling sering viral di TikTok adalah yang menyangkut soal kecantikan.

Baru-baru ini, ada sebuah video pendek yang cukup viral di TikTok tentang bagaimana air garam dapat menyembuhkan jerawat. Seorang content creator TikTok mengklaim bahwa salah satu hack untuk menyembuhkan jerawat adalah dengan menggunakan air garam atau air laut. Lalu apakah benar air garam atau air laut menyembuhkan jerawat? Baca artikel ini sampai habis ya, Bela!

Klaim Air Garam Menyembuhkan Jerawat

Viral di TikTok, Apakah Benar Air Garam Menyembuhkan Jerawat?dazeddigital.com

Dalam sebuah unggahan berupa video pendek, seorang pengguna TikTok dengan user @leacrylic menceritakan bagaimana ia dapat menghindari jerawat. Ia mengatakan bahwa ia sudah mulai bermasalah dengan jerawat sejak usia 11 tahun, tetapi sampai saat ini belum menemukan pengobatan yang tepat.

Namun, ia mulai sadar bahwa air laut ternyata membantu penyembuhan dari jerawat pada wajahnya. Sampai akhirnya ia membeli seasalt powder yang ia rajin gunakan dengan cara dicampur air hangat untuk membasuh wajahnya. Ia mengklaim bahwa ia menuju datang bulan tetapi tidak mengalami breakout pada wajahnya.

Apakah Benar Air Garam Menyembuhkan Jerawat?

Viral di TikTok, Apakah Benar Air Garam Menyembuhkan Jerawat?sciencenorway.no

Karena ini adalah beauty hacks, tentu dong banyak sekali orang yang penasaran dengan hack ini khususnya orang-orang yang memiliki jenis kulit acne prone. Tetapi apakah benar air garam dapat menyembuhkan jerawat membandel?

Dikutip dari Popsugar, seorang ahli dalam bidang cosmetology yaitu Hadley King mengatakan bahwa tidak ada data signifikan yang dapat mendukung klaim yang diajukan oleh sang pengguna TikTok tersebut. Walaupun banyak pengguna TikTok yang mengatakan bahwa mereka dapat melihat perubahan signifikan pada kulitnya setelah mengikuti hacks tersebut, masih banyak produk perawatan jerawat yang lebih efektif dan juga terpercaya.

Garam bisa mengeringkan jerawat, selain itu juga dapat menjadi salah satu kandungan anti inflamasi dengan tingkatan sedang. Tetapi, kita masih memiliki pilihan lain yang lebih efektif.

Garam adalah Bahan yang Memiliki Manfaat Anti-Inflamasi

Viral di TikTok, Apakah Benar Air Garam Menyembuhkan Jerawat?medicalnewstoday.com

Walaupun belum memiliki data pendukung, garam memang merupakan salah satu bahan yang memiliki manfaat anti-inflamasi. Tetapi ternyata garam bukanlah bahan yang cukup kuat untuk memerangi jerawat secara tuntas.

Para pengguna TikTok mungkin mempercayai bahwa garam dapat menyeimbangkan pH kulit namun nyatanya pH kulit kita dan air garam atau air laut sama. Untuk memerangi jerawat dibutuhkan sesuatu yang memiliki pH lebih tinggi seperti glycolic acid atau salicylic acid.

Rekomendasi Acne Spot Treatment yang Bisa Dicoba

Viral di TikTok, Apakah Benar Air Garam Menyembuhkan Jerawat?popsugar.com

Nah, setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda, maka ada baiknya apabila kamu merasa jerawatmu sudah parah kamu pergi untuk menemui dokter kulit atau dermatolog yang terpercaya. Namun, kalau kamu masih bisa mengatasinya dengan acne spot treatment yang dijual bebas, berikut ini rekomendasinya!

Bloomka TGIF Acne Spot Treatment: Mengandung 4% Synactin yang berfungsi untuk melawan infeksi dan bakteri di jerawat dikombinasikan dengan 3% natural BHA yang didapatkan dari tanaman Willow Bark. Acne spot treatment ini adalah salah satu produk baru dari Bloomka yang sudah mulai jadi primadona nih karena performanya yang dapat membantu mengurangi jerawat.

Mario Badescu Drying Lotion: Sesuai namanya, produk ini adalah salah satu produk yang dapat mengeringkan jerawat. Mengandung kandungan utama salicylic acid, produk ini dapat membantu mempercepat penyembuhan jerawat.

Wah, ternyata tidak semua beauty hacks itu sudah punya data pendukung dan bisa bekerja maksimal di kulit setiap orang ya? Oleh karena itu, mulai sekarang sebelum mengikuti beauty hacks dari internet kamu wajib research dulu ya, Bela!

Baca Juga: Merendam Kaki dengan Air Garam? 5 Khasiat Ini Akan Kamu Rasakan

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Istimewa Garam "Pink" Himalaya yang Harus Kamu Tahu!

Baca Juga: Ini Hebatnya Manfaat Garam Laut untuk Kecantikan