Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Ampuh Hempas Kulit Berjerawat, Jangan Insecure Dulu!

Jangan biarkan jerawat tanpa perawatan, ya! #iStyleBFA2023

Zikra Mulia Irawati

Siapa yang masih suka insecure gara-gara jerawat di wajah? Tenang, kamu tak sendiri. Benjolan kecil ini memang sudah jadi musuh jutaan umat. Tiap orang pun punya cerita yang berbeda mengenai masalah kulit yang satu ini.

Namun, jerawat bukan tak mungkin disembuhkan. Dalam acara iStyle BeautyFest Asia 2023, Y.O.U Beauty mempersembahkan satu sesi talkshow dengan topik Level Up Your Confidence, Beat Down The Acne. Intip tips membasmi jerawat yang berasal dari ahlinya, yaitu Dermatologist, dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK, FINSDV.

Identifikasi penyebab jerawat yang sebenarnya

Dok. IDN Media

Untuk membasmi jerawat yang membandel, terlebih dahulu kita harus mengetahui akar penyebabnya. Hal ini penting agar kita tahu langkah apa yang harus kita tempuh selanjutnya. Sosok dengan sapaan akrab Dokdew itu menyebut, sebab timbulnya jerawat ini ada banyak macamnya.

"Kalau kantong minyak membesar, itu akan jadi sumber yang menyebabkan faktor penyebab jerawat muncul. Ada faktor genetik, faktor hormon, faktor bawaan kulit, dan ternyata faktor luar juga berpengaruh. Contoh faktor lingkungan, faktor, banyak polusi, banyak aktivitas outdoor, seharian aktivitas di luar, makeup, dan juga lifestyle," paparnya.

Rawat wajah yang berjerawat

Dok. IDN Media

Jika wajah sudah telanjur berjerawat, kita tak boleh hanya mendiamkannya saja. Penting untuk berusaha merawatnya dengan produk-produk yang diformulasikan khusus untuk masalah kulit ini. Tak lupa hal ini harus dibarengi dengan rutinitas yang baik dan benar.

"Kalau kulit berjerawat itu memang kita harus melakukan skincare dengan baik dan benar. Cuci muka minimal dua kali sehari, pakai sunscreen, pelembap, dan kalau jerawatan harus ditotol. Ada beberapa orang yang jerawatnya sudah tahu 1, 2, 3 nggak ilang sendiri, jangan berharap cuma ketiup angin sudah hilang," jelas Dokdew. 

Miliki mindset yang positif

Dok. IDN Media

Tak hanya melakukan perawatan dengan produk, melawan jerawat juga bisa dengan menumbuhkan mindset positif, seperti merasa nyaman dan percaya diri. Pasalnya, cantik tak cuma berasal dari penampilan fisik. Alih-alih fokus dengan kekurangan diri, kita bisa mencari kelebihan lain yang bisa kita pancarkan. Hal ini disampaikan oleh Ghania Harsono, kreator penggiat isu pengembangan diri dan komunikasi, yang turut hadir di sesi ini.

"Apa pun kekurangannya, kalau dia merasa nyaman-nyaman aja, itu akan terpancar. Menurut aku, itu salah satu yang aku dan teman-teman pelajari. Di luar itu, cara untuk percaya diri bukan cuma penampilan. Itu memang salah satu faktor utama, tapi kita coba mengerahkan energi kita untuk fokus ke kelebihan kita yang lain, apa yang bisa kita perbaiki," ujar Ghania.

Membasmi jerawat memang tidak mudah, ya, Bela. Namun, tetap semangat! Meski harus melalui proses yang panjang, cobalah meyakini bahwa suatu hari masalah kulit ini akan menemukan solusi terbaiknya.

IDN Media Channels

Latest from Skin