Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Serum 

Mana yang sering kamu lakukan?

Zahrah Zayyan Layalia

Produk serum memiliki kandungan aktif yang dapat memberikan perubahan yang besar terhadap permasalahan kulitmu. Namun jika tidak digunakan secara benar, efektivitas serum akan berkurang untuk memberikan hasil yang sempurna dalam mengatasi masalah kulit. Berikut beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat menggunakan serum, simak baik-baik ya!

1. Salah Memilih Produk Serum

allure.com

Menggunakan produk serum yang tidak sesuai dengan permasalahan yang kulit kamu butuhkan, hanya akan membuat produk serum tersebut terbuang sia-sia. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui jenis kulit dan permasalahan yang sedang dialami agar serum bisa bekerja maksimal.

2. Tidak Melakukan Patch Test

mindbodygreen

Menguji serum di bagian kulit kita di awal untuk melihat kecocokan serum merupakan hal penting yang harus dilakukan. Hal ini untuk menghindari ketidakcocokan serum yang bisa menimbulkan iritasi atau alergi pada kulit.

Cara melakukan patch test juga mudah. Kamu cukup mengaplikasikan di belakang telingan atau leher bagian belakang, lalu tunggu paling tidak hingga esok hari dan lihat apakah ada reaksi yang aneh. Jika tidak ada, berarti kamu bisa menggunakan serum tersebut untuk wajahmu. 

3. Salah Urutan Pakai

shutterstock.com

Agar produk skincare yang kamu gunakan bisa bekerja dengan maksimal, urutan pemakaian juga perlu diperhatikan. Sebagai contoh kamu bisa menggunakan serum setelah mencuci muka dan menggunakan toner. Lalu jangan lupa gunakan pelembap untuk mengunci serum yang dipakai dan agar wajah tetap lembap.

4. Salah Cara Pakai

shapemagazine.com

Pernahkah kamu membiarkan pipet pada serum menyentuh kulit? Ternyata hal ini tidak boleh dilakukan. Apabila pipet menyentuh kulit hal ini akan mengakibatkan masuknya bakteri ke dalam serum.

Cara penggunaan yang benar ialah meneteskan isi serum dengan menggunakan pipet tanpa terkena kulit untuk menjaga kebersihan dan kualitas serum. Kamu juga bisa meneteskannya ke telapak tangan terlebih dahulu baru tepuk-tepukkan pada wajah.

5. Tidak Pakai Sunscreen

allure.com

Tidak hanya menggunakan serum sebagai skincare, sunscreen juga berperan penting pada kulitmu. Hal ini karena produk serum memiliki kandungan yang hanya difokuskan untuk mengatasi permasalahan kulit, sehingga sunscreen wajib digunakan untuk melindungi kulit kita agar serum bekerja secara optimal. Selain itu kombinasi kedua produk ini juga dapat melindungi kesehatan skin barrier-mu. Jadi, mulai sekarang rutin kombinasikan keduanya ya, Bela!

6. Tidak Membiarkannya Menyerap

istockphoto.com

Layering skincare memang jadi salah satu kunci kulit yang glowing dan sehat. Namun, hal ini tidak akan bisa kamu dapatkan jika kamu terburu-buru menimpa serum yang satu dengan yang lainnya. Setelah mengaplikasikan serum pertama, tunggulah beberapa saat hingga serum menyerap dan kulit terasa dingin. Baru, lanjutkan dengan serum berikutnya atau kamu bisa langsung menggunakan pelembap.

7. Tidak Menggunakan Secara Rutin

istockphoto.com

Kunci dari keberhasilan skincare yang kamu gunakan adalah konsistensi. Jangan berharap kamu akan mendapatkan wajah glowing jika tidak menggunakan serum secara rutin. jadi, mulai sekarang pastikan kamu menggunakan rangkaian perawatan kulitmu, termasuk serum, secara rutin di pagi dan malam hari, setiap hari ya!

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Skin