Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Segera Lakukan 5 Cara Ini Jika Kulitmu Terbakar Sinar Matahari

Harus segera ditangani ya!

Vidya Nathania

Beraktivitas di luar ruangan memang sangatlah menyenangkan, namun seringkali berada di bawah paparan sinar matahari membuatmu tak sadar bahwa kulitmu terbakar. Kulit yang terbakar, disebabkan oleh kurangnya perlindungan akan kulitmu dan kurangnya air yang terdapat dalam tubuhmu. Ciri-ciri yang terlihat saat kulitmu terbakar seperti bercak kemerahan, bengkak dan rasa perih menjadi tanda bahwa sinar UVB berhasil membakar kulitmu. Namun, tak usah cemas, karena Popbela akan merangkum penanganan yang tepat saat kulitmu terbakar. Simak terus artikelnya!

1. Kompres dengan es batu

chemistryworld.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat kulitmu terbakar adalah dengan mengompresnya menggunakan es batu. Selain menenangkan pembengkakan, sensasi dingin yang di dapat dari es batu membuatmu merasa lebih rileks.

2. Hidrasi bagian kulit yang terbakar

plantshop.ae

Saat kulit terbakar, kulit akan kehilangan kelembapan alami dan itulah yang menyebabkan lapisan kulit luar terkelupas. Untuk itu, dibutuhkan hidrasi yang maksimal pada tubuhmu. Untuk menghidrasi dari dalam, perbanyak minum air putih dan untuk memaksimalkan, hidrasi kulit bagian luar menggunakan aloe vera gel.

3. Gunakan krim khusus untuk mengobati luka bakar

sheknows.com

Setelah menghidrasi kulit menggunakan aloe vera gel, ada baiknya untuk menggunakan krim khusus untuk mengobati luka bakarmu. Krim ini biasanya bisa di dapat di apotek atau membelinya langsung berdasarkan resep dokter. Kandungan yang terdapat pada krim ini biasanya diformulasikan untuk mencegah luka bakar agar tidak menimbulkan bekas kehitaman.

4. Minum obat anti nyeri dan vitamin E

idiva.com

Jika luka bakarmu memberikan rasa nyeri yang begitu hebat, sebaiknya minum obat anti nyeri yang bisa kamu dapatkan di toko obat. Untuk mengembalikan elastisitas kulitmu dan mengatasi kerusakan yang diakibatkan sinar matahari, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin E dalam bentuk suplemen ya.

5. Tetap gunakan sunscreen untuk melindungi dari paparan sinar matahari langsung

nourishedlife.com

Setelah melakukan empat cara di atas, jangan lupa untuk tetap melindungi bagian kulitmu yang terbakar dengan mengaplikasikan sunscreen pada bagian tersebut hingga kulitmu benar-benar pulih. 

Jadi, saat kulitmu mengalami luka bakar, sebaiknya lakukan 5 cara ini agar kulitmu terhindar dari kerusakan kulit yang sangat serius. Semoga bermanfaat ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin