Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tanpa Disadari, Ini 5 Kebiasaan yang Membuat Ketiak Jadi Hitam

Jangan lupa rutin lakukan eksfoliasi!

Shavira Annisa Putri

Belum percaya diri menggunakan pakaian tanpa lengan karena area ketiak yang menggelap? Duh, hal ini pasti bikin bete banget deh! Namun, tanpa disadari penyebab ketiak menggelap adalah kebiasaan yang sering kamu lakukan. Seperti salah memilih deodoran hingga menyemprotkan parfum ke area ketiak. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini ya, Bela!

1. Salah memilih deodoran

freepik.com

Menggunakan deodoran memang ampuh untuk mengusir bau tidak sedap. Namun, jika salah pilih, ketiak justru menjadi lebih gelap. Salah satu kandungan aktif di dalam deodoran adalah alumunium. Kandungan ini dipercaya dapat menutup produksi keringat. Tetapi dampak buruk dari alumunium adalah kulit menjadi mudah iritasi. Hal ini yang menyebabkan kulit tampak lebih gelap.

2. Pisau cukur yang tidak tajam

Popbela.com/Shavira Annisa

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Salah satu metode yang paling mudah dan murah untuk menghilangkan rambut ketiak adalah dengan cara dicukur. Namun pastikan kamu selalu mengganti pisau cukur secara berkala. Karena pisau cukur kotor dan tumpul bisa memicu iritasi pada kulit. 

3. Menggunakan baju yang terlalu ketat

only.com

Mengenakan pakaian yang ketat memang menambah kepercayaan diri. Tetapi, pakaian yang ketat dapat menyebabkan gesekan dan luka pada ketiak. Ketika sudah luka, maka ketiak akan lebih mudah menggelap.

4. Tidak membersihkan ketiak dengan maksimal

freepik.com

Ketika mandi, pastikan untuk membersihkan ketiak kamu secara seksama. Hal ini dapat mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit terasa lebih halus dan bersih. Untuk perawatan ekstra, kamu bisa rutin lakukan eksfoliasi seminggu sekali menggunakan body scrub kesayangan kamu! 

5. Menyemprotkan alkohol

timesofindia.indiatimes.com

Demi mengurangi aroma yang kurang sedap, menyemprotkan parfum ke ketiak menjadi solusi yang paling mudah. Tetapi, kebiasaan ini sebaiknya tidak dilakukan lagi ya. Pasalnya, parfum yang mengandung alkohol dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan terlihat lebih gelap. 

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Skin