Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 6 Kebiasaan untuk Mengatasi Kerutan Pada Kulit, Mudah! 

Biar tetap awet muda di usia senja

Shavira Annisa Putri

Seiring bertambahnya usia, tentu saja kulit mengalami perubahan. Mulai dari munculnya garis halus, noda hitam, hingga kerutan. Memang, penuaan kulit itu pasti terjadi. Namun aging, terlebih kerutan bisa kamu cegah sedini mungkin, lho.

Yups, memperlambat proses penuaan kulit ternyata bisa dilakukan mulai dari sekarang. Mulai dari mengubah gaya hidup hingga melakukan enam kebiasaan untuk mengatasi kerutan pada kulit a la Popbela berikut ini!

1. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

nytimes.com

Pasti sudah pada tahu kan kalau sinar matahari dapat memicu munculnya pigmentasi, mengurangi elatistitas kulit dan penurunan tekstur kulit, termasuk kerutan. Nah, untuk melindungi kulit, dimana pun kamu berada, jangan lupa mengaplikasikan sunscreen, ya.

2. Rutin melakukan eksfoliasi

ndtv.com

Penumpukan sel-sel kulit mati bisa membuat penampilan kulit kamu lebih kusam dan bertesktur. Oleh karena itu, kebiasaan untuk mengatasi kerutan pada kulit selanjutnya adalah dengan melakukan eksfoliasi agar terjadinya peningkatkan sel-sel kulit baru.

3. Menggunakan skincare yang mengandung retinol

marthastewart.com

Retinol merupakan turunan dari vitamin A yang dapat bekerja secara efektif untuk merangsang pergantian sel kulit dan meningkatkan produksi. Sehingga cocok dikatakan sebagai salah satu kandungan skincare untuk anti-aging. Nggak perlu nunggu nanti, kamu bisa gunakan skincare mengandung retinol sedini mungkin.

4. Jangan lupakan pelembap

hellogiggles.com

Bukan hanya retinol aja, skincare untuk mengatasi kerutan adalah pelembap. Ya, moisturizer berfungsi menutrisi serta menghidrasi agar kulit tidak terasa kering. Karena seiring berjalannya waktu, kulit lebih mudah kehilangan cairan. Kulit harus selalu lembap agar kekenyalan selalu terjaga. 

5. Melakukan senam wajah

unsplash.com

Ternyata ekspresi wajah seperti tersenyum, mengerutkan alis atau dahi dapat memicu terjadinya kerutan. Kamu bisa mencoba untuk melakukan senam wajah. Caranya juga muda banget, gerakan dahi seperti menggerakan alis mata menggunankan otot dahi, tahan 5-10 detik kemudian turunkan. Lakukan 10 kali setiap pagi, ya.

6. Mengatur posisi tidur

thestar.com.my

Kebiasaan tidar tertentu dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus, lho. Seperti posisi menyamping atau tengkurep, dimana wajah kamu menempel di sarung bantal. Oleh karena itu, sebaiknya tempatkan wajah kamu menghadap keatas saat tidur.

So, itu dia enam kebiasaan untuk mengatasi kerutan pada kulit. Diterapkan sedini mungkin ya, untuk kulit wajah kencang di hari nanti! 

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Skin