Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Pakai Retinol untuk Pemula yang Aman dan Nggak Iritasi

Jangan keliru

Nafi' Khoiriyah

Retinol merupakan turunan vitamin A yang digunakan untuk meningkatkan pergantian sel kulit dan mendorong produksi kolagen. Banyak orang yang mengandalkan skincare ini untuk melawan tanda penuaan. 

Namun, menggunakan retinol untuk pemula juga tidak boleh sembarangan. Perlu langkah yang tepat supaya kandungan di dalamnya bisa terserap secara maksimal dan tidak membuat iritasi. 

Simak langkah penggunaan retinol yang tepat di bawah ini, ya!

1. Bersihkan wajah dan gunakan toner

freepik.com/makistock

Seperti rutinitas skincare pada umumnya, awali penggunaan retinol dengan mencuci wajah terlebih dahulu. Membersihkan wajah ini penting untuk mengangkat kotoran, minyak, dan polutan yang menempel di wajah.

Jika wajah menggunakan bahan seperti retinol, pelembap, maupun toner dalam keadaan kotor, maka produk tidak akan bekerja secara efektif. Wajah yang bersih akan membuat produk lebih mudah menembus pori-pori dan bekerja lebih efektif.

Selain mencuci wajah, selanjutnya adalah menggunakan toner. Kamu bebas menggunakan toner apa saja yang cocok untuk kulit wajah. 

2. Gunakan serum dan eye cream terlebih dahulu

freepik.com/dwiputras

Dalam langkah penggunaan retinol untuk pemula, serum atau eye cream bisa digunakan setelah mencuci wajah. Serum bisa menjadi lapisan pelindung yang memungkinakan retinol menyerap lebih maksimal.

Sementara eye cream akan mencegah retinol mengiritasi kulit, terutama di area mata. Tidak banyak yang tahu, area mata ini memang lebih rentan dan sensitif. Eye cream yang digunakan juga bisa meminimalkan efek samping yang buruk pada mata. 

3. Tunggu sampai kulit sudah kering dan meresap

freepik.com/lookstudio

Setelah wajah bersih dan menggunakan serum, tunggu dulu sampai kulit benar-benar kering dan semuanya meresap. Jika kamu mengaplikasikan retinol pada wajah yang basah atau lembap, maka kemungkinan mengalami iritasi akan lebih besar. 

Hal itu karena wajah setelah dibersihkan akan membuat pori-pori lebih terbuka. Sementara retinol yang diaplikasikan pada wajah bekerja menambah lapisan kelembapan dan meningkatkan hidrasi.  

4. Gunakan retinol pada wajah

freepik.com/prostock-studio

Baru pada langkah pemakaian retinol untuk pemula yang keempat, retinol bisa digunakan di kulit wajah. Jangan lupa mulailah dengan produk dalam jumlah kecil, misalnya setengah tetes atau seukuran kacang. 

Lalu, aplikasikan menggunakan ujung jari yang bersih dan kering. Penggunaan retinol bisa mulai dari dagu, lalu berlanjut ke bagian wajah dengan gerakan yang lembut. Jangan mengaplikasikan dengan cara menggosok kulit karena bisa menyebabkan iritasi. 

5. Lapisi akhirnya dengan pelembap

pexels.com/Anna Tarazevich

Setelah retinol digunakan, tunggu dulu tiga hingga lima menit sebelum mengaplikasikan pelembap. Hal ini untuk membuat retinol menyerap menyeluruh ke dalam kulit. 

Nah, langkah terakhir adalah pelembap yang sangat penting jika sedang memakai retinol. Sebab, retinol bisa membuat kulit kering karena membalikkan sel-sel kulit mati. Dengan mengaplikasikan pelembap, maka kulit akan menjadi lebih lembap dan terlindungi. 

Menggunakan retinol untuk pemula tidak boleh asal. Perlu langkah yang tepat, mulai dari membersihkan wajah, sampai penggunaan pelembap di akhirnya.

Semoga dengan menerapkan langkah-langkah di atas, wajahmu jadi kelihatan lebih sehat, ya!

IDN Media Channels

Latest from Skin